Kebiasaan Buruk Makan yang Harus Segera Ditinggalkan

Hidup untuk makan atau makan untuk hidup? Sebuah pertanyaan yang seringkali kita dengarkan. Jawabannya relatif, tergantung prinsip hidup orang. Tapi kalau urusan makan, ada kebiasaan buruk makan yang harus ditinggalkan.

Hal baik selalu dimulai dengan niat baik. Maka pertama yang harus diperbaiki ialah niat. Niatkan makan ini untuk mencari keberkahan hidup.

Bila anda tidak makan, mana bisa anda beredar di muka bumi untuk mencari rezeki? Mana bisa anda mengabdi untuk negeri?

Mana bisa pula anda mencari ilmu tanpa memperhatikan dari sisi makan? Maka mulai sekarang cara makan harus dibenahi agar kita tetap sehat dan lancar beraktivitas.

Hempaskan Kebiasaan Buruk Makan

Untuk memulai hal baik, pertama kali harus mau menghempaskan kebiasaan buruk. Terutama untuk hal makan. Karena tanpa makan, kita tidak bisa hidup.

Lantas kebiasaan buruk makan apa saja yang harus kita hempaskan? Simak di bawah ini ya!

1. Makan Terlalu Cepat

Ini nih kebiasaan makan banyak orang yakni terlalu cepat. Saking cepatnya seperti sedang diburu penagih utang.

Cepat banget. Satu piring bisa dimakan dalam 5 menit kurang. Padahal kebiasaan ini tidak bagus lho karena akan membebani organ pencernaan.

Sebaiknya anda mengunyah makanan secara maksimal saat di mulut. Dengan begitu tugas lambung dan usus bisa lebih ringan. Sehingga organ pencernaan lain bisa lebih sehat.

2. Makan Tidak Teratur

Kebiasaan buruk makan selanjutnya ialah makan tidak teratur. Banyak sekali orang masih melakukan kebiasaan ini. Yang tentu saja mengatasnamakan berbagai alasan.

Makan tidak teratur sangat berbahaya lho! Bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti maag dan tifus. Dan lebih parah lagi, keduanya bisa berakibat pada kematian. Bila anda ingin hidup lebih berkualitas, pastikan makan secara teratur ya!

3. Sering Melewatkan Sarapan

Kebiasaan satu ini sering sekali dilakukan oleh orang Indonesia. Meski dibilang sepele, sarapan itu penentu kelancaran hari lho!

Ketika anda tidak melewatkan sarapan, maka mood akan selalu on. Anda bisa melakukan segala aktivitas dengan lancar. Was wus tanpa gangguan.

Tapi kalau tidak sarapan, hawa tak bersemangat akan terpancar. Dan mood bisa seketika hancur sehingga hari produktif hanyalah fiktif.

4. Tidak Suka Sayuran

Siapa disini yang suka sayuran? Selamat, anda adalah orang beruntung karena masih banyak banget orang yang tak suka makan sayuran.

Padahal manfaatnya segudang. Tapi mengapa sih kok banyak yang tidak menyadarinya? Sayuran bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan lezat lho! Coba pelajari deh pasti lama-kelamaan bisa jatuh cinta dengan sayuran.

5. Makan Terlalu Malam

Kebiasaan terakhir ialah makan terlalu malam. Sudah makan tidak teratur lalu suka makan terlalu malam lagi. Hai, apa kabar badan?

Kasihan benar nasib si badan ini. Makan terlalu malam tak baik buat kesehatan. Karena malam ialah waktu si organ untuk beristirahat.

Lalu tegakah anda membiarkan organ pencernaan kerja lembur karena anda makan terlalu malam?

Yuk Mulai Berubah

Berubah itu dari diri sendiri. Mau sekencang apa orang memberitahu mengenai ini tapi kalau anda tak sadar sendiri ya semuanya percuma.

Kalau anda ingin memiliki umur panjang, pasti perlahan anda akan paham pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan.

Makanan ibarat oli. Tanpa kehadirannya, tubuh tidak bisa digunakan untuk bekerja dan melakukan aneka aktivitas.

Jadi kalau mau tetap produktif dan melakukan berbagai kegiatan positif, ayo mulai berubah. Mari ubah kebiasaan buruk makan dan menggantinya dengan cara baik. Salam perubahan!

Baca juga : Makanan cepat saji olahan yang sehat untuk tubuh

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!