Kode Pada Plastik Ini Menentukan Keamanan Bagi Tubuh!

Kemasan plastik memang praktis. Banyak orang senang menggunakan plastik untuk membawa, menyimpan dan menjaga kualitas makanan dan minuman yang dimiliki. Oleh karena itu, keamanannya pun perlu diperhatikan. Biar bagaimana pun, plastik mengandung beberapa bahan kimia yang jika tertelan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Nah, untuk menghindari bahaya penggunaan plastik, kamu perlu mencermati kode pada plastik.

Kode tersebut biasanya aberbentuk segitiga berpanah dengan angka di tengahnya. Selain itu, biasanya kode tersebut juga dilengkapi dengan kode tulisan yang tertera di bagian bawa segitiga. Memahami kode-kode tersebut dapat membantu kita dalam memilih bahan plastik yang aman kita gunakan untuk menyimpan makanan.

Memahami Kode Pada Plastik Kemasan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kode pada plastik berbentuk segitiga berpanah dengan angka di tengahnya. Angka yang tertera adalah 1 sampai dengan 7. Ada pula yang dilengkapi dengan kode huruf yang tertulis di bagian bawah segitiga. Kode huruf tersebut menunjukkan kode bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Masing-masing jenis plastik tersebut memiliki spesifikasi dan kegunaan masing-masing.

1. Kode 1 dengan PET atau PETE

Kemasan dengan kode 1 bertuliskan PET atau PETE berarti terbuat dari polyethylene terephthalate. Kemasan plastik ini memiki warna jernih atau bening dengan permukaan halus. Wadah yang dibuat dengan polyethylene terephthalate juga dikenal tidak mudah pecah dan dapat digunakan sebagai wadah makanan dan minuman panas.

Walaupun demikian, kemasan minum berlabel PET atau PETE ini hanya bisa digunakan satu kali karena bahan pembuatnya dapat luntur seiring waktu. Selain itu, air pada botol minum yang digunakan berulang akan berpotensi mengandung racun yang terbukti dapat menyebabkan masalah hati, reproduksi dan diduga menyebabkan kanker.

2. Kode 2 dengan HDPE atau PE-HD

Kode ini menunjukkan bahwa plastik tersebut termasuk dalam golongan high-density polyethylene. Plastik high-density polyethylene memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap bahan kimia. Oleh karena itulah plastik berkode 2 ini sering digunakan untuk emmbuat botol sampo, deterjen, dan jenis cairan pembersih lainnya.

3. Kode 3 dengan PVC atau V

Polyvinyl chloride (PVC) merupakan jenis plastik yang kuat dan elastis. polyvinyl chloride yang bersifat elastis sering kali digunakan untuk membuat alat penampungan sampah medis dan plastik wrap untuk membungkus makanan. Sedangkan polyvinyl chloride yang kaku sering digunakan untuk emmbuat bahan bangunan.

Polyvinyl chloride diketahui dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh. Diketahui bahwa penggunaan PVC dapat menyebabkan polusi kolrin. Saat digunakan, zat adiktif pada PVC dapat terlepas dan menjadikan tubuh manusia terpapar timbal, timah dan berberapa zat racun lain. Oleh karena itulah, PVC tidak diperbolehkan digunakan sebagai bahan pembuatan plastik wadah makanan dan minuman.

4. Kode 4 dengan LDPE atau PE-LD

Plastik low-density polyethylene merupakan plastik yang relative kuat dan fleksibel dengan warna trasparan. Basanya low-density polyethylene digunakan sebagai bahan pembuatan plastik sampah, cling wrap, stretch film dan aneka mainan anak.

5. Kode 5 dengan PP

Kode ini menunjukkan bahwa plastik terbuat dari bahan polypropylene. Bahan ini diketahui tahan terhadap suhu tinggi. Bahan polypropylene juga dikenal sangat baik digunakan untuk wadah makanan botol minum, botol obat, ataupun kemasan makanan instan.

6. Kode 6 dengan PS

Wadah plastik yang terbuat dari polystyrene ini sering kali digunakan untuk membuat sendok, garpu, tempat makan styrofoam dan container plastik. Plastik berkode 6 ini sebenarnya dianjutkan untuk tidak digunakan. Kalaupun harus digunakan, hanya untuk sekali pemakaian. Hal ini dikarenakan bahan polystyrene sulit didaur ulang dan mengandung racun yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

7. Kode 7 dengan OTHER atau O

Ada empat jenis plastik yang termasuk dalam kode ini yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nylon.

Jangan Asal Membeli Plastik

Jadi, sebelum membeli wadah plastik, mulai sekarang jangan lupa untuk memperhatikan kode pada plastik ya. Jangan sampai kamu salah memilih wadah plastik yang bisa jadi justru akan membahayakan kesehatanmu. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Diet plastik, langkah kecil selamatkan bumi tercinta

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!