Berenang Saat Hamil? Siapa Takut, Malah Banyak Manfaatnya

Banyak diantara ibu hamil takut untuk melakukan olahraga berenang. Ketakutan tersebut didasari oleh berbagai macam penyebab salah satunya adalah kesehatan bayi di dalam kandungan. Untuk kamu yang baru pertama kali menjalani kehamilan sebaiknya ikut mencari lebih banyak mengenai berenang saat hamil.

Bagaimana Pengaruh Bayi Ketika Seorang Ibu Berenag Saat Hamil?

Tidak semua jenis olahraga diperbolehkan untuk ibu hamil. Saat melakukan olahraga maka sendi-sendi dalam tubuh ikut bergerak. Selain itu pula olahraga di masa kehamilan juga rawan benturan pada bagian perut.

Untuk jenis olahraga yang direkomendasikan di masa kehamilan adalah renang. Tahukah kamu bahwa olahraga ini aman dilakukan bahkan saat usia kandungan sudah 9 bulan. Tak perlu khawatir dengan kondisi bayi dalam perut. Berenang saat hamil bisa membuat bayi lebih kuat mulai dari ia di dalam perut ibunya.

Sebagai ibu hamil memang tidak disarankan hanya berdiam diri di rumah. Banyak aktivitas yang akan lebih baik jika dilakukan agar proses kelahiran bisa lancar. Untuuk mengetahui apa saja manfaat berenang saat hamil untuk sang ibu, berikut penjelasannya.

1. Berat Badan Ibu Hamil Tetap Ideal

Pasti kamu sudah pernah menjumpai banyak ibu hamil yang mengalami masalah terhadap berat badan. Masalah akan berat badan ini sebenarnya bisa diatasi dengan olaraga berenang. Ini bisa kamu jadikan solusi agar badan tetap terjaga pasca melahirkan.

2. Mengatasi Bengkak Di Kaki Dan Lengan

Salah satu kesulitan yang dialami oleh ibu hamil biasanya adalah pembengkakan di area kaki dan lengan. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan olahraga renang. Di dalam air kamu bisa rileks untuk bergerak bebas tanpa khawatir akan keselamatan bayimu.

3. Bayi Akan Semakin Aktif

Keaktifan anak nantinya dipengaruhi ketika ia dalam kandungan. Semakin aktif seorang ibu ketika hamil maka bayi juga akan semakin aktif pula. Kamu bisa berenang saar hamil dengan tujuan anak bisa aktif ketika lahir nanti.

4. Mengatasi Mual

Sangat lumrah bagi seorang ibu hamil merasakan mual. Kamu bisa berenang rutin untuk mengurangi rasa mual tersebut kdengan merilekskan badan dan otot perut yang bekerja dengan baik saat berenang. Namun jika aroma kaporit dalam air tidak kamu sukai dan membuat mual sebaiknya hindari hal tersebut.

5. Melemaskan Otot Yang Tegang

Dengan bertambahnya beban kandungan, kamu harus melemaskan otot punggungmu kembali. Dalam hal ini olahraga renang bisa menjadi solusi paling tepat. bergeraknya otot dengan leluasa di dalam air akan membantu melemaskan seluruh anggota badanmu.

6. Memudahkan proses persalinan

Melakukan olahraga renang ternyata ampuh dalam proses persalinan. Bahkan ada beberapa persalinan yang dilakukan di dalam kolam renang dan berjalan dengan baik. Tak hanya itu saja, bayi yang lahir juga akan lebih sehat.

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh kegiatan berenang ketika hamil harusnya memang disadari oleh para ibu-ibu. Namun dalam olahraga ini juga harus dilakukan secara hati-hati agar bayi tetap aman dalam kandungan.

Usahakan ketika memasuki kolam renang pertama kali kamu berpegangan benda di sekitarmu. Hal ini menghinadri bahaya yang bsa saja terjadi seperti tergelincir di air. Selain itu pula, kamu harus melakukan pemanasan sebelum memulainya agar otot tidak kaget.

Itulah beberapa manfaat yang diberikan dari olahraga berenang saat hamil. Jangan pernah paksakan melakukan olahraga ini ketika kamu ragu untuk melakukannya terlebih ketika sedang hamil. Jagalah kesehatan bayimu mulai ia dalam kandungan dengan olahraga yang cukup.

Baca juga : Posisi menyusui yang nyaman bagi para bunda

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

1 Comment

Comments are closed.

error: Content is protected !!