Kegiatan Sosial yang Harus Banget Milenial Lakukan

Jangan jadi milenial biasa. Milenial anti mainstream itu suka melakukan hal positif. Salah satunya dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial.

Milenial itu tidak selalu berkonotasi negatif. Ada berbagai aktivitas positif yang bisa dilakukan oleh milenial. Contohnya menjadi volunteer dalam berbagai bakti sosial.

Memang tidak bisa menambah pundi uang untuk kantongmu. Tetapi, manfaat dari kegiatan ini sangat luar biasa lho!

Kamu bisa memberi manfaat bagi orang membutuhkan. Pun dari kegiatan ini kamu bisa berkomunitas dengan orang-orang bervisi sama. Yakni sama-sama peduli terhadap aktivitas sosial.

Kamu pun bisa menemukan jodohmu di tempat kegiatan sama. Dengan orang lain saja ia peduli, apalagi kamu.

Macam Kegiatan Sosial

Ada berbagai jenis kegiatan sosial yang bisa diikuti. Tapi kamu pun harus tetap jeli untuk memilih. Karena tidak semua kegiatan memiliki tujuan benar-benar baik.

Kamu pasti pernah melihat oknum-oknum yang meminta dana sosial kepada orang. Tetapi apakah kamu bisa menjamin bila dana itu benar-benar digunakan untuk acara sosial?

Nah, daripada seperti itu, mendingan kamu ikut turun sendiri saja dalam beberapa kegiatan berikut ini:

1. Donor Darah

Satu kegiatan termudah untuk diikuti ialah donor darah. Sangat mudah lho! Kamu tinggal datang ke PMI saja dan sumbangkan darahmu. Dan selesai.

Nah, atau kamu pun bisa mengadakan bakti sosial donor darah di kampungmu. Ajak beberapa teman untuk berkoordinasi dengan pihak warga dan PMI.

Bisa juga ditambah sedikit seminar mengenai pentingnya donor darah. Wah, bisa sekaligus mengedukasi warga dengan dana minimalis.

2. Ikut Membantu di Lokasi Bencana

Beberapa waktu lalu Indonesia sedang banyak berduka. Ada berbagai bencana dan musibah datang bergantian. Ini salah satu ajang untuk menyalurkan sisi sosialmu.

Ketika berada di lokasi bencana, kamu pun bisa belajar untuk bersyukur. Akan terjadi banyak kejadian di sana, paling tidak kamu bisa menghibur para korban karena kamu lebih beruntung dari mereka.

3. Ikut Aksi Lembaga Sosial

Ada banyak lembaga dan yayasan sosial di Indonesia. Paling tidak mereka pasti mengadakan kegiatan untuk berbagi kepada sesama. Sesekali ikutlah mereka saat beraksi.

Daftar saja bagaimana cara menjadi volunteer. Tentu akan banyak makna hidup kamu dapatkan bila ikut kegiatan sosial ini.

4. Ikut Mengajar di TPA

Mengajar TPA ialah cara paling simpel untuk menumbuhkan jiwa sosial. Kamu berperan penting dalam generasi muda selaku guru TPA.

Penanaman akhlak adalah menjadi agenda terpenting saat mengajar. Kamu pun harus menularkan kebiasaan baik kepada anak-anak.

Menjadi guru TPA ialah suri teladan untuk para muridnya. Maka kamu harus mampu memberi contoh baik kepada mereka.

5. Membuka Taman Baca

Sudah bukan menjadi rahasia bila minat baca di Indonesia masih rendah. Barangkali rendah itu bukan berarti malas, melainkan kurangnya tersedia fasilitas.

Oleh karena itu, kamu pun bisa membuka taman baca sendiri. Kamu bisa menggalang bantuan buku dari teman-teman. Siapa tahu ada yang mau menyumbang buku.

Lalu bila taman baca itu sudah berjalan, kamu juga bisa meminta anggaran dana dari dinas maupun swasta. Sebuah langkah sederhana yang sungguh sangat mulia.

Tebarkanlah Manfaat

Tidak semua orang mau dan mampu untuk terjun dalam segala hal yang berhubungan dengan sosial. Karena alasannya simpel, kamu tak bisa mendapat uang dari kegiatan semacam ini.

Memang demikian, kalau ada uang itu namanya kerja. Kalau aksi sosial justru kamu harus keluar uang. Tapi kelak kamu akan menuai manfaatnya.

Karena membantu orang lain itu akan tercatat sebagai kebaikan. Nah, itu tadi contoh kegiatan sosial yang bisa kamu lakukan.

Segera saja dimulai ya!

Baca juga : Manfaat sedekah yang mungkin tidak pernah anda duga

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!