Belajar Menjahit, Ini Persiapan Yang Perlu Dilakukan!

Menjahit, kini mulai digemari oleh sebagian banyakorang, karena ternyata ketrampilan ini memberikan banyak manfaat, baik secara finansial maupun lainnya. Sebagai kegiatan yang cukup mebutuhkan ketelatenan banyak orang yang masih enggan memulai kegiatan belajar menjahit, padahal kegiatan ini dapat meningkatkan kemandirian seseorang.

Dan tahukah bunda ternyata menjahit adalah kegiatan yang menyenangkan, selain sebagai wadah kreatifitas seseorang, kegiatan ini juga bisa menjadi solusi mendapatkan penghasilan tambahan, bagaimana bunda sudah mulai tertarik belajar menjahit ?

Belajar menjahit juga bisa menjadi solusi bagi bunda yang suka bereksperimen dalam mengkreasikan pakaian anak – anak, selain itu bunda juga bisa menghemat waktu ketika akan membetulkan pakaian anggota keluarga lainnya, tanpa harus pergi ke tukang jahit. Selain hemat waktu, bunda juga bisa menghemat biaya yang dapat dikelurkan apabila pergi ke tukanng jahit.

Ketika seseorang ingin belajar menjahit tentunya harus mempersiapkan terlebih dahulu dirinya. Yuuk, kita simak bagaimana cara yang baik dalam belajar menjahit, di bawah ini ada beberapa tips yang baik dipraktikan oleh bunda yang ingin belajar menjahit.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Belajar Menjahit

1. Jika bunda ingin belajar secara profesional

Maka bunda disarankan untuk pergi ke tempat pelatihan khusus menjahit. Sehingga bunda benar –benar mengetahui semua teori dalam menjahit. Sebab banyak sekali pelajaran atau teori dalam menjahit. Dan ketika kita mendatangi tempat pelatihan, maka kita akan belajar cara menjahit segala jenis pakaian, dari kemeja lengan panjang, kemeja lengan pendek, rok kecil, rok besar, blouse, daster, jas, celana, kebaya, gaun, dan banyak lagi.

Selain itu bunda akan di ajari untuk membuat pola pakaian sebelum dijahit, dan cara menggunting kain yang benar menggunakan pola yang telah di buat sebelumnya. Sehingga bunda akan terlatih secara profesional. Dan diharapkan setelah mengetahui semua teori tersebut,bunda dapat menjahit pakaian sesuai selera.

Tetapi proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena setiap pertemuan hanya mampu membahas beberapa teori. Dan bunda juga harus mengulang – ulang pembelajaran yang telah diberikan akan makin mahir dalam menjahit.

2. Jika bunda ingin belajar menjahit secara otodidak

Bunda tidak harus mendatangi tempat pelatihan, bunda cukup bertanya pada tukang jahit di lingkungan sekitar atau seseorang yang bisa menjahit. Bunda juga bisa belajar dari beberapa channel youtube yang tersedia. Sebab dewasa ini banyak sekali kemudahan – kemudahan yang bisa kita nikmati dengan hanya menggunakan dan memanfaatkan internet.

3. Ketekunan juga sangat dibutuhkan

Ketekunan menjadi modal penting lainnya yang wajib dimiliki oleh bunda – bunda yang ingin belajar menjahit. karena menjahit bukan perkara praktis, seseorang harus memiliki ketekunanan serta ketelatenan dalam menjalani prosesnya.

Itu hal – hal yang bisa bunda lakukan ketika bunda ingin belajar menjahit, selain hal – hal yang harus dilakukan di atas,bunda juga bisa mulaidengan hal – hal kecil, seperti di bawah ini :

Langkah Awal yang Perlu Dilakukan Saat Akan Belajar Menjahit

1. Bunda mulai mencari tahu bermacam – macam kain. Karena pemilihan kain yang tepat bisa mempengaruhi kuliatas pakaian yang kita kenakan lho bunda. Apalagi pakaian untuk anak – nak, pastikan kain yang di kenakan adalah kain yang punya kualitas baik.

2. Bunda mulai mencari tahu atau mungkin membeli beberapa alat jahit, baik dari benang jahit, jarum jahit, dan gunting. Sehingga bunda sudah mulai terbiasa dengan aktifitas jahit menjahit, walau menjahit menggunakan cara manual (tangan) berbeda dengan cara menjahit dengan mesin jahit.

Setelah bunda mempersiapkan diri dalam belajar menjahit, tetap sabar melalui prosesnya yah bun. Sebab menjahit butuh waktu yang lama dan ketelatenan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Kelebihan kain katun dibanding kain jenis lain

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!