Hemat Air, Langkah Kecil untuk Menyelamatkan Kehidupan!

Air sudah menjadi kebutuhan mutlak dalam kehidupan manusia. Saat kit ahaus, kita minum air dengan berbagai variasi rasanya. Mencuci baju, mandi, mencuci piring, membutuhkan air. Tak hanya manusia, tanaman dan hewan pun butuh air untuk tetap hidup. Namun, sayangnya hanya adal 1% air dari sekian banyak air di dunia ini yang layak untuk digunakan. Oleh karena itu kita perlu hemat air agar tak kehabisan.

Pada masa seperti sekarang ini, dimana polusi terjadi di mana-mana, termasuk mencemari air, kita perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan air. Sangat dianjurkan untuk tidak membuang-buang air secara berlebihan walaupun kamu merasa bahwa sumber air di daerah tinggal mu berlimpah.

Aksi menghemat air pun kini semakin banyak digalakkan oleh beberapa pihak. Dengan menghemat air, kita tak hanya menyelamatkan kehidupan manusia, tetapi juga seluruh kehidupan makhluk hidup di dunia.

Langkah Hemat Air

Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan air. Tidak sulit, hanya diperlukan kemauan dan kesadaran saja untuk bisa melakukannya.

1. Selalu matikan kran air

Banyak orang sering kali lupa mematikan kran air sesaat setelah digunakan. Apalagi jika kran tersebut digunakan untuk mengisi bak pemnampungan. Biasanya, kamu hanya akan menyalakan kran dan meninggalkannya begitu saja. Seringnya, kamu akan lupa dan pada akhirnya mendapati air dalam bak sudah luber kemana-mana.

Hal tersebut tentu sangat disayangkan ya mengingat ada banyak air bersih yang terbuang sia-sia. Hasilnya, bukan malah hemat, tetapi kamu justru melakukan pemborosan air bersih. Bahkan jika kamu menggunakan air bersih melalui PDAM, tagihan mu juga akan membengkak.

2. Pantau saluran airnya

Saluran air di rumah terdiri dari sambungan pipa-pipa panjang. Apabila telah lama digunakan, risiko kerusakan pun meningkat. Sering kali, kerusakan yang terjadi adalah kebocoran. Kebocoran ini pun tidak selalu terjadi dengan heboh sehingga air didalamnya sampai muncrat keluar. Namun, sering kali kebocoran hanya berupa titim halus yang mengakibatkan air merembes keluar.

Ada baiknya kamu melakukan pemantauan rutin pada saluran aor di rumahmu dan segera memperbaiki jika menemukan erusakan ataupun kebocoran pipa. Walaupun air yang merembes terhitung sangat sedikit,tetapi jika dibiarkan berlarut-larut, sama saja dengan melakukan pemborosan air. Sekali lagi, jika kamu menggunakan air PDAM, tanpa sadar, tagihan mu bisa membengkak.

3. Gunakan secukupnya

Saat melakukan aktifitas yang berhubungan dengan air, usahakan untuk menggunakannya sesuai keperluan saja. Mayoritas orang menyukai aktifitas dengan air yang satu ini. kegiatan membersihkan badan ini pun dianggap sangat menyenangkan. Saking menyenangkannya, banyak orang menghabiskan banyak waktu untuk mandi. Namun, berlama-lama di kamar mandi ternyata merupakan tindakan pemborosan.

Maka, gunakan air secukupnya saja. Jika sudah merasa bersih, segeralah untuk menghentikan aktifitas mandi tersebut. Namun, bagi kamu yang memang sulit menghilangkan kebiasaan lama di kamar mandi, mungkin kamu bisa mencoba memasang shower di kamar mandimu. Penggunaan shower di akamr mandi dianggap lebih hemat dibandingkan mandi dengan cara mengguyur air menggunakan gayung.

4. Pakai keran aerator

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan keran aerator. Aerator merupakan mesin penghasil gelembung udara yang sering digunakan pada akuarium. Dengan menggunakan aerator pada keran, kamu bisa membatasi aliran air pada keran. Akibatnya pengeluaran air pun dapat dikontrol dengan baik.

Dunia Tanpa Air

Pernahkah terbayangkan bahwa sumber air bersih di dunia ini akan habis suatu saat nanti? Bayangkan saja jika kita mensia-siakan air secara terus menerus. Air bersih di dunia ini pun akan secara otomatis cepat habis.

Nah, bisakah kamu bayangkan bagaimana sulitnya kehidupan tanpa air bersih? Agar hal itu tidak cepat terjadi, maka sangat penting bagi kita untuk melakukan penghematan. Dengan menghemat air, sudah jelas kita akan dapat menyelamatkan kehidupan di dunia ini. tak hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk banyak sekali makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Jadi, mari hemat air mulai dari diri kita sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Cara merawat chainsaw atau gergajih mesin agar awet

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!