Kreasi kardus bekas, mengasah kreatifitas anak – anak

Mungkin, sebagian besar orang menganggap sepele terhadap kardus bekas. Bahkan, seringkali mereka membakarnya atau membuangnya begitu saja. Kalau dijual kiloan ke tukang rongsok mungkin masih memiliki ilai rupiah, namun tak seberapa jumlahnya. Dari pada terbuang percuma, yuk coba kreasi kardus bekas agar lebih bernilai.

Mengkreasikan kardus bekas, bisa mengasah kreatifitas anak loh! Dengan berbagai ide, anak berupaya mengembangkan pemikirannya ini baik pada saat perencanaan akan produk kardus bekas yang ingin dibuatnya, hingga proses dan hasilnya.

Kreatifitas inilah yang nantinya akan terasah jika anak sering mempraktekkan berbagai kreasi. Tidak hanya dari kardus bekas, dari barang bekas lainnya jug a bisa. Namun, bahan kreasi kardus bekas inilah yang paling gampang diperoleh dan hampir setiap hari ada di rumah kita.

Macam Kreasi Kardus Bekas

Dari sebuah kardus bekas, baik anak – anak, ayah, bunda dan adik – adik remaja bisa mengkreasikannya menjadi wadah yang menarik. Nah, tinggal kekreatifan kalian yang bisa menentukan hasil yang maksimal.

Bagi bunda sendiri, boleh saja mencoba kreasi ini untuk kemudian diajarkan ke anak – anak bunda. Nah, sebelum bunda akan membuat kreasi, yuk simak wadah apa saja yang bisa dibuat dari kreasi kardus bekas.

1. Tempat pensil

Nah, khusus tempat pensil, produk ini paling digemari anak – anak. Coba rayu anak bunda untuk berkreasi bersama membuat tempat pensil dari kardus bekas! Pasti dia mau. Libatkan mereka dari persiapan, proses hingga memuji hasilnya.

2. Bingkai foto / frame

Selain tempat pensil, bunda juga bisa mengkreasikan kardus bekas menjadi bingkai foto. Agar anak tertarik, bunda bisa menyematkan foto si anak di hasil akhirnya nanti.

3. Kotak serba guna / mainan anak

Membuiat kotak mainan anak dari kardus bekas sangat mudah dilakukan kita hanya butuh kardus bekas mie instan dan kertas kado bermotif, bunda suda bisa membuat wadah ini. setelah wadah mainan jadi, bunda bisa mengajak anak bunda mengemasi mainannya.

4. Miniatur bangun ruang

Untuk kreasi yang satu ini, cocok sekali untuk anak usia SD kelas 4 yang mulai mengenal pelajaran tentang bangun ruang. Dengan mengajarkan membuat replika atau miniatur bangun ruang pada anak, maka anak akan mudah mengingat nama – nama bangun rung tersebut.

Itu dia macam wadah atau kreasi yang bisa dibuat untuk membantu mengasah kreasi anak bunda. Tidak terbatas contoh di atas ya bunda? Bunda masih bisa menginovasi menjadi produk lain yang lebih cantik dan menarik.

Alat Dan Bahan Kreasi Kardus Bekas

Nah, untuk membuat kreasi – kreasi di atas diperlukan alat dan bahan. Alat dan bahannya sangat mudah ditemukan dan hampir semuanya ada di rumah. Jadi bunda tak perlu repot – repot ke luar rumah untuk membelinya. Apa saja alat dan bahannya?

1. Kardus bekas

Kardus bekas bisa dari bekas wadah mie instan, bekas TV dan bekas kardus lainnya

2. Gunting

Alat ini digunakan untung menggunting pola yang sudah digambar pada kardus

3. Penggaris

Penggaris digunakan untuk menggaris pola pada kardus

4. Pensil

Pensil digunakan untuk menggambar pola pada kardus

5. Lem

Lem digunakan untuk mengelem rangka dari kardus yang siap untuk dibentuk menjadi produk.

6. Pita

Pita digunakan untuk mempermanis hasil karyanya

7. Ornamen lain

Ornamen seperti mute acrilic, tali, renda dan sebagainya bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Sangat mudah bukan, membuat kreasi kardus bekas? Kini saatnya bunda mencoba. Selamat mencoba bunda…!!!

Baca juga : Mengalihkan hp dari anak, ini triknya!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!