Kelas Menulis Online Kini Makin Keren Lho! Banyak Keuntungannya

Kalau dulu belajar menulis harus dengan tatap muka. Diajari secara langsung hingga bisa. Tetapi kini ada metode baru. Ada kelas menulis online yang bisa kamu ikuti.

Era milenial memang mempermudah banyak hal. Kamu yang awalnya mengikuti pelatihan langsung di suatu tempat, kini bisa belajar tanpa berpindah tempat.

Berbagai kelas dan pelatihan mulai diselenggarakan dengan cara online. Sehingga waktu menjadi makin fleksibel. Tidak harus mengeluarkan banyak biaya juga.

Tidak melulu tentang kelas menulis, pun ada kelas lain yang bisa diikuti secara online. Dan semua diawali dengan gratis terlebih dahulu.

Lalu apa sih kelebihan dari kelas-kelas online yang berisi pelatihan kepenulisan?

Keuntungan Kelas Menulis Online

Kelas online tidak selalu gratis memang, tetapi meski membayar pasti nominal lebih hemat. Karena semua dilakukan serba online. Sehingga lebih efisien.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang bensin, uang makan, dan keperluan dalam perjalanan lain. Cukup mantengin smartphone atau laptop dan selesai sudah.

Materi bisa kamu jejalkan ke dalam kepala seketika. Lantas apa sih keuntungan mengikuti kelas menulis online? Simak di bawah.

1. Lebih Praktis

Pendaftaran kelas pun mudah. Tinggal hubungi nomor kontak admin dan kamu segera bisa terdaftar. Mengenai pembayaran pun bisa langsung transfer saja. Mudah sekali. Setelahnya kamu bisa dimasukkan ke dalam grup.

Biasanya sih menggunakan WhatsApp atau Telegram. Tergantung penyelenggara. Dan keduanya sama-sama efektif untuk pelatihan menulis.

2. Lebih Banyak Interaksi

Terkadang, ketika mengikuti kelas menulis biasa, interaksi tak selalu seru. Karena karakter orang beda-beda. Bisa saja ketika itu banyak orang bertanya.

Tetapi terkadang ada orang yang tak pandai bicara yang dominan mengikuti. Alhasil tidak banyak pembicaraan.

Tapi kalau online beda lagi. Semua bisa ikutan ngobrol. Entah bagaimana karakter aslinya. Karena bicara diwakili jempol. Jadi tidak akan tahu bila yang berbicara merasa gugup. Hehe.

3. Lebih Hemat

Pelatihan via online bisa dilakukan kapan saja. Sesuai dengan waktu luang narasumber. Dan biasanya dilakukan ketika malam.

Artinya pelatihan ini tak akan mengganggu aktivitas pokok narasumber. Sehingga lebih efisien. Lantas tentu biaya akan lebih murah. Jadi lebih hemat kan!

4. Fleksibel

Kelas menulis online biasanya akan disertai dengan tantangan-tantangan yang akan mengasah kemampuan penulis. Tapi waktu pelatihan tidak terpaku pada jam tertentu.

Memang ada jadwalnya, tetapi peserta pelatihan tidak harus mengikuti tanpa bisa melakukan aktivitas apa-apa. Ini enaknya ikut kelas online. Kamu tetap bisa ikut kelas sambil mengerjakan aktivitas lain. Jadi lebih produktif deh waktumu.

Cari Kelas Favoritmu

Kelas menulis bisa kamu temui dimana pun lho! Tersebar berbagai info mengenai hal ini. Kamu aktif saja mengikuti laman dan info mengenai kepenulisan di sosial media. Dan bila ada event, biasanya tim mereka akan menyebarkan informasi.

Kamu tinggal ikut saja. Dan kalau beruntung, kamu bisa ikut kelas gratis yang tentu tak kalah bermanfaat. Atau misal tidak mendapat kelas gratis, paling tidak akan ada preview terlebih dahulu. Dari situ kamu bisa memutuskan mau ikut atau tidak.

Kelas preview itu akan memberikan gambaran singkat mengenai kelas yang akan dibuka. Dan ini sebagai ajang pembuka untuk tahu lebih dalam.

Mau ikut silakan, tidak ikut juga boleh. Inilah kecanggihan zaman sekarang. Yang bahkan pelatihan pun bisa dilakukan secara online. Asyik sekali kan!

Jadi jangan batasi diri untuk belajar. Kini belajar lewat cara apa saja sudah bisa. Kamu pun bisa ikut kelas menulis online untuk belajar. Jangan terlalu banyak beralasan ya!

Baca juga : Buntu ide saat menulis? Coba deh lakukan hal ini

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!