Cara Merawat Motor Sekadarnya Ala Cewek-cewek Nih!

Otomotif itu hal yang enggak banget bagi sebagian besar cewek. Bukan semua cewek tidak paham otomotif ya, tapi sebagian besar. Jadi paling tidak, sebagai cewek kamu harus tahu cara merawat motor sekadarnya.

Tidak harus muluk-muluk kok. Karena cewek itu amat tidak peka dengan urusan motor. Padahal kalau masalah perasaan sih pekanya luar biasa.

Nah, kalau urusan motor dan otomotif, cewek harus mengakui kalau cowok lebih unggul. Maka tidak usah terlalu memaksa untuk menguasai urusan otomotif.

Tetapi cukup mengerti hal dasar saja. Supaya kerusakan motor tidak terlalu parah begitu. Biar nanti tidak ditertawakan orang-orang karena ketidaktahuan yang hakiki ini.

Cara Merawat Motor Ala Cewek

Yang terpenting nih, motor tetap terawat. Meski tidak harus nyaman-nyaman banget ketika digunakan. Asalkan tetap jalan itu sudah bagus.

Ada yang mengatakan, cewek itu asal motor masih bisa dipakai jalan maka masih dianggap baik-baik saja. Nah, ini nih yang membuat cewek kerap dibully karena urusan motor.

Sebab ada yang motornya sedemikian parah tetapi tetap dipakai karena rodanya masi bisa berputar. Dan tahu-tahu setelah itu motor tiba-tiba mogok.

Kan itu malu-maluin Guys! Jadi perhatikan poin-poin dibawah ini supaya kamu tahu cara merawat motor paling dasar ya!

1. Service Rutin Tiap 2000 km

Cowok itu suka bereksplorasi dalam hal mengotak-atik mesin. Terkadang mereka sudah tak lagi mempercayakan motor kepada bengkel resmi.

Tetapi lebih memilih bengkel biasa sekaligus mau menambah aksesoris pada motor kesayangan. Nah, kalau untuk cewek, sudahlah. Serahkan pada bengkel resmi saja.

Karena di bengkel resmi kamu akan selalu diingatkan untuk ganti oli dan servis. Ada juga buku catatannya. Kamu bisa juga mendapat fasilitas cek mesin kendaraan.

Jadi semisal kamu benar-benar tidak tahu keluhan motormu, abang-abang montir siap membantu. Tenang saja Girls!

2. Jangan Pernah Lupa Ganti Oli!

Oli itu ibarat makanan Guys! Dibutuhkan banget untuk menjalankan aktivitas. Lalu bila kamu lupa mengganti oli, apa yang akan terjadi?

Mesin bisa mati lho! Kalau sudah begini solusi yang harus dilakukan ialah angkat mesin. Wah ini membutuhkan biaya tak sedikit. Jadi usahakan selalu ganti oli bersamaan dengan jadwal servis. Supaya tidak kelupaan Guys!

3. Dipanasi Setiap Pagi

Sebelum memacu kendaraan untuk melakukan berbagai tanggung jawab, pastikan untuk selalu memanasi mesin terlebih dulu.

Ini sama halnya dengan tubuh. Bila bangun tidur langsung diajak berlari, bisa sakit semua badan. Makanya kamu disuruh untuk pemanasan terlebih dahulu. Motor pun begitu. Jangan terlalu dipaksa untuk segera berlari. Kalau dipaksa terus maka kualitas mesin lagi-lagi menjadi taruhannya!

4. Paculah dengan Kecepatan Konsisten

Kalau lagi galau jangan suka ngebut ya! Karena cara merawat motor agar tetap awet salah satunya dengan menetapkan kecepatan yang konsisten.

Lajukan motor dengan kecepatan konsisten dan jangan suka tiba-tiba mengebut. Kalau terbiasa ngebut sih tidak apa-apa. Tetapi kalau dipaksa begitu saja, ya jangan harap motormu akan baik-baik saja.

Minimal Lakukan 4 Poin Itu

Merawat motor itu tidak mudah. Jangan asal naik lalu ogah merawat. Karena kalau motor nyaman digunakan kamu tentu senang bukan?

Karena cewek itu memang kodratnya tak paham mengenai mesin, jadi paling tidak lakukan hal-hal wajar tadi. Cara itu tadi paling tidak bisa merawat motormu.

Jadi kondisi motor tidak bakal parah-parah banget bila kamu melakukan 4 poin tadi. Pastikan untuk mempraktikannya ya!

Akhir kata semoga cara merawat motor yang saya paparkan tadi bermanfaat.

Baca juga : Knalpot bobok, menurut kamu keren atau malah penyebab polusi udara?

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!