Hemat Listrik Bikin Kantong Aman Tiap Bulan, Begini Caranya!

Bagi kamu yang sudah berumah tangga, kamu pasti lebih memperhatikan pengeluaran mu setiap bulan. Kebutuhan yang semakin banyak, biaya hidup yang mahal menjadi alasan kamu buat berhemat. Kamu pun akan mencari cara untuk menghemat segala hal termasuk hemat listrik.

Yap, rasanya saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan untuk setiap orang. Setiap hari kita membutuhkan penerangan dari lampu yang dinyalakan oleh listrik, charger handphone, menyalakan televisi, bahkan menanak nasi pun menggunakan listrik. Maka, keberadaan listrik di rumah tangga pun rasanya menjadi suatu kewajiban. Namun, sering kali tagihan listrik tiap bulan menjadikan kita pusing karana sering kali tak sesuai perhitungan.

Kalau sudah begini, kita pasti akan kembali memutar otak untuk menghemat listrik agar tagihan tak lagi membengkak. Sebenarnya, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan listrik tiap bulan. Yuk simak!

Hemat Listrik dengan Menggunakannya Seperlunya

Mungkin ini jarang disadari ya. Sering kali kita menyalakan alat-alat elektronik walaupun tidak digunakan. Speperti misalnya televisi yang terus menyala walaupun kita tidak menontonnya dan justru melakukan aktivitas lain seperti menelpon atau ngobrol dengan anggota keluarga lainnya.

Tanpa kamu sadari hal-hal semacam itu bisa membuat pemakaian listrik membengkak. Jika ini terjadi terus menerus, ya pantas saja jika tiba-tiba tagihan listrik menjadi sangat besar. Solusinya, ingatlah untuk menggunakan peralatan elektronik sesuai dengan kebutuhan. Segeralah matikan peralatan elektronik apabila ingin melakukan aktivitas yang lain.

Beralih ke Lampu LED

Kini, ada sebuah teknologi lampu yang disebut dengan LED. Lampu jenis ini dikenal dengan keunggulan hemat penggunaan daya listrik. Dengan menggunakan lampu LED tagihan listrik yang membengkak dapat dihindari.

Tak perlu takut jika menggunakan lampu LED cahaya yang dihasilkan tidak seterang lampu dengan watt biasa. Lampu LED juga punya kualitas penerangan yang sama dengan lampu biasa dengan penggunaan daya yang lebih sedikit. Namun, untuk mendapatkan lampu LED saat ini kamu harus merogoh kantong cukup dalam karena saat ini lampu LED memiliki harga cukup tinggi.

Jangan Lupa Untuk Mencabut Colokan dari Saklar

Hal sepele yang sering diabaikan orang! Jika kamu punya kebiasaan meninggalkan charger tetap menancap di saklar setelah digunakan, segeralah untuk merubah kebiasaan tersebut karena adapat menyebabkan tagihan listrikmu membengkak.

Tahukah kamu bahwa colokan yang dibiarkan terus menempel pada saklar tetap akan dialrii arus listrik walaupun peralatannya berada dalam keadaan mati? Akibatnya, listrik akan terbuang sia-sia. Maka, segeralah mencabut colokan listrik jika sudah tak lagi digunakan.

Matikan Lampu!

Kebiasaan terus menyalakan lampu adalah kebiasaan pemborosan yang tidak mendukung gerakan hemat listrik. Dengan terus menyalakan lampu, apalagi di siang hari, berarti kamu juga menggunakan listrik terus menerus. Oleh karena itulah, nyalakan lampu hanya pada malam hari.

Apabila rumah mu terasa gelap walaupun di siang hari, cobalah untuk memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan. Bukalah candela dan pintu rumahmu. Biarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumahmu. Selain menjadikan rumahmu terang di siang hari, membuka candela dan pintu juga akan menjadikan rumahmu sehat karena sirkulasi udaranya menjadi lebih baik.

Pada malam hari, kamu juga tak perlu menyalakan semua lampu. Matikan lampu-lampu di ruangan yang tidak digunakan untuk menghemat penggunaan listrik mu.

Gunakan lemari es dengan bijaksana

Jika kamu punya lemari es di rumah, sebaiknya jangan menyalakannya setiap saat karena lemari es menyerap cukup banyak energi listrik. Jika tidak ada hal yang perlu dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya matikan saja agar penggunaan listrik tidak membengkak. Selain itu, jangan menyetel kulkas terlalu dingin, karena semakin dingin, energi listrik yang digunakan pun akan semakin besar.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu ingat untuk melakukan gerakan hemat listrik di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Agar kuliah menyenangkan, lakukan hal-hal ini gusy!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!