Kurma Kering VS Kurma Basah, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Mendengar soal buah kurma, pasti yang terlintas dalam pikiran adalah suasana bulan Ramadhan. Yap, buah khas daerah timur tengah ini memang banyak digemari karena rasanya yang manis dan sangat cepat mengembalikan tenaga yang hilang selama beraktivitas. Kurma di pasaran dijual dalam dua jenis yaitu kurma kering dan kurma basah.

Kedua jensi kurma ini sebenarnya sama-sama baik lho. Walaupun demikian, ternyata ada perbedaan jumlah nutrisi antar keduanya. Nah, kira-kita mana ya yang lebih baik? Yuk simak artikel berikut ini!

Nutrisi Kurma Kering VS Kurma Basah

Pertama-tama mari kita cari tahu seberapa banyak nutrisi yang terkandung dalam masing-masing jenis kurma tersebut dan mana yang lebih baik

1. Kalori

Pertama-tama mari kita bandingkan nutrisi kurma dari kandungan kalori di dalamnya. Pada kurma yang telah dikeringkan, ternyata mengandung lebih banyak kalori dibandingkan kurma yang masih segar. Diketahui dalam 100 gram kurma yang telah dikeringkan terdapat 284 kalori sedabgkan pada kurma yang segar hanya ada sebesar 142 kalori per 100 gram nya.

Nah, bagi kamu yang tetap ingin menjalankan diet dan ingin mengkonsumsi kurma, kamu bisa memilih kurma segar untuk dikonsumsi ya!

2. Makronutrien

Kemudian makronutrien atau jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat besar. Makronutrien terdiri dari lemak, protein dan karbohidrat. Ternyata kandungan karbohidrat pada kurma yang dikeringkan dua kali lebih banyak lho dibandingkan kurma segar.

Diketahui kandungan makronutrien dalam 100 gram kurma segar adalah 1,7 gram pritein, 1 gram lemak, 37 gram karbohidrat dan 3,5 gram serat. Sedangkan pada kurma yang dikeringkan terdapat 2,8 gram protein, 9,6 gram lemak, 76 gram karbohidrat dan 5 gram serat.

3. Mikronutrien

Berbeda dengan makronutrien yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, mikronutrien seperti vitamin dan mineral hanya dibutuhkan tubuh sedikit saja. Namun, keberadaannya tetap dangat penting untuk menjaga kesehatan.

Nah, pada kurma kering diketahui memiliki kandungan mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kurma segar. Namun kurma segar justru mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C.

Melihat Kandungan Nutrisinya, Inilah Manfaat Kurma

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada kurma baik kurma segar maupun kurma kering, maka saatnya mencari tahu manfaat apa yang bisa didapat dari konsumsi kurma. Diantara kebaikan konsumsi kurma, rupanya kurma sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet karena mengandung banyak serat.

Kandungan serat yang tinggi dipercaya dapat membantu mempertahankan rasa kenyang fan melanxarkan sistem pencernaan.

Selain itu kurma juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk melawan berbagai jenis radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut dipercaya dapat mencegah reaksi peradangan.

Perbedaan antara Keduanya

Terlepas dari jumlah nutrisi kurma yang terkandung di dalamnya, kira-kira sudahkah mau tahu apa perbedaan antara kedua jenis kurma ini?

Fresh date atau kurma segar pada umumnya dijual di pasaran juga dalam dua bentuk. Yaitu yang benar-brnar fresh dan yang telah sedikit dikeringkan. Varian kurma segar yang telah dikeringkan ini tentu berbeda dengan kurma kering yang sangat rendah kandungan airnya. Pada kurma segar yang dikeringkan, masih terdapat sedikit kandungan air yang mengakibatkan bagian dalam daging buah kurma masih terasa segar.

Daya simpan keduanya juga dangat berbeda lho ternyata! Kurma basah memiliki masa simpan selama 8 bulan saja dalam wadah yang tertutup dan mampu bertahan selama satu tahun jika disimpan dalam freezer. Kurma yang dikeringkan dapat bertahan lebih lama dengan masa simpan selama satu tahun jika diletakkan dalam wadah tertutup dan dapat bertahan selama lima tahun jika disimpan dalam freezer.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ragam manfaar dan kandungan nutrisi kurma, baik itu kurma kering maupun kurma basah. Intinya, kedua jenis kurma tersebut punya keunggulannya masing-masing. Soal mana yang lebih baik, itu semua tetap tergantung pada kebutuhan tubuh masing-masing. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Penambah darah alami, ini bentuknya ada disekitarmu!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!