Dampak Positif Disrupsi yang Akan Mempermudah Hidupmu Guys!

Halo, teman-teman apakah sudah tahu tentang disrupsi? Istilah asing memang ya! Tapi dari pengamat ekonomi dan teknologi, istilah itu sudah sangat familiar. Nah, artikel ini akan membahas mengenai dampak positif disrupsi bagi kehidupan.

Bila masih terlalu awam dengan disrupsi, kamu pasti tidak asing dengan kata ‘Uber’. Nah, banyak ahli menilai era uber sebagai permulaan dari disrupsi. Saat uber muncul pun seluruh dunia dibikin heboh.

Saat itu, uber dianggap sebagai Fake Taxi. Karena taksi beroperasi tanpa nama perusahaan dan tanpa atribut yang menunjukkan bahwa ia taksi. Tapi ia benar-benar beroperasi.

Dan mendapatkan keuntungan yang tidak kira-kira. Ini sebuah era perubahan yang begitu besar tetapi tidak disadari.

Inilah Dampak Positif Disrupsi

Disrupsi menimbulkan gejolak luar biasa pada perekonomian global. Ia bisa memberi peluang bagi siapa pun yang mau berubah. Tetapi disrupsi pun menghancurkan siapa saja yang terjebak pada mindset lama.

Satu fenomena besar terjadi karena disrupsi ialah keruntuhan Nokia. Siapa pun tahu Nokia. Sebuah vendor telepon seluler yang merajai pasar bertahun-tahun lamanya.

Pihak Nokia mengungkapkan, bahwa mereka sama sekali tak melakukan kesalahan. Tapi tahu-tahu mereka sudah hancur dan hilang. Tapi ada satu kesalahan yang sejatinya mereka alami.

Yakni Nokia tak mau berpikir lebih maju untuk menantang zaman. Akhirnya perlahan mereka tertinggal lantas hilang. Tapi disrupsi ini memberi dampak positif, terlebih untuk pengusaha-pengusaha baru.

Apa sih dampak positif disrupsi? Simak beberapa poin ini ya!

1. Mempermudah Aktivitas

Kini aktivitas kamu akan menjadi lebih mudah lantaran perkembangan zaman. Atau lebih tepat disebut disrupsi.

Kini semua serba mudah. Mau belanja tinggal membuka marketplace favorit. Tinggal klik, transfer, lalu barang belanjaan sudah datang.

Kini semua sudah dibuat aplikasi. Al-Qur’an digital sudah ada, Mobile Banking, Video Viewer, dan berbagai keperluan lain.

2. Menjadi Pengusaha Tak Butuh Banyak Modal

Kalau dulu ingin menjadi pengusaha, harus punya modal besar dulu. Karena harus membangun pabrik sendiri, mencari karyawan, membeli bahan baku, lalu produksi, belum lagi pemasaran, dan lain-lain.

Jadi jumlah pengusaha hanya bisa dihitung dengan jari. Sedikit sekali karena tanpa modal semua tak bisa terlaksana. Tapi kini tak lagi seperti itu.

Kamu bisa dengan mudah menjadi pengusaha atau bisnis owner bermodal uang sedikit. Atau bahkan tanpa modal. Karena sekarang bisa menjadi reseller atau dropshiper.

3. Bangkitnya Ekonomi Kerakyatan

Dulu bisnis didominasi oleh pengusaha-pengusaha besar. Tapi kini siapa pun berhak memulai bisnis sendiri.
Ini terjadi karena memang perkembangan digitalisasi yang luar biasa. Kini semua bisa dijangkau dengan sosial media.

Pemasaran bisa merambah ke nasional bahkan internasional. Ini bisa menjadi pertanda dari bangkitnya ekonomi kerakyatan. Nah, ekonomi kerakyatan ini kelak menjadi tonggak perekonomian nasional agar pengangguran berkurang.

4. Ekonomi Berkolaborasi

Dampak positif disrupsi selanjutnya ialah ekonomi era saat ini berbasis kolaborasi. Jadi misalnya si A punya sumber daya, demi melancarkan bisnis dengan berkolaborasi dengan si B.

Ekonomi model seperti ini akan mengoptimalkan kinerja seluruh stakeholder. Pun bisa lebih efisien karena bisa menghemat biaya. Jadi dengan begitu daya beli masyarakat akan meningkat.

Ayo Ambil Bagian

Era Uber menjadi ancaman sekaligus peluang bagi beberapa pihak. Hal ini terbukti dengan gulung tikarnya beberapa perusahaan besar. Tetapi berimbas positif bagi pelaku bisnis kelas kecil hingga menengah.

Bila ingin bertahan, memang harus mau menghempaskan mindset lama. Karena pemikiran kuno tidak akan bertahan di era digital.

Semua yang konvensional sudah mulai tertinggal. Kini semua sudah bisa dilakoni dengan lebih efisien. Jadi inovasi dan ide mutlak sangat dibutuhkan.

Itulah dampak positif disrupsi untuk kehidupan kita. Jadi sudah siapkah kamu untuk terlibat?

Baca juga : Langkah sukses yang harus diterapkan jika ingin berhasil

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!