Jaket Kulit Asli, Jangan Membeli Sebelum Mengetahui Ciri-Ciri Ini!

Fashion busana terus berkembang. Setiap hari selalu ada saja yang baru. Bisnis di bidang ini bersaing ketat. Namun, ada beberapa busana segala zaman. Sejak zaman dahulu hingga sekarang selalu ada. Salah satunya jaket kulit asli. Jaket dari bahan kulit mempunyai penggemar tersendiri meski harganya tergolong mahal.

Kelebihan Jaket Kulit Asli

Jaket kulit biasanya terbuat dari kulit sapi atau kulit kambing. Telah disebutkan bahwa meski tren fashion selalu berubah, jenis jaket ini tetap laris di pasaran. Harga yang tergolong tinggi tidak membuatnya kehilangan penggemar.

Mengapa demikian? Tentu saja disebabkan jaket berbahan kulit asli mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

1. Tahan Angin

Jaket ini sangat cocok digunakan oleh pengendara motor, apalagi anak-anak yang sering berdiri di depan. Sifatnya yang cukup tebal, sesuai sifat kulit sapi dan kambing membuatnya tahan terhadap angin.

2. Daya Serap Keringat Baik

Tentu saja kulit asli meski sudah tidak bersatu lagi dengan tubuhnya tetap mempunyai sebagainya sifatnya. Nah, kulit ini tidak seperti bahan parasut atau Polyester. Bahan kulit sangat menyerap keringat. Anda akan nyaman memakainya. Bau yang diserap juga tidak akan keluar dan mengganggu orang lain. Apalagi membuat si pemakai kehilangan kepercayaan diri.

3. Daya Tahan Tinggi

Jika dirawat dengan baik, jaket akan tahan lama. Jaket ini tidak dapat dicuci seperti pakaian lain. Sabun cuci yang digunakan adalah sabun khusus bahan kulit. Mencuci bahan kulit juga tidak boleh dimasukkan dalam mesin cuci.

Sementara untuk perawatan sehari-hari Anda tidak perlu sering mencuci. Cukup oleskan minyak kelapa atau minyak untuk bahan kulit dia seluruh permukaannya.

4. Pas untuk Segala Suasana

Jaket dari bahan kulit pas untuk segala suasana. Modelnya sederhana, dapat Anda pakai saat santai atau saat acara formal.

Jaket ini juga dapat Anda gunakan saat cuaca panas atau dingin. Saat puasa panas jaket akan menyerap keringat lebih baik. Sedangkan saat cuaca dingin, jaket akan menghangatkan tubuh.

5. Modelnya Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Pernahkan Anda memperhatikan model dan warna jaket dari kulit sapi atau kambing? Anda akan menemukan modelnya dari zaman dahulu hingga kini tidak berbeda jauh, variasi pada bentuk kerah, kantong, dan bagian penutup.

Warna jaket paling banyak seputar hitam dan coklat. Meski ada warna lain, seperti merah dan biru, sangat jarang di pasaran.

Dengan model dan warna yang demikian, jaket tidak pernah ketinggalan zaman. Jaket dapat diwariskan ke anak. Jaket yang mahal sesuai dengan manfaat yang diberikan.

Cara Memilih Jaket Kulit Agar Tidak Tertipu

Jaket yang asli berasal dari kulit sapi dan kambing membuatnya sulit tetapi harganya sesuai dengan prosesnya. Harga yang mahal membuat banyak orang tertarik untuk berjualan jaket ini. Namun, tidak semuanya berniat baik. Ada saja pedagar yang ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya dengan menjual barang palsu atau kw berkedok asli. Anda yang tidak memahaminya mungkin dapat tertipu.

Sepintas, jaket asli dan palsu tidak terlihat bedanya. Namun, Anda dapat memperhatikan ciri-ciri berikut agar tidak tertipu.

1. Aroma

Jaket asli dari kulit hewan ayomanya khas. Sesuai hewan asal kulit tersebut. Jaket yang palsu atau bahan campuran tidak akan mengeluarkan aroma yang sama.

2. Tidak Kaku

Jaket yang agak kaku ketika dipegang biasanya terbuat dari bahan kulit campuran dengan bahan viena. Viena memang sepintas sangat mirip dengan kulit kambing. Kebalikannya, bahan kulit kambing dan sapi yang dijadikan apakaian akan terasa lembut jika dipegang.

3. Tidak Melar

Cobalah tarik sedikit bahan jaket yang Anda akan beli. Jika kulit terasa melar, seperti bahan katun strech atau jeans berati bukan kulit asli.

4. Tidak Berat

Sudah disebutkan bahwa jaket asli dari kulit nyaman dipakai. Jaket ini tidak berat. Meski demikian, bahan kulit sapi akan lebih kaku dan berat dibandingkan kulit kambing.

5. Tidak Mengkilap

Sepintas, bahan yang mengkilap terlihat mewah. Jangan tertipu, jika Anda membeli apapun dari kulit asli warnanya tidak akan mengkilap. Warna yang mengkilap menandakan bahwa jaket dari bahan campuran atau kualitas nomor 2.

6. Model Sederhana

Bahan kulit sebenarnya sulit untuk dijahit. Oleh karena itu dibuat sesedikit mungkin sambungan dalam modelnya. Itu sebabnya model jaket cenderung lebih sederhana. Jaket dengan model variasi dan banyak detail biasanya bukan dari kulit asli.

Sekian posting kali ini tentang jaket kulit asli dan cara memilihnya agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Beli produk lokal yuk, kualitasnya tak kalah keren kok!

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!