Cara Doyan Pedas Dan Melatihnya Untuk Sang Buah Hati

Drama nafsu makan anak yang kerap melatih emosi memang perlu diatasi dengan sabar oleh orang tua. Selain sayuran, masalah rasa pedas terkadang membuat anak kehilangan mood untuk makan makanan lainnya. Jika kamu mengalami masalah anak yang tidak doyan pedas, maka segera cari cara doyan pedas untuk anakmu.

Rahasia Makanan Yang Bisa Dijadikan Cara Doyan Pedas Untuk Anak

Jangan banyak mengeluh jika masalah makan anak tidak stabil. Ingatlah selalu bahwa bukan hanya kamu satu-satunya ibu di dunia ini yang mengalami masalah yang sama. Pada hakikatnya semua masalah drama makanan pada anak bisa dicarikan solusi.

Wajar jika pada usia di bawah 3 tahun anak masih harus beradaptasi dengan rasa pedas. Namun jika sudah menginjak 4 tahun anak belum juga mau menyentuh makanan yang mengandung rasa pedas maka segea cari cara mengatasinya. Berikut ini akan diberikan cara doyan pedas untuk anak yang terbilang mudah.

1. Hidangkan Bersama Dengan Makanan Favoritnya

Makanan favorit anak bisa berbeda-beda. Jika anak menyukai satu makanan maka campurkan rasa pedas di dalamnya dengan tingkatan yang rendah. Jika anak menyantapnya tanpa masalah berikan tingkatan pedas yang lebih tinggi.

2. Buat Sambal Yang Tidak Pedas

Sambal sudah dipastikan akan memberikan rasa pedas di mulut. Maka buatlah jenis sambal yang tidak pedas untuk dimakan anak. Dengan bentuk sambal yang sesuai dengan mulutnya anak tidak akan takut menyentuhnya. Jika sudah seperti itu berikan sambal yang pedasnya bertahap.

3. Memancing Dengan Makan Bersama Teman

Sifat anak yang suka bermain bisa kamu manfaatkan. Ketika anak sedang makan bersama temannya maka kamu bisa memancingnya dengan makanan yang pedas. Saat temannya memakan makanan yang sama meskipun pedas biasanya anak akan terpancing untuk makan juga.

4. Makan Sambil Bermain

Ketika asyik bermain anak akan mudah lengah dan focus dengan permainannya. Cobalah untuk menyuapi makanan pedas yang tidak terlalu terasa sehingga anak akan melahapnya tanpa merasakannya. Lakukan ini dengan sabar tentunya.

5. Variasi Menu

Bentuk dari makanan juga berpengaruh pada nafsu makan anak. Cara doyan pedas untuk anak adalah membuat bentuk makanan yang unik dan membuatnya penasaran. Ketika ia tertarik dengan bentuknya, maka dengan mudah ia akan tertarik untuk memakannya pula.

6. Jangan Membuat Banyak Menu

Banyak menu yang dihidangkan maka akan semakin banyak pilihan anak untuk memilihnya. Ketika ia menemukan menu hanya satu maka mau tidak mau ia akan menyantapnya ketika lapar. Dengan begitu, anak akan lebih mudah untuk diajari makan pedas.

7. Jangan Dipaksa

Latihlah anak untuk doyan makan pedas dengan lembut. Janga gunakan cara kasar sehingga ia takut dan menjauhi makanan pedas. Bersikaplah seakan-akan kamu tidak sedang membuatnya doyan makan pedas.

Ketika masih anak-anak memang wajar ketika tidak doyan dengan makanan pedas. Namun berbeda jika sudah dewasa, ketika tidak doyan pedas sudah dipastikan menjadi pembicaraan teman-temannya.

Meskipun kamu mencoba cara doyan pedas untuk anak namun tetap saja, batasi konsumsi makanan pedas perlu dilakukan. Banyaknya bahaya yang terjadi jika kamu makan makanan pedas bisa kamu tanyakan ke dokter, terlebih untuk anak yang pencernaannya belum stabil.

Itulah cara doyan pedas untuk anak yang bisa kamu coba. Mengenai bagaimana hasilnya, tentu akan tergantung dengan seberapa besar usahamu melakukannya. Jangan cepat menyerah dan buatlah hidangan kreatif agar anak tidak bosan dengan makanan yang kamu buat.

Baca juga : Gadget untuk anak sangat perlu diawasi dengan ketat

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!