Kita Harus Bersyukur Terhadap Semua Nikmat Ini!

Hidup memang tak selalu mudah. Tapi juga tak melulu susah. Ada banyak nikmat yang kita terima. Dan kita harus bersyukur karenanya.

Dalam hidup ini, ada banyak sekali kisah. Satu mengharu biru, sedang lainnya cukup pilu. Misalnya, ada seorang difabel inspiratif yang amat semangat dalam hidupnya.

Disisi lain, ada orang sempurna fisiknya. Namun, ia dipenuhi aura dan sisi negatif. Hingga ia gelap mata dan bahkan mati sia-sia.

Ini semua terjadi lantaran kurang rasa syukur. Ada beragam hal yang akan membuat kamu makin bersyukur. Dan tugas kita ialah menggali rasa syukur dengan menyadari bahwa lebih banyak yang kita terima dibanding yang buruk.

Sadari Ini dan Kita Harus Bersyukur

Ada banyak hal indah di dunia. Yang bisa jadi banyak orang tidak menyadarinya. Tapi kamu harus menyadarinya ya!

Seringkali manusia sering galau karena tak melampaui hal besar. Namun, ia lupa kalau hal kecil justru mampu membuat ia bahagia.

Kita bisa lihat kecenderungan bunuh diri di Jepang dan Korea. Ternyata angka bunuh diri disana cukup tinggi. Jauh unggul dibanding Indonesia yang masih negara berkembang.

Kita harus bersyukur karena tumbuh di negara berpandangan agama. Kedua negara itu tak panjang berpikir tentang agama lantaran kebanyakan tak memiliki agama. Supaya bisa bersyukur, mari kita sadari hal-hal berikut ini:

1. Kita Punya Sepasang Mata untuk Memandang Indah Dunia

Bila kamu tidak buta, maka kamu adalah orang beruntung di dunia. Teman-teman tunanetra tidak bisa memandang dunia langsung dengan kedua matanya.

Tetapi atas izin Tuhan, kamu bisa melihat sendiri dunia yang indah ini. Kamu bisa mencari pekerjaan dengan mudah. Kamu bisa berkarya menggunakan segala macam cara. Jadi mengapa kamu harus terlalu lama bersedih?

2. Kita Punya Kedua Tangan dan Kaki untuk Bergerak

Kaki dan tangan ialah anggota gerak aktif di tubuh kita. Tanpa keduanya, agak sulit untuk berpindah tempat. Tapi, kita punya keduanya lho!

Kurang tanpa satu apapun, lalu mengapa kamu tidak bersyukur? Kalau teman-teman difabel saja bisa, mengapa kamu harus berputus asa?

3. Kita Punya Otak untuk Berpikir

Semua orang punya otak. Pastilah punya karena kita ini makhluk hidup. Tapi ada beberapa teman yang tidak bisa menggunakan otak secara sempurna lantaran mengalami mutasi gen.

Hingga mengalami kelainan seperti down syndrom. Dan bila kamu tidak mengalami hal itu, kamu sungguh orang beruntung.

Bila kamu tak pandai dalam suatu hal, bukan berarti kamu bodoh. Melainkan hal itu bukanlah passionmu. Kamu harus sabar dalam menemukan passion dan bakat diri. Maka kesuksesan bukan lagi mimpi.

Syukuri Hal Sederhana

Tiga poin di atas sungguh sederhana bukan? Hidup memang sesederhana itu kok! Kamu tidak perlu sedih karena hal-hal rumit.

Ada satu ungkapan ayat kitab suci mengungkapkan, bila kita bersyukur maka nikmat akan ditambah. Daripada kamu terus-terusan mengeluh, mengapa tak optimalkan potensi yang ada?

Bila kamu memiliki satu hobi, coba deh cari penghasilan dari hobimu itu. Atau bila ada kesempatan untuk belajar tentang satu hal, ambil kesempatan itu.

Coba satu per satu. Karena tanpa mencoba kamu takkan pernah tahu apa yang benar-benar kamu banget! Memang satu hal itu butuh perjuangan berat dan bahkan sampai mengucurkan keringat dan darah. Tapi semua pasti indah disaat yang tepat.

Kalau kamu memiliki tubuh sempurna, akal sehat, dan tubuh kuat, sudahlah jangan terlalu lama bersedih. Kamu harus bersyukur atas hal-hal itu dan melesatlah menggapai mimpimu.

Baca juga : Manfaat sedekah yang mungkin tidak pernah anda duga

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!