Daun jambu biji kaya akan manfaat Dan Khasiat Loh!

Kaya akan manfaat daun jambu biji masih banyak yang belum tahu. Bagaimanakah dengan anda? Apakah anda juga belum tahu manfaat dari daun jambu biji?

Daun biji sendiri banyak dan mudah ditemui di sekitar kita. Apalagi di daerah pedesaan. Selain buahnya yang kaya akan manfaat dan dapat dijadikan juice, bagian lain dari tumbuhan ini juga bisa dimanfaatkan.

Sebelum kita membahas segudang manfaat tanaman jambu biji terutama daunnya, ada baiknya kita mengenal bagian – bagain dari tanaman ini.

Bagian Daun Jambu Biji Paling Bermanfaat

Berikut adalah bagian – bagian tanaman jambu biji :

1. Akar

Bagian paling bawah yang tertimbun tanah merupakan akar. Akar ini belum ada yang tahu manfatnya. Tapi keberadaan akar itu sendiri penting untuk tumbuhan ini sebagai alat menyerap unsur hara sehinggan tumbuhan biji tumbuh subur.

2. Batang

Bagian batang pohon jambu digunakan oleh penduduk pedesaan untuk membuat perkakas pegangan pisau atau cangkul. Bagian batang pohon jambu umumnya tidak berukuran begitu besar. Warnanya kecoklatan, mudah dikelupas dan licin.

3. Ranting

Ranting merupakan tempat menempelnya daun – daun. Warna dari ranting ini sama seperti batngnya. Namun, ukurannya lebih kecil.

4. Daun

Daun dari pohon jambu berukuran sedang. Tidak terlalu lebar dan tidak terlalu kecil. Terksturnya agak kasar. Daun ini memiliki arona yang khas.

5. Bunga

Bunga jambu berwarna putih dan berukuran kecil – kecil. Putiknya sangat banyak dan aromanya khas. Bukan wangi namun segar.

6. Buah

Buah jambu biji jika sudah matang berwarna kuning terang. Jika belum, berwarna hijau. Baik matang maupun belum matang, buah ini memiliki manfaat masing – masing. Buah jambu yang matang mengandung banyak vitamin C, dari kandungannya ini jelas banyak manfaatnya. Sedangkan buah jambu biji yang belum matang dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai penyembuh diare.

Itulah bagian – bagian dari tumbuhan daun biji. Sekarang, setelah paham bagian – bagiannya kita cari tahu yuk, manfaat daun jambu biji!

Manfaat daun jambu biji, nomor 2 masih jarang yang tahu

1. Sebagai obat diare

Daun jambu biji ternyata bisa mengobati diare loh! Mau tau bagaimana cara menggunakannya? Gampang saja. Begini step nya :

  • Ambil 15 lembar daun jambu biji yang masih muda yang masih berwarna kemerahan
  • Cuci bersih daun tersebut
  • Tumbuk kasar
  • Peras dan saring! Ambil airnya
  • Campurkan sedikit garam dan minum

2. Sebagai obat jerawat

Hem … pasti belum banyak yang tahu nih kalau daun jambu biji bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat sekaligus menghaluskan kulit muka. Bagaimana caranya? Gampang banget gaes…!

  • Ambil pucuk daun jambu bijiyang masih berwarna kemerahan
  • Cuci bersih
  • Tumbuk hingga halus
  • Tempelkan / balurkan pada wajah sebagai masker
  • Tungu agak kering
  • Lakukan proses piling perlahan
  • Bilas dengan air bersih

3. Sebagai pewarna alami pada telur rebus

Apakah anda tahu? Telur bacem mengapa warnanya bisa meresap hingga dalam? Padahal, jika dimasak begitu saja dengan gula warnanya hanya tampak di luar saja. Jadi, rahasianya adalah merebus telurnya menggunakan daun jambu biji. Daun yang digunakan untuk merebus telur ini boleh yang masih muda maupun yang tua.

Bagaimana? Sudah tahu manfaat daun jambu biji? Yuk manfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar! Jadikan tanaman – tanaman ini sebagai penolong pertama sebelum konsumsi obat kimia! Salam sehat untuk kalian semua …!

Baca juga : Manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!