Berita hoax, ini Cara Menyelidiki Serta Menghentikannya!

Baru – baru ini kata hoax sering terdengar di telinga kita. Betapa tidak, dari jutaan pengguna medsos pastinya tak semua kabar yang disampaikan adalah benar. Oleh jarena itu, kita dituntut untuk bijak dalam menerima informasi. Tentunya dengan tidak menelan mentah – mentah informasi yang kitya terima. Karena bisa jadi informasi itu adalah berita hoax.

Dalam membuktikan kebenaran suatu berita, diperlukan langkah – langkah yang tepat. Berikut adalah caranya.

Cara Selidiki Berita Hoax Agar Terkuak

Nah, bagi kalian yang masih ragu atas suatu berita yang baru saja kalian terima sebaiknya kalian menyelidiki berita tersebut dengan bijak. Bagaimana caranya?

1. Pahami isi berita

Pahamilah isi berita. Jika kalimat dan isinya terlaalu berlebihan dan kurang rasional maka dipastikan berita ini hoax. Misalkan, artis “X” pro terhadap salah satu capres dan mendukung indonesia bebas agama islam. Nah, berita semacam ini terdengar sangat ekstrim dan tentunya akan menuai banyak amukan jika benar – benar terjadi. Maka, dapat dipastikan jika berita ini adalah hoax.

2. Amati gambar pendukung

Di medsos, suatu berita terkadang diperkuat dengan gambar pendukung. Nah, saat menyelidiki suatu berita, bahwa benar atau tidak berita tersebut anda perlu memperhatikan gambar pendukungnya. Mudah saja bagi mereka untuk mengeditnya. Oleh karena itu, anda harus menyelidikinya secara seksama. Sebab, gambar editan akan kentara jika diamati dengan seksama.

3. Bertanya langsung pada sumber yang benar

Langakah ini mungkin tidak mudah dilakukan oleh anda jika beritanya hadir dari kalangan artis. Oleh karena itu, anda tidak boleh percaya begitu saja. Namun, jika yang sedang diberitakan adalah orang di sekitar anda, maka anda perlu mendatagi langsung dan menanyakannya langsung.

Itulah cara menyelidiki kebenaran suatu berita. Jadi, kalian harus bijak dalam menerima suatu berita ya, karena bisa jadi berita hoax ini akan menimbulkan fitnah yang berkepanjangan. Jika isi beritanya positf pun sebaiknya hal hoax tidak perlu tersebar apalagi beritanya bohong, maka kita harus menghindarinya.

Memutus serta Menghentikan Rantai Berita Hoax

Terkadang seseorang dengan sengaja menyebarkan berita hoax. Padahal, dia tahu betul kalau itu adalah fiktif. Entah apa alasannya, mereka justru memviralkan berita ini dengan sengaja. Namun, bagi orang yang bijak seperti anda hendaknya memutus rantai berita hoak ini. bagaimana caranya?

1. Terima berita -> hapus/ simpan sendiri

Saat pertama kali anda menerima berita sebaiknya cukup dibaca saja dan lakukan penyelidikan seperti di atas. Jika terbukti hoax, maka sebaiknya berita tersebut dihapus atau disimpan untuk sendiri saja. Jangan malah di sebarluaskan.

2. Feedback

Beri feedback pada penyebar berita hoax bahwa berita tersebut tidak benar adanya. Dengan begitu mereka akan mengolah kembali berita yang mereka terima.

3. Nasehati

Sebaiknya, nasehati penyebar berita hoax entah itu tangan ke berapa yang sudah menyampaikannya kepada anda bahwa itu merupakan berita hoax. Nasehati pemberi kabar ini untuk menghentikan menyebar berita yang tidak benar tadi.

4. No comment

Agar rantai berita bohong ini tidak terus menerus terjadi, sebaiknya no coment. Jika komentar terus ditambahkan maka beranda akan muncul sesering mungkin dan membuat individu lain tertarik untuk membacanya kemudian ikut membaginya kepada pihak lain.

Jadi, terhadap berita yang diterima tidak boleh begitu saja percaya ya! sebab bisa jadi itu merupakan berita hoax. Selain tidak berfaidah dalam menyebarkannya, anda juga termasuk fitnah. Salam bijak untuk anda semua …!

Baca juga : Belajar disiplin bisa dimulai dari hal sederhana loh!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!