Cara Merawat Hewan Peliharaan Di Rumah,Secara Efektif

Cara Merawat Hewan Peliharaan Dirumah

Cara merawat hewan peliharaan dirumah, secara efektif-Hal yang sangat lazim kita temui adalah memelihara hewan di dalam rumah. Biasanya hewan yang umumnya di pelihara merupakan hewan yang jinak dan tak jarang juga orang memelihara hewan buas di tempat tertentu.

Baca juga: Rekomendasi hewan peliharaan untuk pecinta binatang

Memelihara hewan yang lucu dirumah memang sangat menyenangkan, apalagi hewan peliharaan anda suka bermain dan menggemaskan. Hewan yanb paling umum yangg biasanya di pelihara adalah kucing, anjing dan burung. Hewan tersebut sudah banyak di jual di toko-toko terdekat.

Hal tersebut di karenakan binatang tersebut sangat lucu, jinak dan pintar dan mereka juga bisa mengetahui dan mengerti akan perintah tuannya. Banyak orang yang terkadang kesulitan untuk merawat peliharaan mereka. Hal ini tentunya banyak para peliharaan tersebut terlantar atau bahkan mati.

Cara Merawat Hewan Peliharaan Dirumah

Berikut kami akan menjelaskan mengenai cara merawat hewan peliharaan di rumah.

Baca juga: Manfaat memelihara hewan jinak untuk anak

    1. Penempatan Kandang

Anda harus memperhatikan kandang yang baik untuk peliharaan adalah jauh dari keributan atau kebisingan. hewan memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan.

Ketika ingin membuat kandang, berikan tempat khusus tempat hewan untuk membuang kotoran. Bahan untuk membuat kandang harus juga di perhatikan agar tidak membahayakan hewan yang akan kita pelihara nanntinya. Anda harus menyesuaikan kandang hewan sesuai dengan habitatnya.

    2. Membersihkan Kandang

Hal yang berikut ini merupakan hal yang paling menjengkelkan bagi anda, yaitu membersihkan kandang. Dan hal ini hal yang sangat penting dan ini dalah salah satu cara pencegahan sakitnya hewan peliharaan yang sangat berpengaruh sekali untuk kesehatannya.

Anda harus membersihkan kandang hewan secara berkala, minimal 2 minggu sekali. Anda juga harus memperhatikan dan mengecek keadaan kandang apa ada yang rusak.

    3. Makanan Dan Minuman Hewan

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah makanan dan minuman hewan peliharaan anda. Berikanlah makanan yang khusus untuk membantu merawatnya dengan baik, juga berikan air minum yang steril secukupnya.

Makanan tersebut anda dapat membelinya di toko-toko terdekat. Dalam pemberian makanan juga tak perlu berlebihan secukupnya saja.

    4. Memberikan Perawatan Yang Khusus

Pada umumnya hewan peliharaan yang seperti itu sudah memiliki daya tahan tubuh yang kuat, di bandingkan dengan yang masih dalam keadaan kecil tentunya akan lebih mudah saat kita merawatnya nanti.

Jika sudah menjadi peliharaan, pastikan selalu kondisi hewan agar tetap dalam keadaan sehat dan tidak terlihat janggal. Caranya kamu bisa membawa hewan peliharaanmu ke dokter hewan 3 bulan sekali, tujuannya untuk mengecek kesehatan hewan. Selain itu juga bisa kamu berikan vaksinasi umtuk hewan peliharaanmu, untuk mencegah penyakit umum.

    5. Ajak Bermain

Mengajak hewan jalan-jalan adalah salah satu cara merawat hewan peliharaan.  Atau sekedar bermain untuk meningkatkan keakraban hewan dan pemilik. Juga melatih hewan untuk mengenal lingkungan.

Untuk kucing agar dia bisa pulang ke rumah sendiri jika pergi jauh. Mengajak bermain hewan juga bisa mengurangi stress yang ada pada diri kita. Mengajaknya bermain juga menumbuhkan rasa kasih sayang kita.

    6. Memberikan Kasih Sayang

Berikut cara merawat hewan peliharaan dengan baik yaitu dengan. Hewan akan tampak bahagia jika kamu memperlakukannya dengan kasih sayang. Sebagai contoh kucing. Apabila dibelai, kucing akan tampak menyukainya.

Saat diberi makan, ekor kucing akan dikibas-kibaskan sebagai tanda terima kasih.Jadi, memperlakukan hewan peliharaan dengan rasa kasih sayang amat penting.

Hal ini dapat memengaruhi keberlangsungan hidup hewan peliharaan. Setiap hewan memerlukan perlakuan yang baik dari manusia. Kita tidak boleh memperlakukan hewan dengan semena-mena.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Sayangilah dan rawatlah hewan peliharaan anda dengan baik.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!