Bahaya Mengupil Bisa Berujung Kematian

 Sering Mengupil Dapat Membahayakan Hidung Anda

Sering mengupil ternyata dapat membahayakan hidung anda. Masih banyak yang belum tau Bahaya mengupil sehingga masih banyak orang yang tetap melakukan kebiasaan ini. Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas.

Rasa puas ketika berhasil mengeluarkan kotoran dari hidung memang menyenangkan. Bahkan tidak jarang ada orang yang mengorek hidungnya hingga berdarah.Banyak orang yang mengupil hidungnya setiap hari. Tanpa dia sadari bahwa kebiasaan itu justru dapat membahayakan hidungnya. Melakukan kebiasaan ini terlalu sering dapat membuat luka hidung bagian dalam bahkan ada kasus yang berujung kematian akibat sering mengupil.

Bahaya mengupil

Tanpa disadari, kuman yang berasal dari kuku yang anda pakai untuk mengorek hidung sangat banyak. Apalagi jika kuku anda sampai membuat hidung anda luka dan sampai berdarah. Luka goresan di hidung anda bisa mengalami pembengkakan akibat kuman tersebut. Segala macam kuman yang hinggap di jari Anda jadi berpindah ke dalam hidung. Memperkenalkan bakteri dari tangan Anda ke dalam rongga hidung dapat memicu infeksi peradangan serius yang bisa berakibat fatal.

Salah satunya adalah Staphylococcus aureus, yang menjadi penyebab umum dari infeksi kulit seperti abses, infeksi pernapasan seperti sinusitis, dan keracunan makanan. Bahkan, satu studi dari Cambridge University, diterbitkan di jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology, menunjukkan bahwa tukang ngupil lebih besar peluangnya untuk membawa Staphylococcus aureus dalam hidungnya

Kasus-kasus yang terjadi akibat sering mengupil

Komplikasi infeksi akut akibat terlalu sering mengupil ternyata pernah dialami oleh seorang pria asal Manchester yang meninggal akibat perdarahan hebat setelah mengalami mimisan sehabis mengupil. Diketahui, pria paruh baya ini memiliki riwayat perdarahan otak di usia 20-an dan mengidap demensia.

Sudah tau kan bahaya apa saja yang ditimbulkan apabila sering mengupil. Jika anda merasa ada kotoran di hidung anda, sebaiknya, gunakan neti pot untuk membersihkan hidung anda.

 

 

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!