Kecanduan Game Online dan Akibat Fatal Yang Ditimbulkan

Hello guys, tahukanh kalian? Di era 90 an anak – anak seusia kalian sama sekali tak mengenal gadget loh. Kok bisa? Emang asyik ya hidup tanpa gadget? Teru ngegame nya gimana? Itu sih pertanyaan dari kaliah yang sudah terlanjur kecanduan game online maupun of line. Buktinya mereka asyik – asyik aja tuh pada zamannya.

Lalu, apa yang mereka lakukan untuk mengisi luang usai sekolah atau bermain usai sekolah? Ini dia sederet mainan jadul yang gak bikin kecanduan.

Game Jadul Tanpa Efek Kecanduan Game

1. Gobak sodor

Gobak sodor merupakan permainan tradisional yang dilakukan secara team. Jadi, satu team minimal harus ada 3 anak. Mainan ini dahulu sangat digemari. Bahakan mainan ini sekaligus sebagai olahraga. Selain dapat asyiknya, kita juga dapat sehatnya loh. Lain dengan kamu yang kecanduan game online. Game online hanya dilakukan dengan duduk bahkan tiduran saja.

2. Petak umpet

Anak zaman era 90 an, getol banget melakukan permainan ini. Ternyata, selain menjadikan kita sehat karena harus berlari mencari tempat persembunyian ternyaman, petak umpet bisa juga mengasah otak anak loh. Dengan mencari di mana lawannya bersembunyi, dia melatih tak tik pada otaknya. Game ini juga tidak memberi efek kecanduan game.

3. Game boot

Adapun mainan yang agak modern di aman dahulu adalah game boot. Game boot itu seperti tabletnya anak sekarang. Namun menunya hanya satu, yaitu menumpuk kotak – kotak dengan sempurna melalui tombol yang tersedia. Layarnya pun masih hitam putih sehingga aman di mata anak.

4. Kasti

Permainan ini juga cukup digemari oleh anak – anak zaman dahulu. Permainan yang dilakukan secara beregu ini seringkali dimainkan pada saat jam olah raga di sekolah. Namun, tak jarang juga anak – anak melakukannya di rumah mereka karena permainan ini memang asyik. Selain asyik, permainan kasti juga melatih motorik anak dengan memukul bola dan berlari.

Itulah game di masalalu yang tidak mengakibatkan kecanduan pada anak. Adapun mereka bermain sampai lupa waktu teman yang lain pasti akan mengingatkan. Sebab, mereka tidak bermain sendirian. Tidak seperti game online seperti sekarang ini yang seringkali berakibat fatal. Apa saja akibat fatalnya? Yuk intip ngeri poin di bawah ini!

Akibat Fatal Kecanduan Game Online

1. Mata minus

Radiasi dari gadget ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan mata baik anak maupun dewasa. Oleh karena itu, berlama – lama memainkan gadget sangat tidak disarankan. Apalagi bagi kamu yang kecanduan game online. Akibat fatalnya yaitu berupa mata min, bahkan kebutaan jika memang sudah sangat sering dan parah.

2. Maag kronis

Saat sudah kecanduan game online maupun of line, anak akan lupa aktivitas – aktivitas penting seperti makan, belajar, dan mengaji. Saat mereka sudah lupa makan dan membiarkan perut kosong seharian, maka tidak menutup kemungkinan si anak akan mengalami maag kronis.

3. Auitis palsu

Hal ini sangat umum disandang oleh game online lovers. Ketika sedang asyik memainkan game nya, saat dipanggil dia tidak cepat merespon bahkan sama sekali tidak merespon. Hal ini sama dengan anak auts yang tidak konek saat diajak komunikasi. Oleh karena itu, dia patut menyandang julukan autis palsu.

4. Obesitas

Saat asyik memainkan game, anak cenderung enggan melakukan aktivitas lain. Dia akan duduk berjam – jam di depan gadget maupun komputernya. Kurangnya gerak ini bisa mengakibatkan obesitas. Karena makanan yang masuk ke dalam tubuhnya tidak diimbangi gerak.

Jadi gimana nih gays? Mau pilih game jadul tapi asyik atau pilih kecanduan game yang bikin fatal? Salam cerdas!

Baca juga : Main game, ternyata ada manfaatnya untuk anak

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!