Cara Menghilangkan Perut sakit Saat Menstruasi

Cara menghilangkan perut sakit saat menstruasi-Saat menstruasi membuat perempuan tidak nyaman. Perubahan hormon pada saat menstruasi dapat membuat perempuan mengalami perubahan susana hati dan nyeri pada tubuh. Rasa sakit yang di rasakan dapat berupa atau membengkak.

Baca juga: Makanan Yang Nyaman Saat Haid

Sering kali kalimat tersebut terucap begitu saja saat hari pertama datang bulan atau menstruasi atau haid atau sering disebut PMS. Nyeri haid di sebut juga dismenore, jika anda sering mengalami sakit dan kram saat menstruasi. Berikut akan di jelaskan cara untuk menghilangkan perut sakit saat menstruasi.

Cara Menghilangkan Perut sakit Saat Menstruasi

Anda mungkin mengatsi rasa sakit pada saat menstruasi dengan memakai obat pereda nyeri, seperti ibu profen, kiranti dan lainnya.

Sebelum anda mengetahui cara menghilangkan perut sakit saat menstruasi terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab-penyebab perut sakit saat menstruasi.

Penyebab Perut Sakit Saat Menstruasi

1. Sindrom ini normal terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi di mulai dan biasanya hilang settelah menstruasi terjadi
2. Kondisi medis yang terjadi karena sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh yang lain, biasanya di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul, sehingga menimbulkan rasa sakit.
3. Tumor non-kanker yang dapat memberikan tekanan pada rahim atau menyebabkan nyeri haid yang tida normal
4. Penyakit radang panggul adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai di rahim dan bisa menyebar ke organ reproduksi lainnya. Infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan radang pada organ reproduksi.
5. Kondisi langkah dimana lapisan rahim tumbuh kedinding otot rahim dan bisa terasa sakit karena menyebabkan pembengkakan dan tekanan.
6. Penyempitan serviks yang memperlambat aliran menstruasi, yang menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim sehingga menyebabkan rasa sakit.

Berikut Cara Menghilangkan Perut Sakit Saat Menstruasi

    1. Mengompres Perut

Cara yang pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Anda dapat mencoba mengompres perut Anda dengan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit. Atau Anda bisa mencoba mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh bagian tubuh.

    2. Minum Jamu Kunyit Asam

Obat herbal yang memiliki kualitas sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman jamu kunyit asem terbukti mampu meredakan nyeri haid.

Agar khasiat kunyit asem tetap terjaga, taka da salahnya buat sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan 15 – 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan. Tunggu hingga air menjadi setengah, barulah saring ramuan tersebut. Minumlah dalam kondisi jamu masih hangat secara teratur minimal dua kali per hari.

Baca juga: Kunyit Dan Segudang, Manfaatnya

    3. Berbaring

Berbaring adalah langkah yang tepat saat kalian merasakan nyeri karena haid. Gunakan bantal di bawah lutut agar kedua kaki lebih tinggi. Jika masih belum nyaman, ubah posisi di mana kalian tidak merasakan nyeri lagi.

Namun, hindari berbaring dengan posisi tengkurap, ya. Kondisi tersebut akan memperparah rasa nyeri lantaran tekanan pada bagian perut akan semakin besar. Darah yang dikeluarkan pun akan semakin banyak.

    4. Lakukan Pijatan Pada Bagian Yang Nyeri

cara untuk membuat otot-otot pada tubuh rileks adalah dengan pijatan. Berikan pijatan halus di daerah perut bagian bawah. Lalukan gerakan memutar menggunakan jari jemari. Kalian harus melakukannya dengan hati-hati dan lembut. Karena pijatan yang terlalu keras dapat menimbulkan efek samping lain.

    5. Lakukan Olahraga Ringan

Rasa nyeri yang tidak tertahankan terkadang membuat seseorang tidak sanggup untuk bergerak. Namun, dengan melakukan olahraga ringan sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh.

Lakukanlah pergerakan kecil peregangan tubuh dalam waktu yang cenderung rutin. Dengan begitu rasa nyeri pada perut ketika haid akan sirna secara perlahan.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!