Ciri-Ciri Anda Mengalami Gangguan Jiwa Ringan

Ciri-Ciri Anda Mengalami Gangguan Jiwa Ringan

Sakit jiwa atau gangguan jiwa disebabkan karena faktor fikiran. Terlebih orang dewasa banyak yang mengalami gangguan jiwa ringan. Gangguan jiwa biasa disebabkan karena beban hidup yang terlalu berat. Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa DKI Jakarta Nova Riyanti Yusuf, 1. 57 ribu orang Indonesia menderita gangguan jiwa.

Dan tidak sedikit orang yang mengalami gangguan jiwa ringan. Indonesia termasuk negara dengan jumlah penderita gangguan mental terbanyak, yakni sekitar 57 ribu orang.

Banyak orang yang menganggap stres dan gangguan jiwa itu sama, tapi sebenarnya kedua hal itu berbeda. Tapi kita di sini tidak untuk membahas apa perbedaan itu melainkan saya akan membagikan ciri-ciri bahwa anda mengalami sakit jiwa ringan. Memang belum akut, belum berat. Akan tetapi dalam keadaan ringan. Semoga anda tidak tergolong orang-orang seperti ini.

Ciri-Ciri Anda Mengalami Gangguan Jiwa Ringan

kenali diri anda.Barangkali anda termasuk dalam tipe seperti di bawah ini.

1. Anda Mulai Menarik Diri Dari Kehidupan Sosial

1. Anda Mulai Menarik Diri Dari Kehidupan Sosial

anda lebih suka menyendiri. Mengurung Seorang diri di kamar yang setiap harinya hanya melihat komputer, atau bermain game. Jadi, anda tidak suka bersosialisasi. Tidak suka jalan-jalan dengan teman-teman.

Mungkin kalau anda bekerja di kantor, pekerjaan anda hanya seorang diri di kantor. Anda itu “no social life”. Anda tidak mempunyai kehidupan sosial.  Orang-orang yang biasa masuk ke dalam terorisme itu awalnya adalah orang-orang dengan tipe seperti ini.

2. Sulit Berorientasi Dan Mengalami Ganggguan Alam Pikir

 

Anda terkadang sulit berorientasi dan mengalami ganggguan alam pikir. Misalnya anda kadang lupa dengan nama anda sendiri. Hal ini biasa disebabkan karena anda mengalami beban yang sangat berat, sehingga anda mengingat nama sendiri pun tidak bisa. Jadi apabila disuruh konsentrasi, rasanya berat sekali. Artinya anda mengalami sebuah gangguan alam pikir.

3. Mengalami Penurunan Daya Ingat

Yang ketiga, mengalami penurunan daya ingat. Sudah mulai gampang pelupa. Padahal, usia anda masih muda. Taruh kunci baru sebentar, kemudian lupa. Kalau yang seperti itu masih wajar. Tetapi kalau setiap hari anda menaruh kunci di tempat yang berbeda, anda pasti lupa terus. Jika anda menaruh kunci di tempat yang sama, niscaya anda akan selalu ingat.

Jadi, kalau bisa anda harus menaruh barang di tempat yang sama. Namun jika anda setiap hari menaruh barang yang sama di tempat yang berbeda, pastinya anda akan lupa terus.

5. Mood Sering Berubah-Ubah

Mood Sering Berubah-Ubah

Hal ini banyak dialami banyak orang. Memang kelihatan wajar jika porsinya tidak terlalu sering. Tapi bagaimana jika hal ini sering terjadi secara terus menerus? Sering marah tidak jelas tanpa ada penyebabnya bisa digolongkan ciri-ciri anda mengalami gangguan jiwa ringan.

6. Mengkonsumsi Obat-Obatan Dan Alkohol Dalam Jumlah Yang Tidak Wajar

Mood Sering Berubah-Ubah

Anda sering mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol dalam jumlah yang tidak wajar dan anda mulai suka menjadi pemabuk. Kemudian juga mulai mengkonsumsi obat-obatan yang tidak seharusnya dikonsumsi/yang seharusnya dengan resep dokter.

Contohnya, kita juga banyak perhatikan banyak sekali tokoh-tokoh selebritis di Indonesia yang pada malam hari sering tidak bisa tidur. Hidupnya tidak tenang. Mereka sudah mulai mengkonsumsi obat penenang. Obat tidur yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat itu tergolong obat-obatan narkoba dan psikotropika. Ketika hidup anda tidak rasa senang, maka anda segera mengkonsumsi obat-obatan terlarang itu.

Anda termasuk dalam tipe seperti di atas? emm sebaiknya anda segera konsultasi pada ahli psikologi dan menceritakan semuanya. Saya juga menyarankan agar anda lebih sering melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan sering-seringlah refreshing bersama teman atau keluarga anda.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!