Filosofi Rumah Adat Baileo Yang Unik Yang Perlu Diketahui

Filosofi Rumah Adat-Banyak ragam budaya suku di negara kita dan juga nama nama rumah adatnya yang berbeda beda, mulai dari keunikan rumah adat tambi sampai rumah adat lainnya. Masih banyak diantara kita yang belum tahu banyak tentang adat istiadat atau suku di negara kita.

Disini saya akan memberikan sebuah info penting yang akan menjadi pengetahuan baru buat Anda atau generasi kita yang akan datang nanti.

Banyak sejarah yang masih perlu diketahui tentang filosofi rumah adat kita agar tidak usang atau hilang karena tidak dilestarikan dengan baik atau terlupakan.

Salah satunya adalah filosofi rumah adat baileo yang pastinya masih sangat asing ditelinga sebagian orang. Yang ditahu yang sering diucapkan saja bukan, dan itupun yang ada dibagian daerah atau kotanya saja yang ditahu.

Apakah Anda juga tahu tentang keunikan rumah adat honai brainly yang letaknya berada di daerah irian jaya??? Semoga Anda sudah tahu sebelum saya menulisnya yah..! Kalau belum tahu saya juga akan menjelaskan kepada Anda agar pengetahuannya tambah banyak.

Ada satu lagi yang akan saya jelaskan untuk Anda yakni keunikan rumah adat tongkonan yang letak daerah berada di kota tanah toraja atau yang biasa disebut tator.

Satu demi satu saya akan jelaskan untuk Anda tentang ke 3 rumah adat tersebut beserta filosofi apa saja yang ada di dalam rumah tersebut.

Kalau Anda ingin mengetahui info lain bisa juga membaca Cara Menghilangkan Duri Ikan Yang Tersangkut Ditenggorokan

Beberapa Filosofi Rumah Adat Baileo Dan Rumah Adat Lainnya

Dan inilah 3 rumah adat yang memiliki filosofi rumah adat yang unik beserta dengan isinya.

1 .Filosofi Rumah Adat Baileo

Sebelumnya Anda harus tahu dulu dimana letak daerah rumah adat baileo.

Maluku dan maluku utara adalah daerah dimana rumah adat baileo tersebut, lalu apa saja keunikan dari rumah adat tersebut??? Rumah baileo adalah reprentasi orang maluku dan menjadi banyak fungsi yang sangat amat penting bagi kehidupan penduduknya.

Baileo berfungsi sebagai tempat untuk menaruh berbagai benda suci, tempat upacara adat dan juga sebagai balai pertemuan atau balai warga.

2 .Filosofi Rumah Adat Honai

Terbuat dari bahan bahan yang masih alami seperti jerami yang dijadikan atap dan juga batang batang kayu besar sebagai dindingnya dan dirangkai menjadi satu bentuk bangunan rumah yang dimana warga irian menyebutnya honai.

Keunikan dari rumah honai tersebut yakni dari luar kelihatan kecil dan tidak bertingkat tapi kalau sudah berada didalamnya akan terasa besar dan bertingkat.

Tahu tidak apa yang biasanya ada dilantai dua rumah honai tersebut??? Biasanya orang yang telah meninggal dibalsem dan disimpan hingga berpuluh puluh tahun sampai mengering, yang katanya untuk mengenang almarhum.

3 .Filosofi Rumah Adat Tongkonan

Sulawesi selatan adalah daerah kota tanah toraja yang mempunyai rumah adat tongkonan yang mempunyai banyak keunikan yang perlu diketahui oleh orang banyak, salah satunya adalah isi dari rumah dari tongkonan tersebut.

Selain sebagai tempat untuk menaruh padi atau lumbung, rumah tersebut juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat manusia yang belum diacarakan atau dibuatkan pesta.

Itulah keunikan rumah adat baileo berasal dari maliku dan juga honai dan tongkonan yang berasal dari irian dan tanah toraja yang perlu diketahui keunikannya.

Ada juga keunikan rumah adat lamin yang berasal dari kalimantan timur yang keunikannya adalah antara satu dengan yang lain saling sambung menyambung dan memiliki tangga tangga dari batang kayu yang dipahat dan dapat dinaiki.

Keunikan rumah adat baileo, tambi, honai, tongkonan dan lamin adalah salah satu dari banyaknya rumah adat yang perlu dilestarikan budayanya.

You May Also Like

About the Author: alex warae

error: Content is protected !!