Jenis Jenis Cabai Sesuai Level Pedasnya, Berani Coba?

Hot hot hot …!!! siapa nih diantara kalian yang doyan makan pedas? Di mana ada sambel pokoknya wajib dia cicipi. Restorant yang berlable pedas pasti langsung dijajal. Hayo siapa? Ngaku deh!!! Oke fix, sambel memang pembangkit selera makan bagi pecintanya. Makan tanpa sambel katanya bak sayur tak bergaram. Hambar …! lucu juga ya, penikmat pedas gak tau jenis jenis cabai. Yuk kita cari tahu!

Untuk mengetahui jenis jenis cabai kalian tak harus terjun langsung ke ladang tanaman cabai. Nanti jadi cabe deh …! ups, capek deh! Kalian cukup pergi ke pasar dan menuju di mana penjual cabai berada. Biasanya, penjual cabai tidak hanya menyediakan satu macam cabai saja. Meeka akan menjual berbagai macam jenis cabai di lapaknya. Sebab, pembeli memiliki kecintaan masing – masing terhadap cabenya.

Jenis jenis Cabai dan Tingkat Pedasnya

1. Cabai besar hijau

Cabai ini memiliki rasa yang tidak begitu pedas. Hampir sama dengan rasa paprika. Jadi, saat digunakan untuk sambel cabai ini kurang begitu hot. Biasanya orangmenggunakan cabai ini untuk tambahan sayur.

2. Cabai besar merah

Cabai besar berwarna merah juga memiliki level pedas hampir sama dengan cabai besar merah. Bedanya hanya pada warnanya. Namun, cabai jenis ini cocok untuk membuat sambel balado karena warnanya yang menarik.

3. Cabai merah kriting

Jenis cabai yang satu ini memiliki level pedas sedikit di atas cabai besar merah. Sehingga cocok dijadikan sambal. Bentuknya sendiri lebih kecil dari cabai besar merah dan agak keiting. Permukaan kulitnya begelombang.

4. Cabai rawit

Kecil – kecil cabai rawit. Ini sesuai dengan istilah yang sering dilambangkan dengan kehebatan seseorang. Nah, jadi cabai rawit ini meskipun berukuran kecil tapi level pedasnya cukup tinggi.

5. Cabai setan

Nah, ini rajanya cabai hih. Rasa pedasnya mengalahkan rasa pedas dari cabai rawit. Itu mengapa cabai jenis ini disebut cbai setan. Karena pedasnya setan banget. Ukuran cabai ini sedikit lebih besar dari cabai rawit dan memiliki warna oren saat mendekati matang.

Jadi guys, cabai itu banyak macamnya ya. Kalian harus sesuaikan dengan level pedas yang pas. Sekalipun sambal sebagai pembangkit selera makan, namun kamu tak boleh berlebih mengkonsumsinya sebab akan berakibat diare.

Nah, setelah intip jenis jenis cabai, sekarang kita jodohkan cabai dengan olahan sambel yuk! Siapa tahu langgeng rasanya!

Olahan Sambel Sesuai Jenis Jenis Cabai

1. Sambel trasi hijau

Sambel trasi memang ada beberapa macam, yang akan kita kulik adalah olahan sambel trasi hijau. Nah, untuk membuat sambel yang satu ini cabai rawit yang masih hijaulah jodohnya.

2. Sambel tomat

Sambel tomat memiliki ciri khas tidak terlalu pedas. Jadi, cabai yang pas untuk membuat sambel iini adalah cabai merah kriting.

3. Sambel bawang mentah

Olahan sambel bawang mentah sering disebut sambel korek. Sambel ini jodohnya juga cabai rawit. Ye … rawit memang juara ya.

4. Sambel petir atau gledek

Ini dia sambel yang sedang tren digunakan di warung – warung makan. Sambel gledek. Biar rasanya menyambar hingga ke ubun – ubun, jodoh cabainya adalah cabai setan.

Hem … jadi ngiler dan pengin makan nih ngomongin sambel. Jadi itu ya guys, jenis jenis cabai yang bisa kamu olah menjadi sambel lezat. Mulai sekarang, bagi kamu yang doyan makan sambel coba kreasikan sendiri sambelmu! Selamat makan …!

Baca juga : Manfaat buah naga bagi ibu hamil seperti ini toh!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!