Buntu Ide Saat Menulis? Coba deh Lakukan Hal Ini!

Kamu hobi nulis? Atau kamu menghasilkan uang dengan tulisan mu? Eh..eh.. tapi sering buntu ide saat menulis? jadi panik, padahal deadline di depan mata! Eits, jangan buru-buru buang tulisan mu apalagi banting laptopmu.

Yakinlah, bahwa tulisan yang sedang kamu buat itu tulisan yang bagus. Nah, soal buntu ide saat menulis bukan Cuma kamu yang merasakan! Hamper seluruh penulis di dunia ini pasti pernah merasakan sensasinya buntu ide saat menulis. Geram! Gemas! Marah! Itu hal biasa! Namun, usahakan untuk tetap tenang ya. Coba lakukan hal-hal ini, siapa tahu bisa membantu kamu kembali menemukan ide mu!

Saat Kamu Merasa Buntu Ide Saat Menulis, Beristirahatlah!

Mulai frustasi karena tak kunjung menemukan kata yang pas untuk melanjutkan tulisan mu? Beristirahatlah!
Jangan paksa otakmu untuk terus berfikir. Beri sedikit waktu untuknya beristirahat. Hal ini dapat membantu otak kembali segar sehingga pikiran pun kembali tajam. Kalau sudah begini, otakmu pun sudah siap kembali diajak berfikir.

Kamu bisa bersantai dengan sejenak mendengarkan lagu kesukaan, atau bisa juga duduk santai sembari menyeruput secangkir teh atau kopi yang dapat membantu otakmu kembali rileks. Jika memungkinkan, kamu bisa beristirahat dengan merebahkan badan di Kasur dan memejamkan mata sejenak. Setelah tidur, dijamin kamu bakalan kembali fresh dan siap kembali menulis.

Bernafaslah!

Pikiran mu mulai terasa penat dan sesak? Mungkin otakmu kekurangan oksigen, cobalah untuk bernafas! Hirup udara dengan satu tarikan Panjang kemudian hembuskan. Kamu juga bisa menambahkan sedikit peregangan otot sebelum kembali menulis. cara ini merupakan salah satu cara ampuh untuk merefresh otak dan pikiran kita.

Cobalah untuk Membaca

Senjata pamungkas seorang penulis adalah kekayaan ilmu pengetahuan. Darimana didapatkan? Ya membaca! Dengan banyak membaca, seorang penulis akan semakin kaya akan ide. Kalau sudah begini, buntu ide saat menulis tak akan lagi menghampiri.

Sudah membaca, tapi masih buntu ide? Coba kamu luangkan lebih banyak waktu untuk membaca! Yakin deh, pasti kamu bakal temukan ide mu yang hilang.

Jalan-jalan Boleh Juga!

Masih merasa buntu? Atau merasa tulisan kamu kurang realistis? Mungkin ini saat nya kamu ambil waktu untuk berjalan-jalan. Tak perlu terlalu jauh ke kota sebelah atau bahkan ke negeri sebrang. Cukup berkeliling sambal mengamati keadaan sekitar rumah kamu!

Melihat keadaan sekitar bisa jadi cara ampuh untuk menembus rasa buntu ide saat menulis. Pasti ada banyak hal yang bisa kamu jadikan referensi ide untuk melanjutkan tulisan mu. Jika sudah menemukannya, jangan lupa untuk mencatatnya. Kamu bisa gunakan notes di handphone mu atau bisa juga mencatatnya di buku catatan ide!

Kamu Juga Bisa Cari Ilustrasi yang Sesuai

Gambar bisa berbicara lebih banyak. Saat kamu buntu ide saat menulis, cobalah untuk mencari inspirasi melalui gambar. Berhentilah menulis dan carilah ilustrasi yang mungkin sesuai dengan tulisan yang kamu buat. Lepaskan imajinasimu ketika mencari ilustrasi dan ide baru pun akan muncul di kepalamu.

Menulis Sambal Mendengarkan Lagu? Kenapa Tidak

Selain dari gambar, ide tulisan juga bisa datang dari lagu lho! Cabalah untuk menulis sembari mendengarkan lagu di playlist musikmu. Siapa tahu, dari lagu-lagu yang kamu dengarkan, kamu bisa mendapatkan sebuah ide baru untuk tulisan mu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu mengalami buntu ide saat menulis. Semoga dapat membantumu memecahkan masalah ide yang tak kunjung datang. Selamat berkarya!

Baca juga : 14 trik jitu menulis artikel blog lebih cepat

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!