Cara Membaca Cepat, Apakah Hal Ini Dianjurkan?

Tahukah kamu bahwa membaca cepat merupakan tekhnik yang bisa dipelajari oleh siapapun. Membaca cepat merpakan kemampuan seseorang dimana ia bisa membaca dengan kecepatan di atas rata-rata. Banyak yang mampu membaca cepat namun tidak mengerti isi di dalamnya. Dengan begitu apakah cara membaca cepat ini penting dipelajari.

Manfaat Mempelajari Cara Membaca Cepat Dan Kekurangannya

Pada dasarnya kemampuan untuk membaca cepat penting untuk dilatih. Meskipun pada awalnya kamu tidak terbiasa dan hanya sekedar mampu membaca namun tidak bisa sekaligus menelaah maka terus pelajari dan asah kemampuanmu.

Tidak ada cara membaca cepat secara khusus yang bisa dipelajari kecuali dengan latihan. Semakin sering kamu membaca maka semakin mudah kamu untuk dapat membaca dengan cepat. Berikut ini akan diberikan beberapa manfaat belajar cara membaca cepat agar kamu makin tertarik mempelajari.

1. Mengetahui Topik Dengan Mudah

Ketika kamu datang ke sebuah toko buku dan ingin membelinya, maka kamu harus tahu apa topik dari bacaan di dalamnya. Dengan membaca cepat kamu akan mengetahui topik bacaan dengan cepat dan bisa menentukan apakah buku ini yang kamu perlukan.

Adanya cover dan synopsis memang memudahkan kamu menentukan buku pilihanmu. Namun tidak semua isi dari buku tersebut akan tergambarkan dengan jelas kecuali kamu membaca cepat isi di dalamnya.

2. Efisiensi Waktu

Ketika kamu hanya memiliki waktu satu malam untuk menghabiskan 5 buku hal ini tidak bisa kamu selesaikan kecuali dengan belajar cepat. Waktu yang lebih singkat untuk kamu habiskan dalam membaca buku akan membuat kamu bisa lebih menghemat waktu yang ada. Sudah sifat manusia modern bukan untuk menghemat waktu sedemikian rupa?.

3. Mengingat Kembali Bacaan Sebelumnya

Membaca cepat dapat meningkatkan ingatan kamu dengan buku yang telah dibaca sebelumnya. Tentunya kamu harus benar-benar mempelajari cara membaca cepat dan memahasi isinya sekaligus. Ketika kamu membaca buku dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, maka ingatan terhadap isi buku sebelumnya akan sangat kuat.

4. Mendapat Inti Dari Buku

Inti dari buku bisa kamu dapatkan dengan membaca cepat. Ketika kamu melakukan hal ini, maka sudah sangat mudah bagi kamu untuk mengetahui apa saja inti yang terkandung di dalamnya. Dengan mengetahui pokok bacaan dan organisasi tulisan, inti buku akan ditemukan dengan mudah.

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh belajarnya seseorang untuk dapat membaca cepat, tidak menutupi kekurangan di dalamnya. Ada beberapa hambatan yang terjadi dengan metode baca cepat ini.

Beberapa kekurangan tersebut tentu karena didasari oleh minat baca yang sangat kurang. Jenis hambatan yang kerap terjadi adalah kurangnya konsentrasi sehingga bacaan banyak terlewat bahkan yang penting sekalipun, terlalu sedikit bacaan yang dimiiliki, dan tentunya rasa malas.

Dasar dari cara membaca cepat adalah niat dari dalam hati untuk melakukannya. Selain itu juga, akan lebih baik jika kamu membacanya dengan diam di dalam hati. Gerakan bibir akan memperlambat bacaanmu dan membuat cepat lelah sehingga menyerah denganbacaan yang belum terselesaikan.

Disarankan ketika kamu masih dalam tahapan belajar, untuk membaca buku dengan genre yang kamu sukai. Pilih juga topik pembahasan yang tidak berat dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Fokuslah membaca dengan pencahayaan yang cukup, fokus dan tenang jangan buru-buru.

Itulah beberapa manfaat cara membaca cepat yang harus dipelajari. Apapun profesimu, menambah pengetahuan dengan cara membaca tidaklah merugikan. Semakin luasnya pengetahuan maka semakin meningkat kualitas dirimu.

Baca juga : Belajar calistung, kapan mulai diperkenalkan pada anak?

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!