Es Kopi Lebih Sehat Dari Pada Kopi Panas, Benarkah?

Es kopi memang terlihat segar. Apalagi ketika diminum kala matahari terik menyengat kulit. Ah, pasti sangat menyegarkan bagaikan sumber air di tengah gersangnya padang gurun.

Pernahkah terlintas dipikiran kamu, tentang apakah es kopi lebih baik diminum ketimbang kopi panas? Atau sama saja? Nah, agar mengetahui kebenarannya, yuk simak artikel berikut!

Mana yang lebih baik: minum es kopi atau kopi panas?

Sebenarnya, suhu pembuatan kopi sama sekali tidak berpengaruh pada kandungan kopi. Pada dasarnya, secangkir kopi baik panas ataupun dingin tidak mengandung kalori jika tidak diminum dengan tambahan gula ataupun susu. Malah, keduanya juga sama-sama tidak mengandung zat gizi lain baik makro maupun mikro nutrien.

Lantas, bagaimana dengan kadar kafeinnya?

Jika ingin membandingkan mana yang kandungan kafeinnya lebih kuat antara es kopi dan kopi panas, sebenarnya kandungan kafein pada keduanya sama saja.Hal ini dikarenakan, es kopi pun dibuat menggunakan seduhan air panas dan disajikan dengan tambahan es batu.

Walaupun pada dasarnya kandungan yang ada pada kopi yang disajikan panas ataupun dingin sama saja, tetapi reaksi yang ditimbulkan ternyata berbeda. Beberapa perbedaan diantara keduanya, diantaranya.

a. Kopi dingin lebih aman untuk penderita gangguan pencernaan

Kopi dingin diketahui memiliki kadar pH 6,31, lebih tinggi dibandingkan dengan kopi panas yang bersifat asam dengan pH 5,48. hal ini dikarenakan air panas yang digunakan untuk membuat kopi akan mengeluarkan asam lebih pekat dari dalam biji kopi, sedangkan es akan mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya tidak terlalu strong.

Hal ini mengakibatkan kopi dingin lebih aman dikonsumsi oleh penderita gangguan pencernaan, terutama gangguan pada lambung seperti maag.

b. Gak bikin gigi kuning

Baik kopi dingin dan kopi panas sama-sama dapat menjadikan gigi kuning. Hal ini dikarenakan keduanya mengandung tanin (sejenis polifenol). senyawa inilah yang dapat merubah warna gigi putih menjadi kuning. Walaupun demikian, ternyata kopi dingin memiliki efek yang lebih ringan daripada kopi biasa karena lebih sedikit kandungan taninnya.

Efek gigi kuning saat mengkonsumsi kopi dingin semakin berkurang saat meminumnya menggunakan sedotan yang meminimalkan kontak langsung antara kopi dan gigi.

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Terlepas dari cara penyajiannya, kopi itu sendiri pada dasarnya mengandung sejumlah manfaatkopi kesehatan yang baik untuk tubuh. Minum kopi secara teraturternyata diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, depresi, dan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf.

Pada penelitian lain diketahui bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 6% hingga 10%. namun, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat kopi tersebut.

Walaupun belum diketahui apa yang menjadi alasan di balik sejumlah manfaat kesehatan ini, para pakar kesehatan percaya bahwa tingginya kandungan antioksidan, polifenol, dan mineral dalam kopilah yang banyak berperan penting mewujudkannya.

Kopi dingin lebih baik dari pada kopi panas, tapi?

Kopi dingin menjadi pilihan favorit banyak orang untuk melepas dahaga, karena tidak hanya lebih segar namun juga datang dengan beragam rasa tambahan dan variasi cara penyajian yang semakin kreatif di jaman seperti saat ini.

Namun, bahan tambahan dan variasi yang ditambahkan dalam kopi tersebut sebenarnya justru yang membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan bahan tambahan tersebut memiliki kandungan kalori dan berbagai zat gizi lainnya. Jika sudah seperti ini, maka mengkonsumsi kopi dingin tak lagi lebih baik karena justru dapat membahayakan kesehatan.

Untuk dapat meraih semua manfaat kopi seoptimal mungkin, sebaiknya pilihlah kopi hitam tanpa gula dan pemanis lainnya. Baik itu dalam versi es maupun dalam bentuk kopi hangat. Porsinya pun perlu diperhatikan karena terlalu banyak mengkonsumsi es kopi maupun kopi hangat juga dapat membahayakan kesehatan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga : Kopi tradisional khas indonesia yang nikmatnya kebangetan!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!