Lancar Menyusui, Bayi Kenyang Bunda pun Senang

Salah satu impian terbesar bunda adalah bisa menyusui putra-putrinya hingga berusia dua tahun. Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk bunda jika ASI nya keluar dengan lancar hingga putra-putrinya dapat leluasa menyusu. Nah, agar bunda bisa lancar menyusui ada beberapa hal yang perlu diingat, terlebih bagi bunda baru yang akan memulai memberikan ASI kepada bayinya.

Bisakah Langsung Lancar Menyusui?

Ternyata, tidak semua bunda bisa langsung menyusui bayinya setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan ada bunda yang tak kunjung bisa mengeluarkan ASI setelah melahirkan walaupun sudah dirangsang dengan berbagai cara.

Tenang! Bunda tak perlu panik jika hal tersebut terjadi. Berkonsultasilah dengan dokter untuk langkah terbaik yang harus diambil.

Segera Menyusui, Agar Segera Lancar Menyusui!

Mungkin bunda sudah sering mendenganr istilah Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Kegiatan IMD adalah kegiatan segera menyusui bayi setelah ia terlahir ke dunia. Tidak mengapa jika ASI belum dapat keluar, lanjutkan untuk mengarahkan putting ke mulut bayi. Dengan demikian, bayi akan mengenali putting bunda dan berlatih untuk menyusu. Kenyutan mulut bayi di putting bunda akan segera merangsang terbentuknya ASI.

Apabila bayi bunda lahir prematur, bunda memang tidak dapat menyusuinya secara langsung. Namun, bunda masih dapat terus merangsang pembentukan ASI dengan cara melakukan pumping atau memompa ASI.

Agar Tetap Lancar Menuysui Hingga Akhir

Tentu bunda berharap dan terus berdoa agar dapat menyusui putra-putrinya hingga tamat di usia mereka yang ke dua tahun. Agar harapan itu tercapai, maka bunda perlu memperhatikan beberapa hal demi mendukung lancarnya produksi ASI hingga putra-putri bunda bisa menyusui dengan baik.

1. Niat dan semangat

Mengawali segalanya, bunda harus menetapkan jiwa dan raga bunda dalam niat kuat untuk menyusui. Bulatkan tekad untuk terus memberikan ASI terbaik bagi putra-putri bunda. Kemudian, terus ikuti niat tersebut dengan semangat yang membara. Ingat! Gizi terbaik bagi bayi bunda ya ASI yang bunda produksi.

2. Bunda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi

ASI yang berkualitas dihasilkan dari makanan bergizi yang bunda konsumsi. Maka, bunda sanagat perlu memperhatikan makanan apa yang bunda makan. Jangan sampai asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan karena hal itu sangat berpengaruh pada kualitas ASI.

Usakana untuk cukup mengkonsumsi sayu-sayuran serta buah-buahan. Selain meningkatkan kualitas ASI, makanan bergizi juga bisa meningkatkan kuantitas ASI. Jadi, semangat lancar menyusui ya bunda!

3. Jangan lupa untuk cukup minum

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, asupan cairan juga harus bunda perhatikan. konsumsi air ideal bagi bunda yang sedang menyusui adalah 3,5 sampai dengan 4 liter air per hari. Usahakan untuk memenuhinya ya bunda. Jika jumlah ini terpenuhi, ASI yang dihasilkan pun bisa melimpah.

4. Jangan sampai sters

Buat bunda yang sedang menyusui, yuk sebisa mungkin hindarkan diri dari stres. Produksi ASI akan terhambat jika bunda merasa stres. Ada baiknya, untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat. Tidak perlu mikirkan hal-hal yang berat, lepaskan saja beban di hati bunda. Fokuskan diri dan pikiran pada bayi mungil yang kini bunda dekap dengan erat.

5. Jangan menolak permintaan si kecil

Pada awal masa menyusui, usahakan untuk selalu memenuhi permintaan bayi bunda terhadap ASI. Selain untuk terus menciptakan ikatan antara ibu dan anak, hal ini bisa juga bisa memicu lancarnya produksi ASI sehingga bunda bisa lancar menyusui.

Nah bunda, semangat menyusui! Karena jika lancar menyusui, bunda pun pasti merasa gembira.

Baca juga : Perawatan pasca melahirkan yang bisa anda coba

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!