Cagar Budaya Indonesia, Destinasi Wisata yang Rekomended!

Liburan menjadi saat yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Bahkan, sebelum liburan tiba anggota keluarga biasanya merencanakan apa saja yang dilakukan saat liburan. Meski hari libur atau holiday tidak harus diisi dengan jalan-jalan tetapi berkunjung ke cagar budaya Indonesia dapat mempunyai kesan tersendiri. Apalagi jika banyak tempat di Indonesia sudah Anda dan keluarga kunjungi. Tempat ini dapat menjadi daftar destinasi wisata selanjutnya.

Wisata Cagar Budaya Indonesia

Cagar Budaya di Indonesia diatur oleh undang-undang. Tidak semua orang dapat mengklaim suatu tempat menjadi cagar budaya. Anda harus mendaftarkannya terlebih dahuku ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Cagar Budaya.

Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010, yang dimaksud cagar budaya Indonesia adalah segala sesuatu yang berada dan berhubungan dengan kehidupan dan perikehidupan masyarakat yang biasanya disebut lingkungan, dilestarikan, dan dilindungi oleh undang-undang agar tidak punah. Cagar budaya biasanya mempunyai nilai sejarah, piiendidikan, atau agama dan gabungan semua unsur tersebut.

Yang Termasuk Cagar Budaya

1. Benda

Yang pertama adalah Benda peninggalan zaman dahulu yang kini sudah tidak ada dan tidak diproduksi lagi. Benda ini biasanya mempunyai nilai sejarah. Contoh benda sejarah adalah keris milik Raja Majapahit atau kapak genggam yang berasal dari zaman batu.

2. Bangunan

Bangunan dianggap cagar budaya jika usianya sudah lebih dari 50 tahun dan tidak banyak mengalami perubahan bentuk bagian luar dan dalamnya. Termasuk bangunan cagar budaya yaitu masjid Demak dan Museum Perjanjian Linggarjati.

3. Struktur

Struktur cagar budaya mirip dengan bangunan. Hanya saja, struktur berarti susunan alam atau buatan manusia yang membentuk sesuatu yang tidak mirip dengan rumah atau tempat tinggal manusia. Contoh struktur dalam cagar budaya adalah Candi Borobudur.

4. Situs

Situs cagar budaya adalah gabungan dua jenis cagar budaya dalam satu tempat. Contoh situs cagar budaya adalah situs Karangkamulyan, di Ciamis. Di sini Anda akan menemukan berbagai benda peninggalan zaman kerajaan Sunda dan masyarakat yang tinggal di sana, seperti fosil, keris, arca Nandi, batu berukir, batu pipisan, batu lumping, dan sebagainya.

5. Kawasan

Jika situs berisi berbagai benda peninggalan bersejarah, kawasan adalah beberapa situs yang berada di satu wilayah. Kawasan cagar budaya yang terkenal adalah Kota Tua, di Jakarta. Di kawasan ini terdapat berbagai bangunan tua bersejarah sejak zaman Belanda, menara bahari, benda peninggalan sejarah, dan sebagainya.

Keuntungan Berwisata Ke Cagar Budaya Indonesia

Setelah paham daerah dan tempat yang termasuk destinasi wisata, Anda harus tahu kelebihan berwisata ke sana. Dengan demikian, destinasi cagar budaya akan masuk list wisata Anda yang akan datang. Kelebihan wisata cagar budaya, antara lain:

1. Wisata Murah

Berwisata cagar budaya tidak perlu merogoh kantung terlalu dalam. Biaya tiket masuk rata-rata sekitar 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah. Anda hanya cukup menyiapkan biaya transportasi dan makan.

2. Belajar dari Masa Lalu

Dengan berwisata Anda dapat memperkenalkan anak sejarah secara menyenangkan sekaligus belajar dari masa lalu. Misalnya berkunjung ke Museum Perjanjian Linggarjati yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menjelaskan sejarah perjalanan Indonesia setelah merdeka. Anak lebih mudah paham daripada membaca buku sejarah.

3. Foto Unik

Foto unik dapat dibuat di cagar budaya. Bukankah foto dengan latar belakang pemandangan alam sudah biasa?

4. Kuliner Tradisional

Sebagian besar cagar budaya masih menyajikan kuliner tradisional. Nah, Anda penyuka kuliner? Pasti akan mempunyai sensasi sendiri makan di tempat asalnya.

5. Mengenal Diri Sendiri, Masyarakat, dan Bangsa

Cagar budaya membuat seseorang mengenal dirinya sendiri, khsusunya jika berkunjung ke situs budaya. Di sana Anda akan menemukan dan mengetahui sejarah zaman dahulu dan masyarakatnya. Sementara jika berkunjung kebangunan bersejarah, Anda akan lebih mengenal bangsa dan mencintai tanah air.

6. Wisata Segala Usia

Terkadang mencari destinasi wisata yang cocok untuk segala usia sangat sulit. Apalagi jika keluarga terdiri dari usia yang berbeda jauh. Cagar budaya dapat dikunjungi dan menyenangkan untuk lanjut usia sampai anak-anak.

Siap berkunjung ke cagar budaya Indonesia? Jangan lupa untuk tidak merusak dan menjaga kelestariannya ya!

Baca juga : Wisata air klaten yang wajib kamu kunjungi, dijamin keren!

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!