Buku Dongeng, Sarana Orangtua Mengisi Me Time Dengan Anak

Bagi Mommy yang sudah terbiasa membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur, membeli buku dongeng menjadi prioritas tersendiri. Ternyata hal ini baik loh, Mom! Selain asyik dan membangun kedekatan dengan anak, membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur membuat anak menjadi cerdas.

Berbicara buku dongeng, ada beberapa macamnya loh Mom! Jadi, Mommy harus tahu mana yang merupakan kesukaan anak kita. Sebab, imaji anak itu berbeda – beda. Oleh karena itu, Mommy harus memilihkan buku dongeng yang pas untuk si buah hati.

Macam Buku Dongeng

Buku dongeng merupakan bacaan yang dikhususkan untuk anak – anak. Namun demikian, tak menampik jika orang dewasa juga ada yang gemar membaca dongeng loh. Khususnya Mommy – mommy yang selalu mebiasakan membaca dongeng untuk anaknya sebelum tidur. Pastinya Mommy ikut asyik mengikuti ceritanya.

Nah, Mommy yang baru akan membiasakan membaca dongeng untuk anaknya harus tahu ya, bahwa dongeng itu terdiri dari berbagai macam.

1. Dongeng fabel

Dongeng fabel adalah deongeng dengan tokoh hewan. Biasanya anak usia TK lebih menyukai jenis dongeng ini. Sebab, anak – anak akan tertarik dengan tokoh – tokohnya. Jadi, jika usia anak Mommy adalah TK, maka coba bacakan dongeng jenis ini.

2. Dongeng tokoh manusia

Dongeng yang satu ini ditokohkan oleh manusia. Sepeti puteri, raja, permaisuri dan sebagainya. Dongeng jenis ini biasanya disukai oleh anak usia SD sampai SMP.

Nah, itu tadi macam – macam dongeng. Adapun yang bisa Mommy bacakan sebelum tidur adalah selain dongen adalah jenis sastra lain. Apa sajakah itu?

Pengantar Tidur Selain Buku Dongeng

Oh ya Mom, untuk mengantar tidur si kecil yang suka sekali dibacakan buku menjelang tidur tak melulu soal dongeng loh. Mommy bisa membacakan buku lain.

1. Buku cerita rakyat

Buku cerita rakyat merupakan buku yang berisi tulisan yang menggambarkan cerita suatu daerah. Biasanya, cerita ini menceritakan tentang daerah tersebut.

2. Buku legenda

Legenda adalah tulisan yang menceritakan asal usul suatu tempat atau tokoh tertentu yang berhubungan dengan kehidupan di masalalu. Untuk jenis ini, mulai disukai oleh anak SD yang kelas 3. Sebab, imaji mereka sudah lebih berkembang.

3. Buku komik

Komik juga bisa dibacakan kepada anak untuk penghantar tidur. Jenis buku ini biasanya disukai anak laki – laki, sebab komik lebih banyak action nya ketimbang cerita – cerita yang ada pada buku lain.

4. Cerpen anak

Cerita pendek atau cerpen merupakan bacaan yang ditulis untuk menceritakan alur suatu kisah. Cerpen yang cocok untuk anak tentunya cerpen anak. Yang kisahnya juga menceritakan anak – anak.

5. Buku superhero

Nah, anak laki – laki paling suka loh, Mom dibacakan jenis buku ini. tokoh pahlawan seperti supermen, spiderman dan sebagainya memiliki daya tarik tersendiri bagi anak laki – laki.

Itu dia buku yang bisaMommy bacakan saat anak minta ditemani menjelang tidur. Terkadang kita sibuk dengan aktifitas, maka me time yang tepat adalah ketika anak akan tidur. Coba temani mereka dan bacakan dongeng untuknya. Dengan begitu, anak merasa diperhatikan, terstimulasi kecerdasannya, dan kedekatan antara Mommy dan si kecil juga terbangun dengan baik.

Nah, mulai sekarang jangan malas untuk membaca buku dongeng yah, Mom! Jadikan anak – anak kita adalah anak – anak cerdas yang penuh kasih sayang. Sebab, moment bersama mereka akan terlewati begitu saja saat mereka dewasa. Selamat tidur Mommy … semoga mimpi indah!

Baca juga : Jenis buku bacaan yang bisa meningkatkan kualitas hidupmu

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!