Jenis Buku Bacaan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidupmu

Siapakah yang suka membaca disini? Membaca itu tak sekadar membaca lho! Tapi kamu harus menentukan jenis buku bacaan yang tepat.

Salah-salah justru kamu malah mendapat pemahaman salah. Kan sayang sekali bila itu terjadi. Niatnya mau mencari ilmu eh malah salah jalan.

Oleh karena itu, kita harus jeli dalam memilih bacaan. Dan lebih baik bila membaca buku saja ya! Bukan sekadar membaca berita di sosial media.

Apalagi bila sumber berita itu tidak jelas. Nanti malah kamu akan termakan hoax. Kan bisa menjadi masalah. Nah, kali ini saya akan berikan beberapa jenis bacaan yang bagus untuk dibaca. Ya lumayan untuk menambah kapasitas otak begitu. Hehe.

Jenis Buku Bacaan Terfavorit

Buku bacaan tidak boleh macam-macam. Terkadang penulis tak selalu berpandangan lurus. Bisa jadi ia menyebarkan nilai negatif dari karyanya.

Kamu tidak boleh membaca buku dengan kriteria seperti itu. Karena bisa menjadi racun yang bisa menggerogoti akal sehat.

Tapi, pastikan pilih buku bacaan berkualitas sehingga kamu bisa lebih baik dalam memilih jalan hidup. Tidak jarang orang mendapat insight bagus setelah membaca sebuah buku. Nah, tanpa perlu berlama-lama, simak beberapa jenis buku bacaan di bawah ya!

1. Buku Kisah Hidup

Kisah hidup orang inspiratif selalu menjadi lahan bisnis para penerbit. Apalagi bila orang inspiratif ini telah dikenal banyak orang.

Misalnya kisah hidup Dahlan Iskan dalam buku Sepatu Dahlan. Atau kisah Merry Riana dalam buku Mimpi Sejuta Dollar. Nah, buku-buku semacam ini boleh kamu jadikan buku bacaan.

Tentu ada nilai-nilai positif dari kisah hidup para tokoh tersebut. Dan barangkali kamu bisa mengambil hikmah hidup dari kisahnya.

2. Buku Motivasi

Terkadang hidup terasa hampa. Seakan kamu perlu untuk ditabok agar kembali semangat. Nah, satu cambuk untuk itu adalah buku motivasi.

Ada berbagai buku motivasi di toko buku. Kamu tinggal pilih salah satu. Atau bila bingung, kamu bisa mencari resensinya di website.

Terdapat banyak rekomendasi buku motivasi bagus. Pastikan kamu memiliki minimal satu, dua, atau tiga ya! Hehe.

3. Novel Inspiratif

Novel itu tidak selalu hanya untuk hiburan kok! Kamu pun bisa memperoleh nilai positif hidup dari novel. Tapi kamu harus pilih-pilih ya!

Novel rekomendasi Indonesia bagus salah satunya milik Tere Liye. Yang bagian Serial Anak-Anak Mamak. Nilai-nilai positif kehidupan bisa kamu temukan dari situ.

Terlebih dari nilai kesederhanaan dan kekeluargaan. Kalau ingin mencari novel lain, perhatikan apakah novel itu best seller.

Novel best seller kemungkinan memiliki jalan cerita bagus. Dan tentu saja inspiratif. Jadi tinggal pilih saja deh!

4. Buku Parenting

Bagi kamu orang tua muda nih, sangat penting untuk memilih jenis buku bacaan satu ini. Karena mendidik anak itu urusan genting.

Bila gagal, sulit untuk diperbaiki. Mendidik anak itu tidak ada remidi. Jadi kamu harus menanganinya betul-betul. Jangan sampai salah. Makanya buku parenting wajib untuk kamu miliki.

Ayo Segera Koleksi

Jangan hanya mengoleksi baju, tas, atau sepatu saja lho! Kamu wajib banget untuk mengoleksi buku.  Ilmu-ilmu itu harus diikat. Bila tidak, nanti bila rontok satu per satu. Nah, satu cara untuk mengikat banyak ilmu ialah dengan membaca. Sesering mungkin semakin bagus.

Kalau membaca saja tidak mau, maka darimana lagi kamu bisa belajar? Apalagi bila kamu sudah lulus sekolah atau kuliah.

Maka jangan lupa untuk menambah jenis buku bacaan di atas ya! Minimal satu bulan sekali lah. Supaya otak terus terupgrade.

Baca juga : Cara mengoleksi buku agar kamu tidak mendadak bokek

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!