Alergi Lipstik Susah Dihilangkan? Ini Rahasia Mengatasinya

Jenis kulit yang berbeda setiap orang ternyata menyebabkan beberapa jenis kulit yang rawan terhadap alergi. Pernahkan kamu mendengar mengenai alergi lipstik?. Meskipun jarang terdengar namun nyatanya bagi penderita alergi ini bisa diderita selama berbulan-bulan dengan proses penyembuhan yang lambat.

Proses Penyembuhan Alergi Lipstik

Proses penyembuhan yang lambat oleh penderita alergi ini dikarenakan kesadaran akan alergi yang lambat disadari. Bagi wanita hal ini perlu diketahui sehingga ketika ada gejala yang mulai dirasakan, kamu bisa segera mengatasinya dengan tepat. berikut beberapa tanda bahwa kamu alergi lipstik tertentu.

  1. Bibir terasa gatal
  2. Kering dan pecah-pecah seperti panas dalam
  3. Menghitam ketika digaruk
  4. Panas dan perih
  5. bengkak

Beberapa wanita yang merasakan alergi tersebut biasanya hanya berfikir bahwa hal tersebut merupakan dampak dari perubahan cuaca saja. Padahal perlu kemu ketahui bahwa saat alergi mulai dirasakan dan segera diatasi dengan tepat, maka proses penyembuhan juga akan semakin cepat. Berikut rahasia mengatasi alergi lipstik pada bibir.

1. Kompres Bibir

Ketika salah satu reaksi alergi di atas kamu rasakan, segera cari air hangat atau air dingin untuk meredam gejala. Kompres hangat lebih disarankan apalagi untuk mengatasi bibir yang mulai bengkak.

2. Gunakan Madu

Bahan alami seperti madu bisa menjadi penolong pertama saat bibir sudah merasa gejala di atas. Oleskan madu secukupnya dan jangan biarkan bibir kering. Ketika bibir dibiarkan kering maka rasa perih bisa saja timbul.

3. Jaga Kebersihan Mulut

Untuk menghindari alergi yang makin parah, jaga kebersihan mulut. Mulut yang kotor akan memudahkan bakteri berkembang mudah pada bibir. Gosok gigiteratur sangat penting dilakukan untuk kebersihan mulut.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menghilangkan gatal pada bibir. Rasa dingin lidah buaya akan membuat bibir lebih tenang dan rileks. Jika sulit menemukan lidah buaya kamu bisa membeli lidah buaya gel yang banyak dijual di pasaran.

5. Hindari Makanan Yang Memicu Alergi

Meskipun alergi yang terjadi disebabkan oleh alergi lipstik namun tidak menutup kemungkinan makanan akan menambah rasa gatal. Hindari makanan yan berbau amis seperti ikan, telur dan jenis sea food sementara waktu.

6. Jangan Sentuh Bibir Dengan Tangan Kotor

Kulit bibir yang tipis sangat sensitive terhadap apapun yang menyentuhnya. Ketika ingin menyentuh bibir, gunakan tangan yang sudah bersih. Alergi akan makin lama untuk diatasi ketika kondisi bibir tidak higenis.

7. Gunakan Salep

Salep untuk sariawan yang mengandung kortikosteroid akan membantu menyembuhkan alergi ini. Namun salep ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Ketika alergi masih berlanjut setelah 3 hari pemakaian, sebaiknya datang ke dokter spesialis kulit.

Banyak yang tidak menyadari ketika alergi lipstik menimpa bibir wanita. Untuk bahan pemicu alergi tiap orang bisa berbeda-beda dan muncul kapan saja. Untuk menghindari alergi datang lagi kamu harus mengingat bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik yang kamu miliki.

Alergi semacam ini terkadang memang sering diabaikan. Demi menghindari alergi yang berlarur-larut pada bibir maka sebaiknya ketika sudah mendapatkkan reaksi alergi hentikan pemakaian kosmetik apapun pada bibir. Semakin cepat penanganan alergi, maka semakin cepat proses penyembuhannya.

Itulah cara cepat mengatasi alergi lipstik yang akhirnya dapat berdampak pada penampilanmu. Menjaga penampilan sangat disarankan untuk wanita termasuk juga dalam memilih produk kosmetik yang benar-benar cocok untuknya.

Baca juga : Air beras untuk kecantikan sebagai rahasia kulit wajah sehat

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!