Charger HP Cepat Rusak? Ini Cara Simpan yang Benar

Kesel gak sih girl? Charger HP mu gak berumur panjang? Beli belum ada sebulan rusak. Padahal, udah beli yang mahal. Hem … bukan soal murah dan mahal ya? mungkin kamu salah cara menyimpan atau merawatnya. Soal charger memang sepele. Tapi, jika tidak ada benda yang satu ini kamu bakal stres saat battery low.

Apalagi saat dalam perjalanan atau tidak di rumah. Memang sih, power bank bisa jadi penyelamat. Tapi ujungnya kita tetap butuh charger untuk me recharge hp maupun power bank. Jadi, kamu harus hati – hati dengan barang yang satu ini ya! jika kamu tak ingin bolak – balik membelinya. Lalu bagaimana cara merawat charger HP yang benar agar awet?

Cara Merawat Charger HP dengan Baik

1. Tidak membiarkan terus meggantung pada steker

Agar charger berumur panjang, jangan lakukan hal ini. Yaitu terus menggantung nya pada steker usai dipakai. Kebanyakan orang, malas mencabut charger dari steker setelah digunakan. Padahal, hal ini selain berbahaya memicu kebakaran, juga dapat memperpendek umur charger. Mengapa? Sebab komponen di dalam charger bisa lumer dan terlalu panas sehingga kabel cepat putus. Alhasil, chargermu cepat rusak.

2. Menaruh di tempat yang benar

Menaruh charger pada tempat yang benar, menyumbang usia charger berumur panjang. Saat kamu menaruhnya pada tempat yang salah, resiko terinjak atau jatuh semakin besar. Saat charger terlalu sering jatuh, maka komponen di dalamnya juga cepat rusak.

3. Tidak menggulung saat menyimpan

Kebanyakan dari kamu, saat akan menyimpan atau mengemas charger ketika bepergian pastinya menggulung atau melilitkannya ke kepala charger. Nah, hal ini salah loh girl! Dengan melilit kabel seperti itu, maka kabel pangkal akan cepat putus.

4. Tidak meletakkan di atas barang elektronik lain

Dengan menaruh charger di atas barang elektronik lain saat alat itu dalam keadaan on, aka akan membuat charger panas.

Nah, itu dia cara merawat charger HP agar berusia panjang. Jadi kamu harus mengikuti tips di atas ya, agar chargemu awet. Lalu, kamu juga perlu tahu nih bagaimana cara membuang sampah chargermu yang terlampau sering rusak. Ah, tinggal buang aja selesai kok! Eits … jangan lakukan itu, jika kamu ingin bumi ini selamat.

Ternyata, sampah elektronik harus dibuang dengan tepat loh girl! Mengapa? Sebab sampah elektronik dapat membuat pencemaran tanah dan resiko lain jika tidak tepat cara penangannya. Lalu, bagaimana sih cara membuangnya, lakukan hal ini!

Cara Membuang Sampah Charger HP yang Baik

1. Memisahkan dengan sampah lain

Hal ini perlu sekali kamu lakukan. Sebab, jika kamu mencampurnya resiko terbakar dan meledak bisa terjadi.

2. Mengemas dengan benar

Sebaiknya, sampah charger HP kamu kemas sebelum membuangnya. Bagaimana caranya? Gulung kabelnya dan ikat dengan karet gelang agar tidak mudah terlepas. Sehingga tidak memakan tempat.

3. Memasukkan pada tempat sampah berwarna merah

Ketika membuang sampah charger, buanglah padaa tempat sampah yang berwarna merah. Dengan begitu, secara otomatis sampah akan terpisah dengan sampah organik.

Okke girl …! bijaklah dalam menggunakan barang elektronik termasuk charger HP ya! dan bijaklah dalam memperdulikan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Tempat yang tepat tentunya. Dan, bijaklah dalam menggunakan charger ya! agar kamu tidak bolak – balik membelinya. Salam bijak untuk kita semua …!

Baca juga : Merawat kabel data agar tidak cepat rusak dan konslet

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!