Merawat Sepatu Secara Baik Dan Benar Dengan Cara Ini!

Saat ini, dunia fashion tengah digandrungi banyak orang, terutama bagi kaum hawa. Salah satu item fashion yang banyak dicari dan diminati adalah sepatu. Banyak orang pun mulai gemar mengkoleksi berbagai jenis sepatu dengan berbagai macam bahan. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara merawat sepatu dengan baik dan benar sesuai bahannya.

Kalau kamu adalah pecinta sepatu, maka kamu harus tahu bagaimana cara merawat sepatu mu dengan baik dan benar. Pasti kamu gam au kan, sepatu kesayangan yang dibeli dengan harga mahal rusak begitu saja gara-hara kamu tidak tahu cara merawatnya. Kamu juga harus tahu bagaimana cara memperlakukan sepatumu sesuai dengan bahan pembuatannya agar sepatumu awet dan selalu terlihat baru.

Nah, saat ini ada setidaknya dua jenis bahan sepatu yang banyak diminati karena kedua bahan ini menimbulkan kesan elegan. Ialah bahan kulit dan suede yang kini tengah naik daun. Namun, kedua bahan ini memerlukan penaganan khusus untuk menjaganya tetap awet.

Merawat Sepatu Kulit

Nepatu jenis ini sangat digemari banyak orang. Biasanya sepatu berbahan kulit sering digunakan untuk momen formal seperti bekerja atau menghadiri acara-acara penting lainnya. Sepatu jenis ini juga akan sangat disayang oleh pemiliknya. Hal ini dikarenakan sepatu kulit biasanya terlihat sangat elegan dan terkesan mewah. Selain itu, harga yang harus dibayar demi mendapatkan sepasang sepatu kulit juga terbilang tinggi.

Tentunya, kamu sebagai pemilik sepatu kulit tidak ingin sepatumu cepat rusak. Nah, beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sepatumu tetap awet adalah sebagai berikut:

  • Cuci rutin

Cucilah sepatu kulit mu secara rutin. Dengan selalu menjaga kebersihannya, usia sepatu kulit mu pun dijamin akan lebih panjang. Namun, jangan sekali-kali mencuci nya dengan cara mengguyurkan air ya! Kamu cukup menyeka bagian-bagian sepatumu dengan kain basah dan sedikit sabun.

  • Pastikan kering sempurna

Setelah dicuci, pastikan sepatu kulit kamu kering sempurna sebelum kembali disimpan. Namun, jangan jemur sepatu mu di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung ya! Cukup dengan dikeringkan menggunakan lap dan diangin-anginkan saja.

  • Hindari air

Bagi kamu pengguna sepatu kulit dan mengendarai motor, terlebih jika kamu adalah orang lapangan yang sering berada di luar ruangan, ingatlah untuk sebisa mungkin menghindari air, terutama di musim hujan.

Jika terlanjur basah, segeralah untuk mengeringkannya. Hal ini dikarenakan, membiarkan sepatu kulit dalam keadaan lembab akan menimbulkan jamur dan permukaannya pun menjadi mudah retak.

Merawat Sepatu Suede

Bahan suede rupanya tak kalah popular jika dibandingkan dengan kulit. Kini, peminat sepatu berbahansuede pun makin banyak. Namun, sayangnya bahan suede sagat mudah kotor dan tergores. Maka, kamu perlu memperhatikan beberapa hal ini agar sepatu suede mu awet dan tahan lama

  • Gunakan sikat

Bahan suede sangat sensitive terhadap air. Jadi usahakan untuk meminimalkan penggunaan air ketika membersihkannya. Sebaiknya gunakan sikat khusus bahan suede yang dapat kamu beli bersama serangkaian produk pembersih sepatu suede lainnya.

  • Sikat dengan rutin

Cobalah untuk rutin membersihkan sepatu suede mu dengan cara menyikatnya. Namun, ingat, ketika menyikatnya, jangan melakukan gerakan menyikat bolak balik. Sebaiknya, sikatlah searah dan berulang ulang. Jika hal ini rutin kamu lakukan, dijamin sepatu suede mu akan terlihat baru setiap waktu.

  • Semprotkan pelindung

Sebelum digunakan, kamu bisa menyemprotkan lapisan pelindung pada sepatu suede mu. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi khawatir sepatumu akan kotor dan tergores.

  • Hindari basah dan lembap

Seperti halnya sepatu kulit, sepatu suede juga sangat sensitive terhadap air dan kelembapan. Maka, kamu harus selalu menjaganya dalam kondisi kering. Jika dibiarkan lembap terus menerus, sepatu suede mu akan berjamur.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu agar kamu dapat merawat sepatu berbagan kulit dan suede dengan baik dan benar.

Baca juga : Noda darah membadel? Hilangkanlah dengan cara ini

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

1 Comment

Comments are closed.

error: Content is protected !!