Game Kontroversial yang Pernah Ada, Kamu Pernah Coba?

Walaupun kamu bisa dapat berbagai hal positif ketika bermain game, tetapi kamu harus bijak juga saat memilih game yang akan kamu mainkan. Hal ini dikarenakan tidak semua game yang ada memiki konten yang baik. Bahkan ada beberapa jenis game kontroversial yang pernah dirilis lho!

Game-game tersebut mengundang kontroversi karena isinya yang sangat tidak pantas untuk ditonton. Biasanya, game-game ini berisi tentang kekerasan, dan mengandung hal-hal yang dianggap tabu di masyarakat. Hal ini tentu menjadikan masyarakat resah, terutama orang tua yang mengetahui putra-putrinya memainkan game tersebut.

Beberapa game yang mengundang kontroversi ini bahkan pernah dicekal dan dihentikan peredarannya lho! Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lainnya. Nah, pingin tahu game apa saja yang termasuk dalam katagori kontroversial, simak ulasannya!

Game Kontroversial yang Pernah Dirilis

Nah, ternyata, ada beberapa game yang sangat kontroversial yang pernah dirilis dan dimainkan di berbagai belahan dunia. Berikut adalah empat judul game yang ternyata mengundang kontroversi, kamu pernah main

1. Manhunt

Game yang satu ini sangat kental akan adegan kekerasan. Inilah yang menjadi alasan game tersebut dikatagorikan sangat kontroversial. Bahkan kabarnya, game Manhunt ini juga sempat menimbulkan ketidaknyamanan dan kerusuhan di kalangan karyawanyang bekerja pada studio pengembangnya, Rockstar

Games. Kontroversi terhadap game ini pun semakin menjadi-jadi ketika berhembus kabar soal tragedy pembunuhan Stefan Pakeerah yang dikabarkan akibat game ini.

Nah, game ini sendiri merupakan game survival horror yang menjadikan pemain berperan sebagai James Earl Cash. Ia adalah seorang tahanan hukuman mati yang dijanjikan kebebasan oleh seseorang. Agar James dapat merasakan kebebasan, ia harus mengikuti perintah The Director, sang pemberi janji untuk membunuh beberapa orang.

James dalam game Manhunt ini pun dituntut harus bisa membunuh orang-orang tersebut dengan benda yang ada disekitarnya saja. Ngeri ya!

2. GTA (Grand Theft Auto)

Game ini rasanya sudah banyak dikenal orang. Uniknya, game kontroversial ini punya banyak penggemar di kalangan gamers. Pada game ini pemain dituntut untuk melakukan tindak criminal untuk meningkatkan ranking criminal di dunia.

GTA memang sudah jadi langganan game yang dicekal di berbagai negara. Bahkan GTA dinobatkan sebagai seri game paling kontroversial sepanjang sejarah dapam buku Guness World Records lho! Saking kontroversialnya game yang satu ini, pengembangnya yaitu Rockstar Games sudah sering dituntut oleh berbagai pihak karena dianggap bertanggung jawab atas beberapa kasus pembunuhan yang diakibatkan oleh game ini.

3. Postal

Postal adalah game bergenre shooter atau game tembak-tembakan yang dikembangkan oleh studio Running With Scissors. Game ini dirilis pada tahun 1997. Game ini dikenal kontroversial karena isinya yang sangat kental dengan kekerasan. Selain itu, game ini juga dikenal sangat rasis dan satir.

Walaupun demikian, game ini cukup terkenal dan banyak dimainkan lho! Buktinya game ini telah dibuat serialnya dengan judul Postal 2 yang rilis pada tahun 2003 dan pada 2016 dirilis remaster dengan judul Postal Redux.

4. COD MW2

Menurut beberapa kalangan, game yang masih merupakan bagian dari franchise Call Of Duty (COD) ini merupakan salah satu game terbaik. Grafiknya yang memukau dan jalan cerita yang bagus ini membawa banyak sekali pujian pada game COD MW2 ini. walaupun demikian, ternyata game ini juga mengundang kontroversi. Pasalnya dalam salah satu misi opsional ada tajuk “no Russian” dimana pemain harus menembak warga sipil secara membabi buta. Hal ini menyebabkan game COD MW2 pun ditunda perilisannya.

Pilih Hati-Hati

Dikarenakan banyaknya game yang mengundang kontroversi, maka ada baiknya kita selektif ketika memainkan game ya. Jangan sampai game yang kita mainkan justru membawa dampak negatif dalam kehidupan.

Itulah beberapa hal tentang game kontroversial yang pernah dirilis. Semoga dapat menjadi perhatian kita ketika memilih game ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga : Genre game hits era milenial, mana kesukaan kamu?

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!