Diet Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi Tercinta

Gerakan diet plastik sedang marak disuarakan oleh para aktivis perduli lingkungan. Lah, diet kok diet plastik sih? Apa maksudnya coba?

Beberapa dari kita mungkun sudah banyak dan sering mendengar istilah ini. gerakan ini sebenarnya bertujuan untuk mengajak orang-orang mengurangi penggunaan kantong plastik yang berpotensi menyebabkan pencemaran.

Akhir-akhir ini, banyak sekali berita mengenai limbah plastik yang menumpuk. Lebih menyedihkan lagi, limbah plastik tersebut menjadi salah satu penyebab banyaknya hewan liar yang mati. Hal ini diketahui karena setelah dilakukan pembedahan, banyak sekali plastik ditemukan di dalam perut hewan tersebut.

Terus, kenapa sih gerakan ini harus terus disuarakan? Emang bahaya ya kalau pakai banyak plastik? Kalau Cuma hewan liar yang mati sih biarin aja lah!

Beberapa tanya dan pernyataan diatas pun muncul di dalam otak kita soal diet plastik ini. Nah, untuk lebih jelasnya yuk kita cari tahu!

Kenali Bahaya Plastik Sebelum Memulai Diet Plastik

Pastinya kita akan marah dan tidak terima ketika disuruh melakukan sesuatu yang sedikit merepotkan tanpa tahu apa manfaatnya. Begitu pula dengan diet plastik ini. maka, tiada salahnya buat kita untuk mencari tahu tentang bahayanya plastik agar lebih mudah bagi kita untuk melakukan gerakan ini dan pastinya tidak lagi merasa terpaksa.

1. Plastik Mencemari Lingkungan

Sadarkah kamu bahwa limbah plastik yang kamu hasilkan setiap hari bisa mencemari lingkungan. Sebagai contoh, plastik yang dibuang sembarangan ke sungai dapat mengakibatkan tersumbatnya air hingga pada musim hujan bencana manjir pun tak terelakkan.

Selain itu, plastik merupakan satu material yang sangat sulit untuk diuraikan. Butuh ratusan tahun bagi sebuah plastik untuk benar-benar terurai secara sempurna. Oleh karena itulah, plastik yang dibuang sembarangan dapat megakibatkan rusaknya ekosistem.

2. Plastik Juga Bisa Memicu Perubahan Iklim

Nah, plastik yang kita gunakan saat ini tentu dibuat di pabrik. Namun, ternyata limbah yang ditimbulkan oleh plastik sudah dimulai sejak awal pertama pembuatannya.bagaimana tidak, ketika proses pembuatan, pabrik menghasilkan emisi karbon yang berpotensi mencemari udara serta menjadikan perubahan iklim karena semakin banyak kandungan karbon dalam udara, akan semakin panas bumi ini.

3. Ternyata Bahaya Juga Buat Manusia

Mengolah kantong plastik ini memang bisa bikin galau setengah mati. Ketika memutuskan untuk membakarnya, plastik akan mengeluarkan gas karbon yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh manusia jika dihirup dalam jumlah banyak. Apalagi jika dibuang sembarangan di sungai atau di tempat lainnya.

Bahkan rupanya, penggunaan plastik yang tidak tepat untuk membungkus makanan pun bisa membahayakan. Ada beberapa jenis plastik yang dengan mudah melepaskan zat racun jika terkena panas. Begitu pula ketika digunakan untuk menyimpan makanan panas.

Tips Diet Plastik Buat Kamu

Sudah tahu kan, betapa berbahayanya jika kita tidak bijak dalam menggunakan plastik. Jadi, kamu mau kan melakukan diet plastik demi menjaga bumi kita tetap indah dan bersih? Yuk, sama-sama lakukan hal ini untuk mengurangi plastik dalam hidup kita

1. Bawa tas belanja

Biasanya kita mendapatkan plastik ketika sedang berbelanja. Agar kamu tidak lagi dapat plastik saat belanja, bawalah tas belanjamu sendiri. Atau kamu bisa memanfaatkan kantong plastik yang sudah ada di rumahmu untuk mengurangi penggunaan plastik baru.

2. Bawa botol dan tempat makan

Usahakan untuk membawa botol dan tempat makan mu sendiri kemanapun kamu pergi. Dengan membawa botol dan tempat makan sendiri, kamu bisa menekan jumlah sampah botol plastik dan tempat makan plastik sekali pakai tiap kali jajan. Selain itu, kamu juga bisa hemat uang kan?

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kau tahu soal diet plastik. Yuk, sama-sama lakukan langkah kecil untuk selamatkan bumi kita bersama.

Baca juga : Belajar disiplin bisa dimulai dari hal sederhana

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

1 Comment

Comments are closed.

error: Content is protected !!