Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Cegukan

Cara Yang Ampuh Untuk Menghilangkan Cegukan

Anda mungkin pernah mengalami yang namanya cegukan, entah saat makan atau tiba-tiba saja tanpa penyebab dan itu sangat menggangu anda pastinya. Cegukan ada 2 jenis yaitu cegukan ringan dan cegukan berat. Makanya banyak orang yang ingin tau cara ampuh menghilangkan cegukan sebab cegukan tidaklah menyenangkan.

Banyak cara untuk menghilangkan cegukan, anda dapat menyembukan dengan cara  minum air atau tanpa minum air. Dan ada juga cara menyembuhkan cegukan dengan membeli obat di apotik tedekat. Cegukan tidak hanya dialami orang dewasa saja tetapi  juga bayi dan anak-anak. Penyebab cegukan dapat terjadi kerena perut anda terlalu penuh karena  menampung makanan dan minuman terlalu banyak.

 Ada 5 Penyebab Cegukan

  1. Makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  2. Telalu banyak minum minuman keras atau alkohol
  3. Telalu banyak udara yang masuk melalui mulut
  4. Merokok. Merokok tentunya tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya anda mengurangi porsi merokok anda. baca juga cara berhenti merokok bagi perokok aktif
  5. Perubahan suhu  perut secara tiba-tiba. Seperti minum teh panas kemudian minum air dingin

 

Berikut Cara Menghilangkan Cegukan

Sering ketika anda cegukan, banyak yang menganjurkan berbagai macam cara untuk menghilangkan cegukan anda. Setiap orang mempunyai pendapat sendiri mengenai cara menghilangkan cegukan. Ini yang mungkin membuat anda menjadi kebingungan dengan berbagai pendapat tersebut. Berikut cara menghilangkan cegukan.

1.Menarik Nafas Dengan Menggunkan Kantong Plastik Atau Kertas

Menarik nafas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas bertujuan untuk meningkatkan kadar karbondioksida. Dengan itu anda menghirup kembali udara yang telah dihirup pada kantong plastik atau kertas tersebut.

2. Minum Air Hangat

Minum air hangat adalah cara yg mudah untuk menghilangkan cegukan. Kita hanya menyediakan air hangat 1 gelas. Minum dengan cara menahan nafas dengan tubuh di bungkukkan selama yang anda bisa. Setelah itu kembalikan posisi tegak dengan nafas tetap ditahan. Kemudian minum dan bernafas seperti biasa.

3. Mengulam Atau Mengemut Gula

Gula paling sering kita jumpai di dapur. Gula adalah karbohidrat dan menjadi sumber energi utama dan  gula juga dapat di gunakan untuk menghilangkan cegukan karena dapat merangsang otot diafragma

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C-nya yang sangat tinggi yang dapat menghilangkan ganguan pada saraf vagus sehinga dapat menghilangkan cegukan. Caranya dengan meminum  perasan jeruk nipis jadi di peras langsung ke mulut

5. Mengatur Pernafasan

Cara ampuh menghilangkan cegukan juga bisa dilakukan dengan cara ini. Mengatur pernafasan dengan teratur benar agar oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk ke dalam tubuh dengan teratur.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!