Bahan Pangan Segar Ala Koki Profesional Dan Berpengalaman

Memilih bahan pangan segar merupakan kunci utama untuk menghasilkan masakan yang berkualitas. Oleh karena itulah, para chef profesional sangat slektif dalam memilih bahan pangan yang akan ia gunakan.

Pasalnya, saat ini mendapatkan bahan pangan segar di pasaran cukup sulit, karena adanya beberapa pedangang ‘nakal’ yang suka memanipulasi bahan pangan tidak segar menjadi seolah-olah segar.

Eits, tapi bunda tak perlu khawatir akan hal itu. Ternyata ada trik-trik khusus yang banyak dilakukan oleh para chef professional untuk mendapatkan bahan pangan segar. Trik ini juga bisa bunda terapkan ketika berbelanja lho! Nah, penasaran kan bund, yuk simak!

Bahan Pangan Segar Katagori Sumber Protein

1. Seafood

Siapa yang suka masak ikan atau produk laut lainnya? Nah, jika bunda adalah penggemar seafood, bunda harus tahu nih apa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan ikan yang akan bunda masak masih segar.

Langkah pertama yang harus bunda lakukan adalah memeriksa kejernihan matanya. Pastikan untuk memilih ikan dengan mata yang masih bening, hindari membeli ikan dengan mata yang mulai berkabut. Selanjutnya bunda bisa mencium aroma ikan dan memastikan tidak ada bau asam atau bau amis pada ikan yang akan bunda beli.

Sambal mencium aroma, bunda bisa memeriksa insangnya. Pilihlah ikan dengan warna insang masih memerahan. Hal selanjutnya adalah meraba permukaan ikan. Pastikan bunda tidak menemukan lender yang menempel. Terakhir, bunda bisa sedikit menekan permukaannya untuk memastikan ikan tersebut masih bertekstur kenyal.

Sama halnya dengan ikan, memilih hasil laut lainnya seperti kerrang, kepiting dan lobster pun sama. Bunda harus memastikan tidak ada aroma amis yang tercium dan tabalah permukaannya untuk memastikan tidak ada lender yang menempel.

2. Daging

Sama halnya dengan produk laut, bunda harus memastikan beberapa kriteria ketika memilih daging sapi atau kambing. Hal pertama yang harus bunda pastikan adalah warnanya. Daging yang masih segar akan memiliki warna merah segar, tidak pucat atau kecoklatan.

Selanjutnya, pastikan daging memiliki aroma khasnya, jangan sampai tercium bau busuk. Langkahterakhir, pastikan tekstur daging kenyal dengan cara menekan permukannya. Jika cekungan yang dihasilkan dapat kembali seperti semula, maka dapat dipastikan daging tersebut masih segar.

3. Ayam

Nah, untuk jenis protein yang satu ini bunda perlu meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, daging ayam atau jenis ungags ini sangat mudah dan paling banyak dimanipulasi oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Langkah pertama adalah dengan memastikan warna daging dan kulitnya. Pastikan bunda memilih daging ayam yang berwarna putih kemerahan dengan warna kulit yang wajar. Apabila bunda menemukan warna kulit ayam yang terlalu mengkilat, sebaiknya jangan dibeli karena hal tersebut menandakan bahwa ayam tersebut sudah diawtkan dengan bahan kimia.

Selanjutnya, rabalah permukaan kulit ayam. Pastikan tidak ada kotoran apapun yang menempel. Jika bunda menemukan butiran kasar seperti pasir di permukaannya, sebaiknya jangan dibeli. Hal terakhir adalah memastikan tekstur daging masih kenyal dengan cara menekannya.

Bahan Pangan Segar Katagori Sayuran

Selain bahan pangan sumber protein, bunda juga harus jeli dalam menentukan kesegaran sayur-sayuran. Nah, berikut beberapa jenis sayuran dan cara menentukan kesegarannya:

1. Bawang-bawangan

Bunda dapat mengetahui kesegaran bahan jenis bawang-bawangan ini dengan cara meraba seluruh permukannya untuk mendeteksi adanya memar dan kepadatannya. Jika bunda menemukan adanya memar, sebaiknya jangan dibeli.

2. Wortel

Bunda harus memastikan warna wortel masih cerah. Jangan memilih yang sudah terlihat layu.

3. Paprika

Sama seperti wortel, ketika bunda ingin membeli paprika pastikan bunda tidak menemukan memar dan flek hitam.

4. Sayur daun

Nah, untuk jenis sayur daun seperti kangkong, bayam, dan seledri, pilihlah daun yang masih hijau. Jangan memilih yang daunnya banyak melengkung atau layu.

Itulah beberapa trik untuk memilih bahan pangan segar ala chef profesional. Semoga dapat membantu bunda menyajikan masakan yang berkualitas tinggi untuk keluarga. Selamat mencoba!

Baca juga : Manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!