Family Time Murah Namun Berkualitas

Zaman semakin berkembang.Kesibukan ikut meningkat. Kondisi keluarga tidak lagi seperti dahulu. Komunikasi langsung sudah banyak yang mulai meninggalkan. Digantikan oleh komunikasi melalui gawai. Alat pintar yang dianggap membantu orang tua dan anak saling memperhatikan.Padahal tidak demikian, family time sebagai sarana berkumpul tetap diperlukan. Hubungan jarak jauh menghadirkan psikologis yang berbeda, khususnya pada anak.

Manfaat Family Time

Family time merupakan sebutan keren dari berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Bukan hanya duduk dalam satu meja makan sementara masing-masing sibuk dengan dunianya. Namun, berkumpul dan melakukan kegiatan yang sama. Hati dan pikiran seluruh anggota keluarga menyatu.

Tahukan Anda bahwa family time membawa banyak manfaat? Manfaat yang tidak akan Anda temukan di acara lain, yaitu:

  • Berkumpul dengan seluruh anggota keluarga akan membuat anggotanya semakin akrab. Suami dan isteri akan lebih saling menghargai dan memahami, adik dan kakak akan lebih saling menghargai.
  • Bagi orang tua, melihat anak-anak tertawa dan bahagia merupakan obat penghilang stres. Anak mengalihkan perhatian sejenak dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.
  • Saat berkumpul merupakan ajang berbagi. Cerita yang sebelumnya terpendam akan terbuka ketika keakraban sudah muncul. Anak akan bercerita tentang sekolah dan teman-temannya. Bahkan, cerita yang tidak menyenangkan. Anda juga dapat melakukan hal yang sama pada mereka. Ceritakanlah pengalaman masa kecil yang tidak terlupakan.
  • Saat berkumpul, Anda secara tidak langsung dapat mengajarkan pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai moral. Ini penting, karena nasehat secara langsung tidak disukai anak.
  • Jika Anda mempunyai anak usia sekolah sampai remaja, berkumpul bersama atau tamily time menandakan perhatian pada mereka. Anak akan bahagia dan bangga sekali Anda meluangkan waktu untuk mereka.

Family Time Murah dan Berkualitas

Kebanyakan dari Anda mungkin menganggap family time membutuhkan banyak biaya. Ini karena Anda berpikir, jika ingin menghabiskan waktu bersama anggota keluarga, harus pergi keluar rumah.

Ternyata ada cara lain yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua untuk menghabiskan waktu bersama. Tidak harus keluar rumah dan menguras tabungan, tetapi tetap menyenangkan.

Berikut beberapa acara family time murah dan berkualitas :

1. Bermain Bersama

Buat permainan yang dapat dilakukan oleh semua anggota keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga bermain monopoli atau permainan lainnya yang memerlukan banyak orang. Semua anggota keluarga bermain bersama, baik yang kecil maupun yang beranjak besar. Selain mendekatkan setiap anggota keluarga, permainan mengasah kemampuan anak.

2. Membersihkan Rumah

Jika pada hari-hari biasa hanya ibu ataupun asisten rumah tangga yang melakukannya, maka cobalah sekali-kali untuk mengajak anggota keluarga lainnya. Terlihat sederhana, tapi kegiatan ini selain bermanfaat menjadikan rumah bersih, juga anggota keluarga belajar melakukan banyak hal.

Banyak orang yang tergantung pada tenaga orang lain, bahkan untuk hal kecil. Dengan acara bersih-bersih rumah ini, anak-anak dapat belajar mandiri dan lebih menghargai kerja orang lain.

3. Bercocok Tanam

Bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang pasti disukai anak-anak karena mereka pada dasarnya senang bermain tanah. Saat orangtua mengajak anak bercocok tanam, anak akan belajar banyak hal mengenai tanaman. Selain itu, anak juga menghabiskan waktu dengan hal yang lebih bermanfaat.

4. Memasak Bersama

Ini kegiatan yang jarang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Kebanyakan keluarga hanya mengandalkan ibu yang melakukan kegiatan memasak. Sesungguhnya memasak dapat juga dilakukan oleh anggota keluarga lain, laki-laki maupun perempuan. Memasak bersama sangat menyenangkan. Apalagi jika anak-anak diperkenankan belajar memasak makanan yag mereka sukai dengan bimbingan orang tua.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah. Sederhana dan mendidik, sesuai manfaat family time yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

Baca juga : Anak tumbuh kembang optimal? Lakukanlah tips ini!

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!