Makanan Penurun Gula Darah, Yang Efektif

Makanan Penurun Gula Darah, Yang Efektif

Makanan penurun gula darah, yang efektif-Tingginya kadar gula di dalam darah bisa membuat orang menderita diabetes. Kamu tentu sudah tahu bahwa diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa menimbulkan kompliksasi penyakit lain.

Baca juga: Makanan penurun kolestrol dan asam urat

Bagi orang yang mengalami kondisiprediabetes, tidak ada makanan atau minuman yang bisa menurunkan gula dara secara cepat langsung manjur. Hanya obat,diet dan olahraga yang dapat menyeibangkan gula darah.

Makanan Penurun Gula Darah, Yang Efektif

Makanan penurun gula darah merupakan makanan yang memiliki kemampuan mengurangi jumlah gula dalam tubuh agar tidak berkembang diabetes akut.

Gula darah sangat di butuhkan tubuh sebagai bahan bakar penting bagi kinerja otak dan jaringan tubuh yang di hasilkan dari protein, karbohindrat dan lemak.

Apa itu Kadar Gula Darah ?

Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.

Meskipun disebut “gula darah”, selain glukosa, kita juga menemukan jenis-jenis gula lainnya, seperti fruktosa dan galaktosa. Namun, hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin.

Berikut Makanan Penurun Gula Darah

    1. Bawang Putih

Bawang putih berpotensi untuk menurunkan gula darah yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, makan bawang putih sebelum makan besar, bisa membantu menormalkan gula darah Anda.

Bawang putih nyatanya memiliki efek positif jika dihubungankan dengan gula darah, karena tidak mengandung karbohidrat di dalamnya.

     2. Alpukat

Lemak tak jenuh dan lemah tak jenuh tunggal pada buah alpukat, didapuk menjadi komponen penting untuk mengendalikan kadar gula darah yang normal.

Alpukat bisa meningkatkan kinerja hormon insulin (hormon untuk membantu menormalkan kadar gula darah tubuh), dengan menimbulkan rasa kenyang setelah dimakan. Selain itu, alpukat juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik, yang merupakan salah satu pemicu utama diabetes.

     3. Ikan Yang Mengandung Omega 3

Ikan yang mengandung protein baik untuk menurunkan gula darah berlebih di dalam tubuh.

Selain itu, ikan juga tidak terbukti menaikan atau menurunkan gula darah ketika Anda memakannya.

Dengan makan ikan, protein yang terkandung bisa menimbulkan kenyang, dan Anda tidak perlu makan makanan tambahan yang mungkin malah menaikan gula darah.

    4. Kayu Manis

Ikan yang mengandung protein baik untuk menurunkan gula darah berlebih di dalam tubuh. Selain itu, ikan juga tidak terbukti menaikan atau menurunkan gula darah ketika Anda memakannya.

Dengan makan ikan, protein yang terkandung bisa menimbulkan kenyang, dan Anda tidak perlu makan makanan tambahan yang mungkin malah menaikan gula darah.

Baca juga: Manfaat ikan mas untuk kesehatan

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!