Manfaat Magnesium Ternyata Sepenting Ini Loh Bagi Tubuh!

Magnesium memang tak seterkenal zat besi sebagai mineral penting dalam tubuh. Namun, manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh.

Magnesium sebenarnya merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan magnesium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan berbagai organ termasuk menjaga kesehatan tulang dan otot.

Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

Magnesium di dalam tubuh memang memiliki banyak sekali manfaat. Diantara manfaat yang diberikan oleh magnesium adalah menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, ada beberapa manfaat atau khasiat magnesium bagi tubuh, diantaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat magnesium untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga denyut jantung stabil dan teratur. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskuler.

2. Menjaga tekanan darah

Magnesium berfungsi menjaga elastisitas otot polos yang berada pada seluruh pembuluh darah. Hal ini menjadikan pembuluh darah tetap elastis, sehingga tekanan darah di dalamnya pun terjaga. Pada penderita hipertensi, konsumsi magnesium juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi stress dan depresi

Magnesium juga dikenal ampuh sebagai obat antidepresan. Hal ini dikarenakan magnesium juga berperan penting untuk memproduksi serotonin atau juga dikenal dengan istilah hormone rasa senang dapam tubuh.

Keberadaan serotonin sangat berguna untuk menjaga keseimbangan emosional. Produksi serotonin yang cukup akan berguna untuk menenagkan hati, mengatur suasana hati agar tetap tenang dan menjadikan seseorang tidur lebih nyenyak.

4. Meningkatkan metabolisme

Khasiat magnesium juga berperan dalam membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh dengan cara mengaktifkan beberapa enzim dalam tubuh.

5. Meredakan kram

Magnesium juga berfungsi untuk merelaksasikan otot. selain itu, magnesium juga berperan penting dalam emmbantu penyerapan kalsium lebih optimal. Kedua fungsi tersebut diyakini dapat membantu meringankan dan mencegah terjadinya kram pada bagian tubuh.

6. Menghasilkan kolagen

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan kulit. Produksi kolagen dalam tubuh ternyata juga dipengaruhi oleh keberadaan magnesium.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan janin

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi magnesium dengan takaran yang sesuai dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Magnesium diketahui dapat membantu menyempurnakan pembentukan tulang dan beberapa organ pada janin.

Selain itu, bagi ibu hamil, magnesium sangat berguna untuk mencegah terjaninya sembelit. Keberadaan magnesium juga membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang pada ibu hamil. Lengkap banget bukan manfaat magnesium?

Anjuran Konsumsi Magnesium

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa ternyata tubuh membutuhkan asupan magnesium yang cukup tinggi. Berdasarkan pada table angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh depatemen kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan magnesium untuk orang dewasa adalah sebesar 350 mg untuk laki-laki dan 320 mg untuk perempuan.

Kebutuhan magnesium pun meningkat ketika hamil. Ibu hamil memerlukan sebanyak 360 mg magnesium dalam sehari untuk membantu janin tumbuh dengan optimal.

Beberapa bahan makanan yang merupakan sumber magnesium yang baik, diantaranya berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang almon dan kacang mete. Selain itu, berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan selada juga merupakan sumber magnesium yang baik.

Magnesium juga bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan hewani. beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna memiliki kandungan magnesium yang baik. Susu juga merupakan sumber magnesium yang baik.

Itulah beberapa hal tentang manfaat magnesium yang perlu kamu ketahui. Nyatanya, tubuh kita sangat membutuhkan asupan magnesium yang cukup untuk tetap bisa berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Fungsi mineral untuk menjaga kesehatan tubuh kamu!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!