ASI Melimpah Dapat Dipengaruhi Oleh Beberapa Hal!

Salam bahagia, busui? Wah … senangnya yang sedang getol banget memperjuangkan program ASI eksklusif ya, memang sebaiknya si kecil diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Kemudian lanjut ASI sampai usia 2 tahun dengan didampingi makanan yang sering disebut MPASI. Eits … tapi bagaimana ya, jika ASI melimpah hanya mimpi bagi bunda? Justru, ASI yang dirindukan malah hanya menetes dan sangat kurang untuk si kecil.

Jika produksi ASI kurang, maka dedek bayi akan rewel karena terus merasa lapar. Oleh karena itu, ASI melimpah sangat diinginkan oleh seluruh busui agar kebutuhan nutrisi akan bayinya ii tercukupi. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan ASI tidak ancar dan hanya sedikit?

Cara agar produksi ASI melimpah

Yup, ASI melimpah memang sangat dibutuhkan. Jika ASI yang diproduksi bunda jumlahnya sedikit. Maka masalah akan datang. Bayi kurang cairan, bayi rewel dan sebagainya. Oleh karena itu, bunda perlu tahu cara agar ASI yang sedikit menjadi melimpah ruah. Bagaimana caranya? Yuk simak!

1. Konsumsi daun katuk

Daun katuk terkenal dapat menambah jumlah ASI. Itu mengapa, tak heran jika busui sering mengolah daun katuk ini enjadi sayur. Daun dengan tekstur halus dan berukuran cukup kecil ini kaya akan manfaat lain bagi ASI bunda. Oleh karena itu, sebaiknya bunda sering – sering menambahkan daun katuk ini di menu sayur bunda.

2. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih juga bisa menambah air susu ibu agar lancar dan melimpah.

3. Senam payudara

Coba bunda lihat di youtube bagaimana gerakan senam payu dara yang dapat melancarkan ASI. Jika peredaran ASI lancar maka ASI juga akan melimpah.

4. Konsumsi daun kacang panjang atau yang sering disebut lembayung

Hampir sama fungsinya dengan daun katuk. Daun dari kacang panjang juga bisa membuat ASI melimpah. Selain bunda harus tahu cara meningkatkan produksi ASI, bnda juga harus tahu hal – hal yang menbuat air susu ibu melimpah. Apa itu? Yuk simak lagi!

Hal Sederhana Yang Membuat ASI Melimpah

Hal utama yang membuat ASI melimpah, adalah kondisi psikis busui sendiri. Kondisi stress pada busui dapat menjadikan produksi ASI sedikit. Oleh karena itu, agar ASI melimpah busui ini jangan sampai stress. Hal ini dapat dilakukan dengan sering – sering merelaksasi diri dan memerlukan me time untuk memanjakan diri. Jika kondisi busui bahagia, maka ASI yang diproduksi juga akan melimpah.

Selain kondisi yang tidak stress, hal lain yang bisa membuat ASI melimpah adalah istirahat yang cukup serta makan – makanan yang bergizi. Bergizi di sini juga harus seimbang ya bunda!

Jadi bagaimana nih Bun? Sudah siap untuk meningkatkan produksi ASI demi si buah hati? Gampang banget yah caranya. Cuma hanya dengan meluangkan waktu untuk istirahat dan jangan stress. Maka, bantuan pak suami atau penghuni rumah lainnya juga sangat dibutuhkan agar bunda bisa me time. Saat bunda me time, anak bunda masih ada yang menghendle.

Tak harus pergi jauh dan mahal kok, untuk membuang stress. Cukup dengan mengundang tukang urut ke rumah, bunda bisa mesege seluruh tubuh bunda sehingga lancar peredaran darahnya. Dengan begitu, kondisi otak bunda menjadi lebih prima. Begitupun penat tubuh bunda yang membuat stres. Dengan urut ini akan ternetralisir.

Bagaimana? Apakah informasi diatas bermanfaat dan juga membantu para bunda dirumah? Jangan ragu untuk menerapkannya ya!

Baca juga : Posisi menyusui yang nyaman bagi para bunda

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!