Hobi Bercanda Boleh Saja, Tapi Jangan Berlebihan Ya!

Kalau sedang kumpul dengan sahabat, rasanya tidak lengkap jika si hobi bercanda tak hadir. Kamukah si hobi bercanda itu?

Sebenarnya bercanda tidak ada salahnya. Justru dengan bercanda kamu dapat menghidupkan suasana yang mati. Bercanda juga dapat kembali menyegarkan perasaan setelah penat dengan berbagai tekanan kehidupan.

Dengan bercanda pun, kamu akan lebih mudah bergaul dan akrab dengan seseorang, bahkan orang asing sekalipun.

Namun, ternyata bercanda juga bisa menjadikan orang tak nyaman ketika ada di sekitarmu. Nah, bagi kamu yang gemar sekali bercanda ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum bercanda mu justru menjadikan mu ga asyik di hadapan teman-temanmu.

Hobi Bercanda Juga Ada Batasnya

Walaupun bercanda bisa menjadikanmu lebih rileks dan jauh dari stres, tetapi tidak semua hal bolah kamu jadikan bahan candaan. Ingat! Bercanda juga ada batasnya dan jangan berlebihan. Jangan sampai tujuan bercandamu untuk mencairkan suasana justru berbalik menjadikan suasana semakin tegang karena kamu kelewat batas.

Saat Bercanda Kamu Juga Harus Paham Suasana

Sekali lagi, bercanda memang bisa menjadikan suasana yang tegang jadi mencair dan lebih rileks. Namun, kamu tidak boleh bercanda sembarangan.

Lihatlah situasi di sekitarmu. Jika situasi sedang serius dan fokus, jangan sekali-kali kamu bercanda di tengahnya. Dengan melontarkan candaan saat situasi sedang serius, visa jadibkamu justru akan dibenci oleh sahabatmu dan menjadikan suasana kacau balau.

Sesuaikan Dengan Suasana Hati Lawan Bercanda

Sebagai seorang yang humoris dan gemar bercanda, kamu juga harus bisa membaca suasana hati lawan bercandamu. Kamu harus jeli melihat apakah ia sedang sedih, senang, marah atau gembira?

Jangan sekali-kali kamu melontarkan candaan pada mereka yang sedang sedih karena justru akan memperburuk suasana hatinya. Apalagi kamu bercanda dihadapan seorang yabg srdang marah, bisa jadi kamu justru menerima bogem mentah darinya.

Jangan Menyakiti Hati Orang

Saat bercanda ingatlah untuk jangan berlebihan. Candaan yang bsrlebihan bisa jadi justru akan menyakiti hati orang lain. Hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan mengingat tujuan bercanda sebwnarnya adalah justru untuk menghibur, bukan menyakiti.

Saat bercanda, kamu juga tidak boleh egois. Kamu juga harus memikirkan perasaan lawan bercandamu. Apalagi, jika candaan yang kamu lontarkan bersifat sensitif. Bisa-bisa kamu justru akan dibenci dan dijauhi. Intinya, jangan bercanda berlebihan, apalagi sampai menyakiti hati orang ya!

Perhatikan Lawan Candamu

Kamu boleh bercanda dengan siapa saja. Namun, ingatlah untuk menyesuaikan bahan candaan mu dengan lawan bercanda. Tentunya akan berbeda ketika lawan bercandamu adalah sahabat sebaya dan ketika lawan bercandamu adalah orang tua.

Saat bercanda dengan orang tua, kamu juga harus tetap mempertahankan sikap sopan santun. Jangan sampai candaanmu mengesankan kamu adalah seorang yang tidak tahu adab dan sopan santun ya, karena walau bagaimanapun kita harus tetap menghormati orang yang lebih tua.

Kesimpulannya adalah, tidak salah saat kamu ingin bercanda dengan orang-orang disekitarmu. Apalagi jika tujuannya adalah agar lebih akrab dan suasana lebih cair. Itu merupakan sebuah nilai tambah buat kamu yang humoris.

Namun, jika kamu sering bercanda kelewat batas, kamu perlu berhati-hati. Segeralah perbaiki hal tersebut sebelum bercanda berlebihan mu justru menjadi bumerang yang menyerang mu. Ada baiknya kamu mulai belajar memahami orang-orang di sekitarmu saat hendak memulai candaan. Selain itu, kamu perlu memperkuat pengendalian dirimu agar tidak berlebihan.

Jadi, buat kamu yang hobi bercanda, yuk kendalikan diri agar candaan dan keceriaanmu selalu ditunggu orang-orang di sekitarmu. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Bahaya membentak anak yang berdampak pada psikis anak

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!