Cara Simpel Merawat Kacamata Anda Agar Tetap Awet

Memakai kacamata adalah pilihan sebagian orang yang mengalami masalah dalam penglihatan. Tentu dalam pemakaian, diperlukan perawatan yang tepat agar kacamata anda bisa tetap awet tahan lama. Cara merawat kacamata sangat simpel, cukup dengan kehati-hatian dalam penggunaannya dan juga melakukan beberapa perawatan lain.

Pemakaian kacamata adalah sesuatu yang wajib bagi orang yang dalam kondisi susah melihat atau biasa disebut dengan mata minus. Mata minus bisa saja disebabkan karena pemakain gadget atau laptop yang terlalu sering.

baca juga Cara Mengatasi Mata Minus Pada Anak Dengan Bahan Alami

Tapi tidak bisa dipungkiri, pemakaian kacamata tidak hanya dipakai oleh orang yang mengalami masalah penglihatan saja tapi ada banyak orang yang memakai kacamata hanya karena mau terlihat keren. Apalagi orang yang memakai kacamata diidentik dengan orang yang pintar.

Cara Simpel Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

Anda tidak ingin kan kacamata yang belum lama anda beli sudah rusak atau lecet? Dengan cara di bawah, anda bisa tau cara apa saja yang bisa anda lakukan untuk merawat kacamata anda.

1. Basahkan Lensa Kacamata Dengan Air Hangat

Jika keadaan lensa kacamata sedang kotor, jangan mengelapnya begitu saja. Gunakan air hangat untuk membilasnya karena jika keadaan lensa anda sedang kering, maka debu atau kotoran yang ada pada lensa akan meninggalkan goresan.

2.  Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan kacamata secara rutin bisa menghindari penumpukan kotoran berupa minyak atau keringat di sekitar lensa kacamata. Minyak atau keringat tersebut ternyata mampu merusak lapisan lensa dan menimbulkan korosi di frame kacamata yang terbuat dari metal.

3. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Lensa

Menggunakan cairan khsus adalah penangan terbaik untuk membersihkan lensa kacamata anda. Akan tetapi jika anda tidak memiliki cairan khusus ini, anda bisa menggunakan sabun untuk mencucinya. Pastikan anda memakai sabun yang aman yang berstrektur halus.

4. Jangan Menggunakan Tissu

Tissu terbuat dari bahan dasar serbuk kayu, yang dapat mengurangi kualitas lensa. Gunakan lap khusus untuk membersihkan lensya yaitu microfiber.

5. Gunakan Kain Khusus

Kebanyakan orang mengelap lensa kacamatanya menggunakan kain yang ada di sekitarnya, dan yang paling sering saya lihat orang memakai baju yang sedang dia kenakan. Tanpa mereka sadari hal itu malah akan membuat lensa kacamatanya lecet. Baju atau kain terbuat dari bahan kasar yang dapat merusak lensa kacamata.

6. Jangan Meletakkannya di Atas Kepala

Kebanyakan wanita sering melakukan hal ini. Apakah anda termasuk dari salah satu orang itu? Jika iya hentikan. Karena jika anda menaruhnya di atas kepala, lensa pada kacamata akan tergesek dengan rambut anda. Hal ini juga berlaku jika anda menaruhnya di saku atau di kancing baju anda, karena kain baju anda hanya akan menggesek lensa kacamata anda.

7. Gunakan Kedua Tangan

Banyak orang yang ketika ingin melepas kacamatanya hanya menggunakan satu tangan, karena kata mereka hal itu sangat simpel. Tapi sebenarnya hal itu hanya akan membuat gagang kacamata anda berubah, dan akhirnya anda harus menyetel ulang kacamata anda di optik.

6. Simpan di Tempat Yang Aman

Jangan menyimpan kacamata di dalam tas, di atas meja rias, atau dashboard mobil tanpa perlindungan. Sebaiknya anda menyimpannya di dalam kotak khusus yang diberikan ketika anda membeli kacamata.

 

Sangat simpel cara merawat kacamata bukan? Dengan perawatan yang benar, kacamata anda akan tetap awet dan dengan begitu anda tidak perlu beli kacamata baru lagi.

baca juga : cara memerahkan bibir dengan bahan alami

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

1 Comment

Comments are closed.

error: Content is protected !!