Ciri Artikel Bagus Terdapat Pada Hal-Hal Berikut Ini!

Era digital membuat orang-orang semakin tergantung pada gadget. Kebutuhan membaca dan mencari berita bergeser ke website. Bila kamu ingin membuat website, kamu harus tahu ciri artikel bagus.

Tidak hanya untuk website sebenarnya, tetapi lebih luas lagi. Kamu pun bisa memulai debut menjadi penulis lewat sosial media. Lewat caption instagram atau status di facebook misalnya.

Beberapa orang sudah melakukannya lho! Tetapi ingat, tulisan yang dibuat itu tidak sembarangan. Artinya harus mengutamakan kualitas dalam membuat tulisan.

Bila tidak, pembacamu akan kabur dong! Karena tujuan artikel tentu untuk mendapatkan sesuatu. Kalau artikel kosong alias tak bermakna, ya lebih baik tinggalkan saja. Maka kita harus tahu bagaimana tanda dari bagus atau tidaknya sebuah artikel.

Inilah Ciri Artikel Bagus

Semua serba kompetisi. Kalau kalah dalam hal kualitas maka jangan terkejut bila tersingkir. Itulah mengapa ide dan kreativitas selalu dibutuhkan.

Termasuk dalam hal membuat artikel. Menulis itu tak sekadar menulis. Perlu seni khusus untuk melakukannya.

Penulis yang baik harus tahu hal ini. Karena lewat tulisan, seseorang mampu berbicara. Itulah mengapa kualitas tulisan adalah sebuah keniscayaan.  Nah, daripada bingung, akan saya jelaskan ciri artikel bagus. Langsung check it out!

1. Jelas Ada Manfaatnya

Tulisan terbaik itu bila mampu memberi manfaat untuk pembaca. Sekali pun tulisanmu berisi hal receh, asal ada manfaatnya pun tidak apa.

Kamu boleh curhat lewat tulisan. Tapi curhat itu harus berkhasiat. Alias bisa diambil pelajarannya. Itulah mengapa kamu sangat dilarang untuk mengeluh lewat tulisan. Karena isi tulisan sangat tidak solutif.  Pastikan setiap tulisan yang kamu buat bisa diambil manfaatnya. Sedikit apapun manfaatnya itu tetap bagus.

2. Bahasa Mudah Dipahami

Kalau menulis artikel ilmiah, kamu boleh menggunakan istilah-istilah asing yang berhubungan dengannya. Tapi kalau menulis artikel ringan, jangan sekali-kali menggunakan kata yang sulit dimengerti.

Mudah atau tidak dipahami sebuah tulisan salah satunya berasal dari pemilihan diksi. Lalu penggunaan bahasa yang dipilih.

Sesuaikan dengan target pembaca tulisanmu. Kalau target pembaca adalah orang tua, gunakan bahasa formal yang mudah dicerna.

Kalau targetnya anak muda, menggunakan bahasa gaul akan lebih baik. Karena disesuaikan dengan target pembaca.

3. Tidak Bertele-Tele

Ciri artikel bagus selanjutnya ialah yang memilih bahasa sederhana. To the point alias tidak bertele-tele.  Kamu tidak perlu membuat intro yang terlalu panjang lebar. Ini terlalu bertele-tele.

Cukup buat intro singkat tetapi mengena, lalu langsung membahas inti. Begitu saja sudah cukup. Karena sekarang semua serba dinamis. Bila bacaan terlalu bertele-tele, kemungkinan ia hanya akan dilewati.

4. Tulisan yang Mengajak Berinteraksi

Berinteraksi lewat tulisan, apakah bisa? Oh tentu saja bisa. Kamu bisa seakan-akan mengajak pembacamu mengobrol dengan menggunakan tulisan.

Nah, kamu harus memilih kata-kata interaktif. Seperti penggunaan kalimat tanya atau menceritakan pengalamanmu di masa lalu.

Ciptakan sebuah ikatan dengan pembaca. Kini gaya story telling lebih dinikmati. Maka jangan lupa selipkan cerita dalam setiap tulisanmu.

Ayo Mulai Berkarya

Konon, cara mengikat ilmu terbaik ialah dengan menulis. Menulis dan terus menulis. Lalu ketika saya bertanya kepada pakar, bagaimana cara menulis yang baik? Saya mendapat jawaban, yakni dengan terus menulis, menulis, dan menulis.

Menulis itu bukan soal bakat, tetapi keterampilan. Kamu akan makin mahir bila sering berlatih. Tetapi tentu harus dengan modal suka terlebih dahulu ya! Jadi setelah tahu ciri artikel bagus, kamu harus segera membuat artikel-artikel berkualitas ya!

Baca juga : Butuh ide saat menulis? Coba deh lakukan hal ini!

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!