Makanan Berkolagen Menjaga Kulitmu Agar Tetap Segar dan Kencang

Kamu mulai khawatir karena kulit mu terlihat kendur dan berkerut? Mulai memikirkan berbagai perawatan untuk mengembalikan kekencangan kulitmu? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan berkolagen lho!

Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mendengar tentang kolagen. Kolagen adalah salah satu jenis protein yang terdapat pada jaringan ikat, otot, tulang rawan, darah dan kulit pada tubuh kita. setidaknya, 30% dari total jumlah protein di dalam tubuh merupakan kolagen.

Dalam tubuh kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi dan otot, melindungi organ vital dalam tubuh, hingga mempersatukan bagian-bagian tubuh. Prinsipnya, keberadaan kolagen di dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa otot dan kulit kita terpasang pada tempat yang sesuai.

Sebenarnya, kolagen dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen semakin berkurang. Oleh karena itulah, kebutuhan tubuh atas kolagen pun tidak terpenuhi. Akibatnya, kulit pun akan menjadi kendur, berkerut, timbul gurat-gurat halus dan tulang rawan pada sendi pun semakin lemah.

Jenis Makanan Berkolagen

Apabila kamu ingin menjaga kulit mu tetap halus, kencang, lembut, kenyal dan terlihat awet muda, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan berkolagen. Terutama, kamu harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan beberapa zat giziyang dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Beberapa zat gizi yang dipercaya dapat menuingkatkan produksi kolagen dalam tubuh, diantaranya adalah:

Vitamin A

Mengkonsumsi makanan kaya vitamin A dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen di dalam tubuh. Selain itu, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal paparan sinar UV pada kulit kita. beberapa jenis makanan sumber vitamin A adalah wortel, tomat, sayuran hijau, minyak hati ikan, hati sapi dan telur.

Vitamin C

Sama halnya seperti vitamin A, Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat merangsang pembentukan kolagen di dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, dan memperlambat munculnya tanda penuaan. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, cabai, jambu biji, strawberi, papaya, brokoli, dan daun kool.

Antosianin

Jenis makanan berkalogen bernama Antosianin ini adalah salah satu jenis pigmen warna yang terdapat pada beberapa jenis tumbuhan. Antosianin bertanggung jawab memberikan warna merah, ungu dan biru pada buah, bunga dan daun. Zat pigmen yang satu ini juga dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan antosianin dari beberapa jenis buah seperti anggur, blueberry, delima, dan tomat.

Protein

Dikarenakan kolagen adalah salah satu jenis protein, maka untuk pembentukannya dibutuhkan pula asam amino sebagai bentuk dari pemecahan protein di dalam tubuh. Sumber protein yang paling baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh adalah sumber protein hewani seperti daging, ikan, telur, susu, keju maupun yoghurt.

Mineral

Beberapa jenis mineral ternyata juga punya fungsi merangsang pembentukan kolagen lho. Mineral seperti kalium, zinc, dan tembaga ternyata punya peranan penting sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain tu, mineral-mineral tersebut juga membantu mempertahankan tubuh dari bakteri dan virus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Beberapa sumber pangan yang mengandung mineral umumnya terdapat pada jenis tumbuhan seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan

Suplemen Kolagen

Apabila kamu masih merasa kolagen yang ada pada tubuhmu masih kurang setelah rutin mengkonsumsi berbagai sumber makanan berkolagen, kamu bisa mengkonsumsi suplemen kolagen. Namun, konsumsi suplemen ini tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk dosis dan cara mengkonsumsinya.

Jadi, mari kita jaga tubuh kita agar senantiasa awet muda dengan mengkonsumsi makanan berkolagen agar otot, tulang dan kulit kita tetap berfungsi baik. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Fungsi mineral untuk menjaga kesehatan tubuh kamu!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!