Kuliner Khas Indonesia Ini Sudah Terkenal Di Dunia Lho!

Indonesia merupakan salah satu negara yang aneka makanan khas nya memiliki cita rasa yang unik dan menarik. Kelezatan kuliner khas Indonesia pun kini telah dikenal luas bahkan hingga ke mancanegara!

Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki makanan nusantara ini menjadikan rasa yang berbeda pada setiap jenis masakannya. Hal ini juga menjadikan berbagai makanan asli Indonesia ini sangat menggoda untuk disantap. Beberapa diantara jenis makanan tersebut bahkan terkenal dan diminati banyak orang. Tak hanya bagi lidah lokal, tetapi lidah masyarakat luar Indonesia pun turut menikmati cita rasanya.

Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia

Nyatanya, ada beberapa nama masakan Indonesia yang juga sangat digemari di luar negeri. Beberapa jenis masakan ini contohnya!

1. Sop buntut

Menu sop buntut merupakan salah satu masakan berkuah yang cukup popular. Dibuat dengan bahan dasar potongan buntut atau ekor sapi dan diolah bersama aneka bumbu rempah-rempah yang dihaluskan kemudian ditumis.

Bumbu rempah-rempah tersebut kemudian direbus dengan kuah kaldu sapi bersama aneka sayuran seperti wortel, kentang, tomat, daun bawang dan seledri. Saat penyajian, sop buntut diberikan taburan bawang goreng yang semakin menambah aroma serta cita rasanya.

Sop buntut pertama kali dikenal di kancah Internasional saat kedutaan besar Indonesia untuk Spanyol di Madrid menyajikan masakan ini di sebuah acara. Rupanya, sebagian besar orang pun menikmati dan sekitar 300 orang diantaranya memberikan pujian pada sajian yang satu ini.

2. Gudeg

Siapa yang tak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Gudeg memang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Makanan ini merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari daerah sekitaran Yogyakarta dan Solo. Masakan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan aneka rempah-rempah, gula jawa dan santan.

Makanan ini memiliki rasa yang cenderung manis. Walaupun demikian, gudeg biasanya disajikan dengan nasi dan aneka bahan pelengkap lain seperti telur bacem, ceker, dan krecek atau krupuk kulit sapi.

Karena rasanya yang unik, gudeg berhasil melaju hingga mendunia. Bahkan kini, ada banyak sekali negara yang meminta Indonesia untuk mengimpor gudeg dalam bentuk masakan kering. Lain halnya dengan negara-negara tersebut, di Melbourne, Australia bahkan ada restoran Gudeg asli Indonesia lho!

3. Rendang

Makanan yang satu ini bahkan pernah menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN Internasional. Hebat!

Rendang merupakan makanan khas minang kabau yang berbahan dasar daging sapi. Masakan ini dimasak menggunakan aneka rempah dan santan. Proses memasak rendang ini cukup lama karena bisa memakan waktu berjam-jam. Rendang memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Biasanya, rendang memiliki warna coklat kehitaman akibat proses pemasakan yang lama.

Makanan ini sangat popular, terutama di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand. Makanan ini biasanya mudah di dapatkan di setiap restoran masakan padang dimanapun, sekalipun sedang berada di luar negeri.

4. Sate

Biasanya dibuat menggunakan potongan daging yang diiris kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi ataupun bamboo yang telah dibentuk sedemikain rupa. Sate dimasak denganc ara dipanggang diatas api arang dengan olesan bumbu rempah yang ebrbeda, tergantung pada variasi resep dan daging yang digunakan.

Beberapa jens daging yang sering digunakan untuk membuat sate adalah daging ayam, daging kambing, daging domba, daging kelinci dan daging kuda. Sate dikenal berasal dari daerah jawa dan sangat popular di negara lain, terutama bagian Asia Tenggara.

Patut Bangga

Yap, setidaknya kita patutu berbangga bahwa ada bagian dari Indonesia yang dikenal baik di Dunia. Dalam bidang kuliner, ternyata cita rasa Indonesia pun dapat mendunia dan banyak digemari bahkan oleh masyarakat asing.

Jadi, itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang sudah mendunia. Masih ada banyak lagi kuliner nikmat Indonesia yang berpotensi digemari oleh masyarakat luar negeri. Kalau kamu suka yang mana?

Baca juga : Daftar makanan enak yang cocok dijadikan menu buka puasa, yuk coba!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!