Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara mengatasi biang keringat pada bayi-Munculnya hal ini akibat cuaca lembab dan panas atau jika si kecil demam dan banyak hal ini bisa muncul akibat cuaca yang lembab dan panas atau jika si kecil demam dan banyak berkeringat.

Baca juga: Mengatasi hidung bayi yang tersumbat di malam hari

Selain itu, bisa juga karena pori-pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi sangat rentang terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa. Selain itu, kelnjar dan saluran keluar keringat pada bayi dan anak-anak juga belum sepenuhnya berkembang.

Biang keringat menjadi salah satu kondisi yang bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Biang keringat sendiri merupakan ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan perih pada kulit, serta memberikan sensasi menyengat.

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Berikut adala cara mengatasi biang keringat pada bayi

Sangat bermacam-macam, mulai dari pakaian yang tidak menyerap keringat, hingga kebersihat kulit yang kurang terjaga dengan baik. Untuk mencegahnya, dokter spesialis kulit menyarankan orang tua untuk memakaikan pakaian longgar. Berikut yang dapat anda lakukan

    1. Menurunkan Suhu Ruangan

Menjaga kondisi bayi tetap sejuk, baik melalui suhu ruangan maupun kondisi kulitnya. Untuk menciptakan suhu ruangan yang sejuk, Anda bisa membuat lubang ventilasi udara atau mengatur suhu pendingin di kamar buah hati.

Ibu juga perlu membuat kulit bayi selalu segar dengan cara sering membasuh tubuh dan mengeringkannya dengan sempurna. Hal ini merupakan bentuk perawatan kulit bayi paling sederhana yang bisa dilakukan sewaktu-waktu.

    2. Gunakan Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal yang timbul dari bintik merah tersebut. Rasa dingin yang ditimbulkan dari lidah buaya bisa membanti meredahkan rasa panas dan gatal pada kulit.

    3. Kompres Dingin

Selanjutnya anda lakukan adalah dengan kompres bagian kulit yang terkena penyakit kulit dengan es yang telah dibungkus kain lembut. Itu akan membuat si kecil merasa nyaman. Selama musim panas, kompres dingin akan benar-benar membantu.

    4. Gunakan Lation atau Krim

Jika Si kecil menangis ketika anda menyentuh kulitnya, oleskan lation pada kulitnya. Namun jangan sampai mengoleskan lation kulit di dekay mata bayi.

Jika biang keringat yang dialami si kecil sangat parah, digunakan dengan saran dokter. Disarankan untuk menggunakan salep dan lation jenis lainnya, karena dapat membuat ruam menjadi parah.

    5. Jangan Sering Di Gendong

Ketika cuaca panas tidak disarankan apabila mengalami penyakit tersebut. Ketika digendong. Si Kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas. Yaitu cuaca dan suhu tubuh Bunda. Sebaiknya tidurkan Si Kecil di ranjang dan membiarkan ia berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun.

Baca juga: Panas hilang timbul pada bayi, Anda harus tahu penyebabnya

Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!