Bumbu Jawa dan 6 Masakan yang Dihasilkannya! Dijamin Maknyusss

Berbicara soal bumbu jawa, memang terkenal simple dan mudah. Bumbu yang digunakan untuk memasak aneka masakan relatif sederhana dan tidak terlalu banyak macamnya. Namun, rasa yang diciptakan dari bumbu ala jawa tidak kalah enak dengan masakan – masakan lain yang menggunakan bumbu lengkap seperti masakan padang.

Selain tidak terlalu banyak macamnya, bumbu jawa juga bisa menjadikan beberapa jenis makanan dengan bumbu yang sama. Mau intip resep simple dan jenis masakan yang dihasilkan dari racikan bumbu jawa? Yuk !

Sebelum kita tahu olahan apa saja yang menggunakan bumbu jawa, ada baiknya kita tahu komposisinya terlebih dahulu.

Komposisi Bumbu Jawa

  1. Bumbu untuk oseng – oseng, Bawang merah, bawang putih, cabai.
  2. Racikan bumbu santan, Bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe,sereh.
  3. Bumbu nasi goreng, Bawang merah, bawang putih, cabai, kencur.

Nah, itu dia komposisi untuk beberapa jenis makanan khas jawa. Bumbunya sangat mudah dicari bukan? Tapi jangan salah meskipun komposisinya begitu sederhana, rasa yang dihasilkan sangat wow loh!

Oke, sekarang saatnya kamu tahu olahan atau masakan apa saja yang terbuat dari bumbu yang satu ini. tentunya agar kamu bisa mencobanya.

Enam Olahan Khas Jawa Dengan Bumbu Jawa

Dari bumbu yang sederhana, kamu bisa loh hasilkan masakan – masakan ini!

1. Mendoan

Tempe mendoan merupakan makanan khas jawa khususnya jawa tengah. Mendoan ini juga terbuat dari komposisi bumbu jawa. Apa saja bumbunya? Cukup bawang putih, ketumbar dan garam. Wow? Hanya dari 3 jenis bumbu menghasilkan rasa sekelas mendoan? Yup itulah faktanya.

2. Nasi goreng kencur

Umumnya nasi goreng itu terdiri dari banyak bumbu dan berwarna kecoklatan sebab terlalu menggunakan kecap. Namun, lain halnya dengan nasi goreng yang satu ini. hanya terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai dan kencur rasanya bikin nagih dan gurih. Meskipun tampilannya agak pucat karena tidak menggunakan kecap.

3. Santan rebung

Rebung adalah bambu yang masih muda. Terdengar aneh emang saat tahu ada pohon bambu dijadikan masakan. Eits tapi bukan sebarang bambu ya! Bambu yang bisa dimasak biasanya bambu yang masih muda. Sehingga bagian dalamnya lunak.

4. Oseng daun pepaya

Nah, ini nih satu olahan bumbu jawa yang termasuk banyak digemari. Meskipun sayur ini terasa sedikit pahit, namun gurihnya mbak! Jangan ditanya, apalagi dicampur dengan teri. Pastinya akan menambah nikmat tiada tara.

5. Sayur rumput sawah

Terdengar ekstrim ya. Rumput sawah kok dimasak. Tapi nyatanya enak juga kok. Eits tak semua rumput sawah dapat dimasak loh! Ruput sawah yang biasa disayur adalah biasa disebut dengan genjer atau sayur genjer.

6. Sayur pondoh atau sayur pohon kelapa.

Jadi, bagian yang digunakannya yaitu pucuknya. Pucuk pohon kelapa memiliki bagian yang lunak. Bagian inilah yang bisa diolah menjadi sayur dengan racikan bumbu jawa santan.

Oke, Mom itu tadi olahan bumbu jawa yang simple. Jadi, dengan adanya bumbu jenis ini mempermudah kita untuk memasak. Tanpa ribet harus mecari bumbu – bumbu lain yang memang susah dicari. Sekalipun bumbu dan bahan masakannya terlampau sederhana, tapi rasa dari masakan ini istimewa loh. Buktinya sampai sekarang masih jadi sayur favorit warga jawa khususnya jawa tengah.

Bagi Mommy yang belum mencoba masakan jawa dengan racikan bumbu jawa nya. Wajib banget nyoba! Selamat mencoba Mom!

Baca juga : Manfaat serai, dari pengusir nyamuk hingga kanker

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!