Cara Untuk Mengatasi Kurang Gizi Pada Remaja

 

Cara Untuk Mengatasi Kurang Gizi Pada Remaja

Anak-anak usia remaja saat jaman sekarang, suka pilih-pilih makan dan menolak makan dengan alasan-alasan tertentu. Dia lebih mementingkan kesenangannya dari pada kesehatanya, hal ini tentu dapat mempengaruhi kesehatan tubunya bahkan beresiko terserang berbagai penyakit. Remaja merupakan masa transisi dari masa anak kedewasa, maka itu status gizi diusia remaja sangat perlu di perhatikan.Berikut cara untuk mengatasi kurang gizi

Kurang gizi atau malnutrisi, adalah asupan protein dan nutrisi yang masuk tidak mencapai jumlah yang seharusnya. Remaja dengan pola makan yang kurang baik  dapat dengan mudah mengalamai kurang gizi.

 Penyebab Terjadinya Kurang Gizi Pada Remaja

Nah, berikut beberapa penjelasan terjadinya kurang gizi pada remaja:

      1. Tidak Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting pagi tubuh anda. Dengan itu tubuh kita menjadi segar saat beraktifitas atau saat ke sekolah. Untuk pemenuhan gizi di pagi hari dimana para remaja mempunyai jadwal yang padat di sekolah. Anda harus membiasakan diri untuk sarapan sebelum ke sekolah.Untuk meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Sarapan pagi merupakan pasokan energi untuk otak, agar dapat berkonsentrasi di sekolah.

      2. Kurang Mengkomsumsi Buah Dan Sayur

Remaja pada umumnya, susah  bila di suruh mengkomsumsi buah dan sayur. Pada hal buah dan sayuran mengandung serat, vitamin dan mineral serta senyawa penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu buah dan sayur mengandung serat alami yang muda di cerna, dan tentunya sangat baik untuk kesehatan dan kcerdasan remaja.

     3. Pola Makan Yang Tidak Teratur

Jadwal makan remaja seringkali tidak teratur, mungkin karena banyak aktivitas. Sehingga asupan nutriasinya sedikit dan kurang. Belum lagi dengan remaja putri yang menjaga penampilannya. Takut gemuk sehingga makannya di kurangi. Tentu hal ini menjadi tidak terpenuhinya kebutuhan gizi remaja secara optimal. Padahal tubuh sangat perlu zat gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Akibat dari tidak seimbangnya zat gizi tubuh menjadi rentan terkena berbaga penyakit anemia atau kurang darah.

Berikut masalah gizi pada remaja:

       1. Obesitas

Walaupun kebutuhan gizi remaja lebih besar dari orang dewasa. Kebanyakan remaja yang makannya terlalu banyak melebihi kebutuhannya sehingga menjadi gemuk. untuk melalukan penurunan berat badan anda perlu berolaraga dan pengaturan pola makan yang teratur dan baik.

       2. Kurang Energi Kronis

Pada remaja, badan kurus atau disebut kurang energi kronis tidak selalu berupa aktifitas fisik. Hal tersebut terjadi karena makan yang terlalu sedikit

      3.Anemia

Anemia karena kurang zat besi adalah masalah yang paling umum terjadi terutama pada perempuan. Zat besi di butuhkan untuk pembentukan sel dara merah, berfungsi sebagai  pembawa oksigen. Remaja perempuan lebih banyak membutuhkan zat besi dari pada laki-laki. Agar zat besi lebih banyak tersedia oleh tubuh, maka di perlukan bahan makanan  yang berkualitas tinggi. Seperti pada daging, ikan, ayam dan makan makanan yang bervitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.

 

    4. Keseringan Mengkomsumsi Jajanan Di Sekolah

Remaja seringkali di temui, makan makanan yang buruk seperti jajanan, makanan cepat saji yang sering dijual di sekolah. Belum lagi cemilan yang kurang sehat seperti makanan yang digoreng, makanan yang manis-manis dan sebagainya.

Cara Untuk Mengatasi Kurang Gizi Pada Remaja

Jenis penanganan kurang gizi pada remaja akan di sesuaikan dengan tingkat keparahan, serta ada tidaknya komplikasi yang dialami. Berikut cara untuk mengatasi kurang gizi pada remaja.

     1. Merubah Pola Makan

Cara untuk mengatasi kurang gizi pada remaja adalah dengan memberikan pilihan makanan yang kaya nutrisi setiap harinya. Ahli gizi akan merekomendasikan untuk merubah pola makan yang sesuai dengan kondisi anak tersebut. Seperti menambahkan sumber makanan yang kaya, karbohidrat, protein, lemak, serta mineral.

    2. Pemberian Suplemen Atau Vitamin

Pemberian vitamin yang baik, adalah degan memberikan vitamin yang baik berbentuk bubuk dan tablet. Yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, alangkah  lebih baik segerlah berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan memberikan resep suplemen makanan jenis tertentu. Tergantung dari kondisi kesehatan dan tingkat keparahan gizi pada remaja.

    3. Biasakan Makan Pagi

Bagi remaja makan pagi, dapat memeliahara ketahanan fisik. Sehingga membuat  tubuh kita menjadi segar pada saat beraktifitas. Dan meningkatkan konsentrasi dalam belajar disekolah

   4. Makanlah Makanan Untuk Memenuhi Energi

Setiap orang dianjurkan untuk memenuhi makanan yang cukup kalori (energi). Agar dapat hidup dan beraktivitas sehari-hari. Kelebihan komsumsi kalori akan di timbun. Sebagai cadangan di dalam tubuh yang terbentuk jaringan lemak.

 

Demikian arikel ini saya buat semoga bermanfaat

 

 

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!